Sederet Prestasi Si Tengil Kevin Sanjaya Sukamuljo

Kevin Sanjaya merupakan atlet bulu tangkis dengan sederet prestasi. Saat ini tengah melakukan persiapan untuk ajang Olimpiade Tokyo 2020.
Kevin Sanja Sukamuljo. (Foto: Tagar/Instagram/Kevin Sanja Sukamuljo)

Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 tinggal menghitung hari. Salah satu cabang olahraga andalan Indonesia adalah bulu tangkis. Nah, buat pecinta bulu tangki tentu mengenal nama besar Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pemain asal Banyuwangi ini bersama pasangannya, Marcus Giedon, Digadang-gadang meraih emas olimpiade. Seberapa banyak, sih, prestasi yang sudah ditorehkan pemain yang terkenal tengil ini? Sebagaimana terangkum dalam berbagai sumber, berikut prestasi Kevin di dunia bulu tangkis.

Saat berpasangan dengan Lukhi Apri Nugroho, mereka berdua pernah menjuarai berbagai kejuaraa seperti Bankaltim Indonesia Open GP Gold 2011, BWF World Junior Championship 2011, dan Singapore International Series 2011. Di kompetisi Singapore International Series, pasangan Kevin dan Lukhi berhasil menyabet runner up.

Ketika bergabung di sektor ganda campuran bersama Masita Mahmudin, Kevin mengikuti berbagai kompetisi seperti Suhadinata Cup 2013, Tangkas Specs Junior International Challenge 2013, dan 100 Plus Badminton Asia Youth U19 Indivudual Championship 2013. Mereka berdua juga pernah mengikuti kompetisi BWF World Juniro Championship 2013. Sayangnya, di BWF World Juniro Championship 2013 mereka hanya berhasil menyabet gelar runner up.

Kevin juga pernah menjuarai kompetisi New Zealand Open saat berpasangan dengan Selvanus Geh. Selain itu, mereka berdua juga pernah menyabet gelar juara pada turnamen Vietnam International 2014. Mereka juga pernah menjuarai Bulgarian International 2014.

Saat berpasangan dengan Greysia Polii, Kevin pernah mengalahkan pasangan dari Tiongkok di babak pertama pada ajang Indonesia Open 2014. Namun, di babak 16 besar mereka kalah oleh pasangan ganda campuran asal Korea Selatan, Lee Yong Dae dan Shin Seung Chan. Selain itu, mereka berdua juga pernah bertanding di kompetisi Yonex Open Chinese Taipei 2014.

Sejak dipasangkan dengan Marcus Gideon, karier Kevin Sanjaya di sektor ganda putra kian melejit. Di tahun 2015, pasangan ganda putra yang dijuluki duo minions ini berhasil menyabet juara pada turnamen Taiwan Masters.

Di tahun 2016, pasangan ganda putra tersebut memenangkan beberapa turnamen seperti Malaysia Masters, India Open, Australia Open, dan China Open. Karier duo minions ini makin menanjak saat mereka menjadi juara All England di tahun 2017.

Di tahun 2018, mereka berdua kembali menjuarai ajang All England. Tidak hanya itu, pasangan ganda putra ini juga menyumbangkan medali emas untuk Indonesia pada Asian Games yang diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 September tahun 2018. []


Baca juga


Berita terkait
Hoaks Kapolri Positif Covid-19, Idham Azis Main Badminton
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis diisukan positif Covid-19. Mabes Polri membantah dengan mengirim foto Kapolri tengah badminton.
Video: Minarni Soedarjanto, Ratu Badminton Indonesia
Minarni Soedarjanto, Ratu Badminton Indonesia menjadi perbincangan publik, lantaran muncul di Google Doodle halaman pencarian.
Jokowi: Saya Tahu Sultan Hassanal Bolkiah Hobi Badminton
Jokowi tahu Sultan Hassanal Bolkiah hobi badminton, itulah kenapa ia mengajak Sultan Brunei itu tanding badminton.
0
Sederet Prestasi Si Tengil Kevin Sanjaya Sukamuljo
Kevin Sanjaya merupakan atlet bulu tangkis dengan sederet prestasi. Saat ini tengah melakukan persiapan untuk ajang Olimpiade Tokyo 2020.