Samsung S21 Tak Kompatibel dengan Galaxy Gear Series Lama

Samsung diperkirakan akan meluncurkan seri Galaxy S21 pada bulan Januari 2021 mendatang.
Samsung Galaxy Wearable (Foto: Google Play)

Jakarta - Samsung diperkirakan akan meluncurkan seri Galaxy S21 pada bulan Januari 2021 mendatang. Seri ini akan menampilkan Galaxy S21, Galaxy S21 +, dan Galaxy S21 Ultra. Smartphone baru galaxy S21 ini dikabarkan tidak dapat lagi digunakan untuk fitness trackers dan wearable Samsung.

Melalui pemberitahuan dari Galaxy Club, pihak Samsung telah memperingatkan pengguna bahwa lima jam tangan seri Gear tidak akan kompatibel dengan smartphone terbaru Samsung yang dirilis pada 2021 dan setelahnya.

"Kualitas layanan perangkat wearable Samsung Galaxy Gear lama yang ada tidak dapat dijamin dan dipastikan melalui pembaruan aplikasi saja," demikian bunyi pemberitahuan tersebut, dikutip Tagar pada Senin, 7 Desember 2020.

"Oleh karena itu, perangkat wearable Samsung Gear yang lebih lama tidak dapat lagi digunakan bersama ponsel pintar Samsung baru," kata mereka.

Sebagian orang menilai tidak terlalu mengejutkan jika Samsung benar–benar akan memutuskan untuk mengakhiri kompatibilitas perangkat wearable lama dengan seri S21 yang baru. Pasalnya, sebagian perangkat memang sudah cukup tua seperti Galaxy Gear yang diluncurkan tahun 2013.

Galaxy Gear 2 dari tahun 2014, dan Gear 2 Neo termasuk di antara perangkat yang terpengaruh, begitu pula Gear S dan Gear Fit.

Jika pengguna masih memiliki smartphone lama (dirilis pada tahun 2020 atau lebih awal) perangkat tersebut masih mendukung Galaxy Wearable. Tetapi akan berpengaruh, jika berencana untuk membeli Samsung Galaxy S21 atau smartphone masa depan lainnya dari Samsung.

Pemberitahuan tersebut tidak menunjukan alasan untuk mencabut dukungan terkait dengan Android 11 dan One UI 3.0. Terlepas dari itu, jika akan mempertimbangkan untuk menggunakan smartphone keluaran 2021, ada kemungkinan bahwa harus mempertimbangkan juga perangkat yang ingin digunakan.

Bila tidak mencari perangkat dengan teknologi kebugaran terbaru, maka jam pintar versi lama dari Samsung masih layak digunakan.

Samsung akan memberi tahu para pengguna dari lima jam tangan pintar ini tentang perubahan aplikasi Galaxy Wearable dalam beberapa minggu mendatang. Jadi pengguna dapat mempertimbangkan kembali jika berencana membeli Galaxy S21 kemungkinan harus membeli jam tangan pintar yang lebih baru juga. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Mesin Enigma, Prototipe Komputer Nazi Ditemukan di Bawah Laut
Sekelompok penyelam Jerman berhasil menemukan Mesin Enigma, prototipe komputer modern milik Nazi, di kedalaman Laut Baltik.
Spesifikasi Nokia 5.4, Siap Rilis dengan Sertifikasi FCC
Ponsel Nokia dengan nomor model TA-1333, TA-1337, dan TA-1340 telah muncul di basis data US Federal Communications Commission (FCC).
Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Smartphone Vivo Y51
Informasi mengenai spesifikasi dan harga smartphone anyar Vivo Y51 langsung menjadi buruan masyarakat luas selepas diluncurkan di Indonesia.
0
Nama Varian Covid-19 Dengan Alfabet Yunani Hindari Stigma
WHO akan ganti penyebutan nama varian Covid-19 untuk hapus stigma negara-negara di mana jenis varian baru virus corona pertama kali dilaporkan