UNTUK INDONESIA
Sapi Limosin dan Tiga Jenis Sapi yang Cocok Buat Kurban
Berikut contoh jenis sapi yang cocok untuk disembelih pada hari raya kurban.
Sapi Kurban. (Foto: Instagram/@udamanahjaya)

Jakarta - Ada beberapa jenis atau contoh sapi kurban. Beberapa hal yang biasanya diperhatikan adalah penampilan sapi, postur tubuh, bobot sapi, dan tinggi badan. 

Agar mudah menemukan sapi yang cocok untuk kurban, berikut adalah beberapa contoh sapi kurban yang dapat ditemukan dengan mudah ketika mendekati Hari Raya Idul Adha.

Berikut contoh jenis sapi yang cocok untuk disembelih pada hari raya kurban.

1. Sapi Limousin

Sapi LimousinSapi Limousin. (Foto: Instagram/@teddy.abukingzy)

Jenis sapi ini berasal dari Prancis dan termasuk ke dalam jenis taurus. Sapi Limousin (Limosin) memiliki ciri bulu berwarna cokelat tua dengan beberapa bagian berwarna putih, seperti pada bagian lutut ke bawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. 

Jenis ini termasuk tipe sapi yang besar karena memiliki volume yang besar serta kecepatan yang tinggi. 

Sapi limousin menjadi contoh sapi kurban karena badan dan ukuran dari sapi ini lebih tinggi, sehingga dipastikan memiliki daging yang banyak. 

Selain itu, pertumbuhan Sapi Limousin lebih cepat dibandingkan dengan sapi jenis lain dan proses penggemukannya terbilang lebih pendek dan singkat.

2. Sapi Simmental

Sapi SimmentalSapi Simmental. (Foto: Instagram/@seaview_herd)

Sapi kurban berikut berasal dari lembah Simme, yaitu Swiss bagian barat. Sapi ini memiliki warna bulu cokelat kemerahan serta pada bagian muka, lutut ke bawah, dan ekor berwarna putih. 

Jenis Sapi Simmental dikenal dengan pertumbuhannya yang cepat dan produksi susu yang istimewa. Sebagai sapi kurban, jenis Sapi Simmental mengandung sedikit lemak sehingga sangat baik sebagai sapi potong.

3. Sapi Brahman

Sapi BrahmanSapi Brahman. (Foto: Instagram/@ganaderia_cheche)

Jenis Sapi Brahman berasal dari India dengan memiliki ciri khas unik yaitu adanya punuk yang besar. Sapi Brahman berkulit longgar, memiliki gelambir di bawah leher hingga perut yang disertai lipatan-lipatan. 

Ciri Sapi Brahman lainnya adalah telinga panjang yang posisinya menggantung dan memiliki ujung yang runcing. 

Selain itu, sapi ini juga mengandung lemak yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sapi asal Eropa.

4. Sapi Bali

Sapi BaliSapi Bali. (Foto: Instagram/@sapi_super)

Sapi ini berasal dari Bali, Indonesia. Untuk betina, Sapi Bali berwarna merah keemasan, sedangkan pada jantan berwarna hitam. Sapi Bali memiliki warna putih pada bagian lutut hingga ujung kaki. 

Jenis sapi ini merupakan salah satu jenis sapi lokal yang paling terkenal dan paling sering digunakan sebagai hewan kurban.

Baca juga:

Berita terkait
Ketika Pemulung Ingin Meraih Pahala Berkurban
Ibadah berkurban dalam rangka meraih pahala dan keberkahan pada Hari Raya Idul Adha bukan monopoli orang kaya.
Video: Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar
Cara menyembelih hewan kurban yang baik dan juga mengikuti sunah yang dianjurkan.
Tips Pilih Hewan Kurban Berkualitas
Pemerintah Indramayu punya tips untuk mengetahui bagaimana memilih hewan dan daging kurban yang berkualitas baik dan sehat.
0
Bupati Minahasa Datang Bukan Atas Undangan Jokowi
Kedatangan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu ke Istana bukan atas undangan Presiden Jokowi tapi usulan dari Partai Golkar