Sederet Fakta Menakjubkan Laut yang Jarang Diketahui

Lautan menyimpan segudang misteri dan hal menakjubkan di dalamnya yang jarang diketahui banyak orang. Berikut rahasi laut yang wajib Anda ketahui.
Ilustrasi - Sederet fakta menakjubkan laut. (Foto: Tagar/Travel)

Jakarta - Lautan menyimpan segudang misteri dan hal menakjubkan di dalamnya yang jarang diketahui banyak orang. Mulai dari mitos-mitos monster laut hingga bunga karang yang indah sebagai tempat hidup para ikan. 

Perlu adanya inisiatif baru dan apresiasi untuk menjaga kehidupan bahwa laut bumi ini. Pasalnya, kehidupan air dan keberadaan laut sangat penting karena selaras dengan kehidupan manusia. 

Berdasarkan sejumlah sumber Tagar merangkum hal-hal menakjubkan yang tersimpan di bawah laut. 


1. Mayoritas kehidupan di Bumi adalah akuatik

Sebab permukaan bumi lebih banyak ditutupi oleh air maka tak mengherankan bila jumlah makhluk hidup yang ada di lautan lebih banyak daripada yang ada di darat. Sangat luar biasa bahwa 94% spesies yang hidup di bumi berada di lautan.


2. Lautan menutupi lebih 70 persen permukaan bumi

Meski daratan di permukaan bumi juga luas, namun nyatanya lebih dari 70 persen permukaan bumi justru berupa lautan. Terbukti betapa pentingnya lingkungan laut bagi planet ini dan masih banyak yang harus dieksplorasi.


3. Hanya kurang 5 persen lautan telah dieksplorasi

Berdasarkan Ocean Service, manusia telah menjelajahi kurang dari lima persen lautan di Bumi. Para ahli dan peneliti pun gencar untuk menjelajahi lebih dalam tentang si biru ini. Meski demikian, harga yang perlu dibayar pun tak main-main.


4. Ada lebih banyak artefak bersejarah di bawah laut 

Sekitar 1.000 bangkai kapal terletak di Florida Keys. Beberapa di antaranya berada di dalam Cagar Alam Laut Nasional Florida Keys. Museum bawah laut lainnya telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk patung perunggu terendam Mediterania, Christ of the Abyss.


5. Rantai gunung terpanjang di dunia berada di bawah air

Rantai pegunungan terpanjang di bumi, Mid-Ocean Ridge, hampir seluruhnya berada di bawah laut. Rantai gunung ini membentang sejauh 65.000 kilometer. Dikatakan bahwa rantai gunung ini kurang dieksplorasi dibandingkan permukaan Venus atau Mars.

 

6. Lebih 70 persen oksigen di planet dihasilkan laut

Diperkirakan antara 70 dan 80 persen oksigen yang kita hirup dihasilkan oleh tumbuhan laut, yang hampir semuanya adalah ganggang laut. Jadi, keberadaan laut dan seluruh kehidupan di dalamnya sangatlah penting untuk memproduksi oksigen.


7. Masih sebagian kecil dari spesies laut di lautan

Berdasarkan Daftar Spesies Laut Dunia, saat ini ada 240.470 spesies yang diterima. Tetapi, ini diyakini hanya sebagian kecil dari spesies yang ada di bawah laut. Kehidupan laut yang baru ditemukan setiap hari.


8. Sekitar 50 persen wilayah AS terletak di bawah laut

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, sebagian besar planet ini berada di bawah lautan. Begitu juga Amerika Serikat yang sekitar 50 persen wilayahnya juga terletak di bawah laut.


9. Sungai dan danau di bawah laut 

Sungai dan danau di bawah laut bukan hanya imajinasi, mitos atau film semata. Nyatanya danau dan sungai tersebut benar-benar ada di bawah laut. Ketika air asin dan hidrogen sulfida bergabung, ia menjadi lebih padat daripada sisa air di sekitarnya. Hal itulah yang memungkinkannya membentuk danau atau sungai yang mengalir di bawah laut.

