UNTUK INDONESIA
Ini Cara Bikin Telur Dadar Taiwan, Sarapan Lezat Sedang Hits
Checkered egg omelette rice atau telur dadar Taiwan sedang hits di negara Asia Timur. Begini cara bikinnya.
Checkered egg omelette rice atau telur dadar Taiwan yangs sedang hits. (Foto: Tangkapan layar akun YouTube Eat First)

Jakarta - Checkered egg omelette rice atau telur dadar Taiwan sedang hits di negara Asia Timur tersebut. Menu itu menjadi andalan anak-anak ketika menyantap sarapan.

Bukan telur dadar seperti yang disantap di Indonesia. Menu ini dimasak tidak hanya diceplok, diaduk dalam wadah, kemudian dipanaskan dalam wajan, tetapi ada sejumlah cara penyajiannya.

Ramainya telur dadar Taiwan itu pertama kali diketahui lewat situs komunitas hiburan Reddit. Seorang pemilik akun bernama Aloofloofah mengunggah video tentang menu yang hits di Taiwan itu.

"Membuat ayam dan telur dadar Taiwan," tulis Aloofloofah dalam video yang diunggahnya.

Baca juga:

Dalam video itu, terlihat seseorang sedang memasak. Ia meletakkan adonan lurus hingga membentuk banyak barisan di atas meja penggorengan. Lama kelamaan barisan adonan itu menjadi gambar pola kotak-kotak.

Selanjutnya, sang koki meletakkan telur di atas adonan. Ia meratakan telur tersebut hingga menjadi lebar, seakan ingin menjadikannya sebagai alas dari topping di atasnya.

Telur dadar TaiwanCheckered egg omelette rice atau telur dadar Taiwan yangs sedang hits. (Foto: Tangkapan layar akun YouTube Eat First)

Ketika adonan bercampur telur itu hampir matang, ia menaburkan kemangi di atasnya. Setelah adonan mengeras, semua yang di atas wajan dipotong menjadi seperti kulit lumpia.

Adonan matang itu kemudian diolesi bumbu. Tak lama di atas adonan itu diberi nasi yang telah dicampur potongan omelet serta ayam. Topping itu dibungkus dengan adonan dan siap dimakan.

Tak perlu waktu lama, video itu langsung viral di Reddit. Kolom unggahan dari akun warga Taiwan itu banyak dikomentari warganet dari Amerika Serikat.

"Tolong kirimkan ke Texas, ujar salah satu warganet.

Sementara warganet lain mencoba guyon,"Apa bahan baku membuat adonan barisnya? Lem?"

Namun ternyata, ada juga warga Taiwan yang berdomisili di negara lain tidak mengetahui tentang menu ini. "Sepertinya saya melewatkan sesuatu ketika saya mengunjunginya [Taiwan] tahun lalu. Sungguh saya harus kembali," komen seorang warganet.

Penasaran dengan cara bikinnya, berikut video tutorial dari salah satu warung yang menyajikan telur dadar Taiwan di negara tersebut.

Berita terkait
Ketahui Budaya Makan Korean Barbekyu, Senior Harus Ditraktir
Anda mungkin pernah melihat adegan dalam drama Korea ketika sang artis makan Korean Barbekyu, ternyata sudah jadi budaya lho.
3 Jenis Kopi Cocok untuk Diet, Bikin Badan Makin Singset
Sedikitnya 3 jenis kopi ini memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Tubuh jadi makin singset.
Masak Praktis: Cara Bikin Kornet Cepat, Siap Saji
Bagi Anda yang ingin masak praktis dan cepat, olahan siap saji kornet bisa menjadi pilihan.
0
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.