UNTUK INDONESIA
Samsung Merajai Pasar Monitor Gaming
Pangsa pasar Samsung untuk unit monitor gaming pada semester pertama mencapai 17,9 persen sehingga merajai penjualan global
Sebelumnya, otoritas Italia telah menyelidiki bahwa Apple dan Samsung menggunakan pembaruan perangkat lunak untuk memperlambat ponsel agar konsumen membeli ponsel baru. (Ist.)

Jakarta – Pabrikan eloktronik Korea Selatan, Samsung Electronics berhasil menguasai pangsa pasar untuk penjualan monitor gaming secara global. Hingga semester pertama 2019, pangsa pasar monitor gaming Samsung hampir mendekati 18 persen. Unit monitor gaming merupakan salah satu penyumbang keuntungan yang sangat besar buat Samsung.

Berdasarkan data yang dirilis perusahaan riset pasar IDC, pangsa pasar Samsung untuk produk monitor gaming sebesar 17,9 persen pada paruh pertama 2019, naik lima persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Posisi berikutnya dipegang Acer dan Dell.

Seperti diberitakan koreatimes.co.kr, monitor gaming memiliki kecepatan refresh hingga 100 hertz atau lebih tinggi dibandingkan dengan monitor pada umumnya. Angka kecepatan hertz yang tinggi tersebut bertujuan untuk mengurangi periode waktu yang dibutuhkan oleh sinyal dan memungkinkan pengguna untuk menikmati keseruan dan pengalaman bermain game dengan lebih lancar.

Samsung membutuhkan waktu yang bisa dibilang lama untuk merajai pasar monitor gaming tersebut. Awal merilis monitor gaming pada tahun 2016 silam, butuh waktu sekitar tiga tahun bagi raksasa teknologi asal Korea Selatan meninggalkan pesaing-pesaingnya. Saat ini Samsung masih harus berjuang untuk meningkatkan pasar PC yang masih bertumbuh melambat di pasar global.

Pasar monitor gaming melesat semenjak maraknya game online yang digemari yang tidak hanya digandrungi kalangan anak muda milineal tapi juga orang dewasa, seperti Fortnite, PUBG, Dota 2 yang membutuhkan perangkat keras dengan kualitas yang mumpuni agar game tersebut berjalan dengan lancar tanpa buffer. Para produsen teknologi kini memfokuskan terobosan baru dengan membuat monitor gaming yang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan monitor yang biasa dijumpai di pasaran.

IDC menyebutkan, pertumbuhan pasar untuk monitor gaming ini akan terus meningkat pesat. Pada tahun 2018, penjualan monitor gaming sudah mencapai 5 juta unit dan diperkirakan akan mencapai lebih dari 10 juta unit pada tahun 2023 mendatang.

(Dimas Wijanarko)

Berita terkait
Kalah Saing, Samsung Stop Produksi Smartphone di China?
Ketatnya persaingan di China membuat Samsung Electronic Co.Ltd. memutuskan untuk menghentikan produksi smartphone.
Kelebihan Samsung S10 Plus
Samsung kembali merilis produk barunya Samsung 10 Plus yang memiliki sofware hampur sama dengan Galaxy Note 10.
Tujuh Fitur Rahasia di Samsung One UI
Samsung One UI punya tampilan antarmuka terbaru. Memiliki banyak fitur menarik. Namun, fitur ini bisa dikatakan rahasia.
0
Suriah-Milisi Kurdi Berunding, Harapan Berhenti Perang
Perundingan antara pemerintah Suriah dengan Pasukan Demokratik Rusiah (SDF) diharapkan bisa menghentikan perang