Salah satu sungai bawah laut yang paling terkenal terletak di Semenanjung Yukatan di Meksiko. Meskipun tampak seperti air laut pada umumnya dari permukaan, namun kalian akan menemukan sebuah sungai bawah laut ketika mencapai kedalaman 18 meter yang bernama Cenote Angelita.


10. Samudra Pasifik adalah samudra terbesar di dunia

Samudra Pasifik memiliki lebih banyak pulau daripada tempat lain di planet ini. Tercatat sekitar 25.000 pulau terbentang di samudra ini.

Si Lautan Teduh ini, mencakup kira-kira sepertiga luas permukaan bumi, dengan luas permukaan sebesar 165.250.000 km² (63.800.000 mil2) dan panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi). Titik terendah permukaan bumi, yaitu Palung Mariana juga berada di Samudra Pasifik.


11. Air terjun dan gunung berapi bawah laut

Air terjun dan gunung berapi tidak hanya terletak di atas permukaan laut, namun di bawahnya pun juga ada. Air terjun Katarak Selat Denmark merupakan air terjun bawah laut tertinggi di bumi. Air terjun Katarak Selat Denmark dapat ditemukan di Samudra Atlantik dan memiliki ketinggian setinggi 11.500 kaki atau 3.505 meter.

Gunung Stromboli di Italia dan massa vulkanik paling aktif di dunia, yakni Kilauea di Hawaii merupakan salah satu dari gunung berapi aktif. Tetapi tahukah kamu bahwa sekitar 80 persen letusan gunung berapi tersebut sebenarnya terjadi di bawah air.

Selain itu, di kedalaman 1.100 meter di bawah permukaan laut terdapat gunung api terdalam di dunia, yaitu West Mata. Erupsi dari gunung tersebut terakhir terjadi pada tahun 2009 dan pernah didokumentasikan oleh kapal selam tanpa awak.


12. Kabel koneksi internasional ada di dalam laut

Internet berkecepatan tinggi yang digunakan banyak orang saat ini untuk berbagai hal, semuanya karena lautan. Diketahui bahwa kabel penting dari perusahaan komunikasi multinasional yang memungkinkan internet menjelajahi seluruh dunia, berada di dalam laut. 

Kabel ini membantu dalam menjaga koneksi internasional. Kabel tersebut dilindungi oleh lapisan anti-hiu, untuk memastikan bahwa tidak ada predator yang menyerang kabel.


13. Lautan menyimpan banyak emas

Fakta menakjubkan lainnya adalah lautan mengandung 20 juta ton emas. Emas tersebut tidak dalam bentuk batangan atau bongkahan melainkan sudah larut bersama air sehingga nyaris tidak terlihat.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), memperkirakan jika seluruh emas yang terkandung dalam lautan diekstrak dan dibagikan kepada penduduk Bumi, maka seorang akan memperoleh emas kurang lebih seberat 4 kg.

Nah itulah hal menakjubkan yang tersimpan di bawah laut, dan masih banyak lagi hal-hal yang tidak terduga ada di dasar laut yang hingga kini belum terungkap. []

Berita terkait
7 Film Tentang Makhluk Laut yang Wajib Kamu Tonton
Menonton film makhluk laut saat berakhir pekan dapat membuat Anda melihat bagaimana kehidupan bawah laut yang sering diangkat di layar lebar.
Tol Laut Trayek T-19 Sukses Distribusikan Beras ke Papua
Sejak adanya rute T-19, arus penyaluran logistik khususnya beras ke seluruh wilayah di Papua dan Papua Barat menjadi lebih efisien.
Telkom Mempercepat Pemulihan Kabel Laut SMPCS Biak-Jayapura
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mempercepat pemulihan kabel laut SMPCS yang terputus pada ruas Biak-Jayapura dengan memberangkatkan Kapal DPL.
0
Sederet Fakta Menakjubkan Laut yang Jarang Diketahui
Lautan menyimpan segudang misteri dan hal menakjubkan di dalamnya yang jarang diketahui banyak orang. Berikut rahasi laut yang wajib Anda ketahui.