UNTUK INDONESIA
Satu Warga Bulukumba Terjangkit Virus Corona
Salah seorang warga Kabupaten Bulukumba, Sulsel, dikabarkan positif terjangkit virus Covid-19 atau Corona.
Penampakan Virus Corona baru (Covid-19). (Foto: NIAID flickr)

Bulukumba - Salah seorang warga Kabupaten Bulukumba, Sulsel, dikabarkan positif terjangkit virus Covid-19 atau Corona. Warga berjenis kelamin perempuan itu, kini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Ibunya sekarang sedang di rujuk ke Wahidin Makassar. Ibu positif terpapar covid-19.

Juru bicara Satgas Covid-19 Bulukumba, Daud Kahal saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa salah seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Bulukumba dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

"Ibunya sekarang sedang di rujuk ke Wahidin Makassar. Ibu positif terpapar covid-19," kata Daud saat dikonfirmasi, Kamis 26 Maret 2020.

Kadis Kominfo yang juga selaku Jubir Satgas Covid-19 ini membeberkan bahwa sebelumnya, pasien positif covid ini sempat memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia. Kemudian pulang ke Bulukumba.

Tak lama kemudian, putranya berinisial IB, jatuh sakit sehingga dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Ibu ini terus mendampingi anaknya yang tengah sakit itu, dan naasnya malah ia terpapar virus corona.

"Meninggal itu anaknya bernama Ibrahim karena sakit lain. Cuma ibunya yang terpapar. Kita tidak tahu, ibunya positif corona terpapar dari mana? mungkin Wahidin atau dari Malaysia," jelasnya.

Daud menegaskan jika Kabupaten Bulukumba saat ini dinaikkan status menjadi Kondisi Luar Biasa (KLB) Covid-19. Daud pun meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bulukumba, agar tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan tetap dirumah, tidak keluar berkumpul atau social distancing.

"Mari disipilin, pemerintah daerah terus berupaya mencegah penyebaran covid-19 ini. Jangan keluar rumah dan berkumpul-kumpul," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengumumkan bahwa jumlah pasien yang terjangkit virus Corona terus bertambah, data terbaru dari posko Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, telah mencatat sebanyak 13 orang dinyatakan positif terpapar virus corona, Rabu 25 Maret 2020.

Seluruh pasien yang positif terjangkit Covid-19 ini telah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi beberapa rumah  sakit yang tersebar di Makassar. Pasien yang terjangkit virus Corona di Sulawesi Selatan yakni bernomor 7773, 7774, 7775, 7776, 7777, 7778, 7779, 77780 dan 7781.

"Pasien yang dirawat ini ada di Makassar sebanyak 12 orang dan 1 orang dirawat di Parepare. Lima pasien di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Tiga orang di RS Siloam dan satu pasien di RS Pendidikan Unhas," ucap Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Ichsan Mustari. []

Berita terkait
Leher Petani di Bulukumba Ditebas Parang
Seorang petani bernama Harfing alias Apping, 65 tahun, tewas mengenaskan usai ditebas senjata tajam jenis parang oleh tetangganya sendiri
Bulukumba Bangun Posko Tanggap Covid-19
Untuk mencegah penyebaran virus corona di Bulukumba, pemerintah setempat membentuk posko pencegahan Covid-19 di Public Safety Center (PSC).
Banyak yang Libur, SMK di Bulukumba Tetap Ujian
SMK di Kabupaten Bulukumba tetap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai jadwal. Mereka tidak diliburkan oleh pihak sekolah.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.