UNTUK INDONESIA
Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia di Magelang
Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi meninggal dunia dalam usia 82 tahun, pada Rabu malam, 29 Juli 2020 di Magelang, Jawa Tengah. Selamat jalan.
Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Magelang, Jawa Tengah, Rabu malam, 29 Juli 2020. (foto: galeribukujakarta.com)

Jakarta - Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi meninggal dunia dalam usia 82 tahun, pada Rabu malam, 29 Juli 2020, sekitar pukul 22.30 WIB. Ia mengembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan pascaoperasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah. 

"Betul, saya sedang 'ke sana ke mari' (mengurus segala sesuatu) ini," kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, yang dihubungi melalui telepon di Magelang, Rabu malam kemarin. 

Meneruskan catatan Antara, sastrawan Ajip Rosidi sempat menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit sejak seminggu terakhir akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. 

Baca juga: Kiprah Sapardi Djoko Damono Dalam Karier dan Sastra

Nundang menyatakan belum bisa memberikan keterangan lebih detail terkait dengan rencana pemakaman, karena dirinya saat ini masih sibuk mengurus jenazah ayahnya. 

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh pada pekan lalu. 

Baca juga: Jawasastra Gelar Sayembara Misuh Pandemi Corona

Ajib Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda. 

Ajip Rosidi tercatat telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011. []

Berita terkait
Sastrawan Sapardi Djoko Damono Meninggal Dunia
Penyair Sapardi Djoko Damono meninggal dunia dalam usia 80 tahun. Ia mengembuskan napas terakhirnya pada Minggu, 19 Juli 2020, di Eka Hospital BSD.
Iqbaal Ramadhan Perankan Perkutut di Sandiwara Sastra
Iqbaal Ramadhan bakal segera diuji kemampuan aktingnya dengan memainkan peran sebagai seekor burung perkutut dalam drama Sandiwara Sastra.
Saefudin Noer, Dirut Baru Pelindo III Penyuka Sastra
Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir menunjuk Saefudin Noer untuk menempati posisi sebagai Direktur Utama PT Pelindo III.
0
Satpam di Bantul Ditemukan Tewas di Penginapan Usai Mabuk
Saksi mata, pemilik penginapan di Bantul, DIY mengatakan sebelumnya korban datang dalam kondisi mabuk.