Sandiaga Uno: Skema Bebas Ongkir adalah Kompensasi Larangan Mudik Lebaran

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pelaksana teknis pemberian bebas ongkir akan dilaksanakan Kementerian Perdagangan dan dijalankan e-commerce.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto:Tagar/Kemenparekraf)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, nantinya mekanisme pelaksana teknis pemberian bebas ongkir akan dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan dijalankan oleh pemilik e-commerce. 

Rencananya pelaksanaannya akan diumumkan secara detail oleh Kemendag, tapi akan dalam lingkup Harbolnas yaitu H-10 atau H-6 Idul Fitri. Jadi ada kesempatan untuk membeli produk-produk ekonomi kreatif, produk UMKM untuk lebaran.

Hal ini diungkapkan Menparekraf dalam acara “Extended Weekly Press Briefing” yang dilakukan secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf/Baparekraf.

“Ini adalah bentuk kegiatan pemerintah di tengah-tengah kesulitan ekonomi, pemerintah memunculkan program ini yang pelaksanaannya oleh Kemendag, yang tentunya bekerja sama dengan perusahaan pemilik platform e-commerce," tutur Sandiaga Uno berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tagar, Selasa, 4 Mei 2021.

Sandiaga juga menyebut, bahwa skema bebas ongkir ini dilakukan sebagai kompensasi peniadaan mudik lebaran. Hal ini bertujuan mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk mengambil peluang pengiriman produk ekonomi kreatif. Mengingat, tidak jarang ongkos kirim lebih mahal dibandingkan dengan harga produk, maka subsidi ongkir dirasa perlu.

"Karena ada larangan mudik, jadi pemerintah memberikan satu kebijakan yang diharapkan menggairahkan disaat mendekati lebaran. Dalam program ini juga bertujuan agar Idul Fitri 2021 masih bisa berbahagia dengan dikirimi produk-produk ekonomi kreatif. Dan ini adalah bagian dari inovasi, adaptasi, dan kolaborasi di mana insentif ongkir sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM dan masyarakat saat mereka tidak bisa pulang ke kampung halamannya," tegas Sandiaga.

Oleh sebab itu, Sandiaga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk memberikan hadiah bagi keluarga di kampung halaman saat Hari Raya karena tidak bisa mudik.

"Rencananya pelaksanaannya akan diumumkan secara detail oleh Kemendag, tapi akan dalam lingkup Harbolnas yaitu H-10 atau H-6 Idul Fitri. Jadi ada kesempatan untuk membeli produk-produk ekonomi kreatif, produk UMKM untuk lebaran," terangnya. []

Berita terkait
Sandiaga Uno: Aceh Kaya akan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan bahwa Aceh memiliki potensi wisata dan ekonomi kreatif yang kaya.
Sandiaga Uno Apresiasi Pameran Sneakers Brand Lokal
Menparekraf dalam acara "Sneakers Brand Lokal" mengatakan, Produk lokal bukan hanya bagus dan berkualitas, tapi juga harganya terjangkau.
Sandiaga Uno Gelorakan Kampanye #KembaliKeBioskop
Menparekraf mengatakan, pemerintah hadir untuk memulai gerakan #KembaliKeBioskop dan memastikan bioskop itu aman, nyaman, dengan prokes ketat.
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes