Rumah Warga Barang Manggarai Nyaris Roboh Akibat Tanah Longsor

Akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Manggarai selamat empat hari, rumah warga Desa Barang Kecamatan Cibal nyaris roboh.
Rumah Fabianus Ngadi di Desa Barang Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai nyaris roboh akibat tanah longsor. (Foto: Tagar/Anto Rempes)

Manggarai - Intensitas hujan yang tinggi sejak Rabu 27 Januari 2021 hingga Minggu 31 Januari 2021 menyebabkan rumah salah seorang warga di Desa Barang Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai NTT nyaris terbawa tanah longsor.

Rumah saya nyaris roboh, empat hari hujan tidak berhenti, yang saya khawatirkan terjadi. Rumah saya di bagian bangunan WC-nya roboh dibawa tanah longsor.

Rumah tersebut diketahui milik Fabianus Ngadi. Dia mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu 30 Januari 2021 sekitar pukul 06.20 Wita.

"Rumah saya nyaris roboh, empat hari hujan tidak berhenti, yang saya khawatirkan terjadi. Rumah saya di bagian bangunan WC-nya roboh dibawa tanah longsor. Bahkan tembok penahan di belakang rumah juga ikut roboh,"ujarnya Minggu 31 januari 2021.

Akibat kejadian tersebut Fabianus diperkirakan menelan kerugian sekitar Rp 20 jutaan. Dia berharap pemerintah setempat dapat membantunya untuk memperbaiki tembok penahan di belakang rumahnya agar tidak terjadi longsor susulan.

Sebelumnya, sejumlah titik jalur Ruteng-Reo, Kabupaten Manggarai NTT terjadi longsor dan menutupi seluruh badan jalan. Akibatnya antrian kendaraan cukup panjang karena tidak bisa dilintasi kendaraan, Kamis 28 Januari 2021.

Informasi yang diperoleh Tagar, titik longsor berada di Golo Nggorong, Sekitar Gapong, dan Gumbang Kecamatan Cibal.

Namun setelah dibersihkan dan disingkirkan longsor yang menutupi badan jalan, kini jalur provinsi tersebut sudah bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. []

Berita terkait
Longsor di Jalur Noa-Golowelu Manggarai Barat, Jalan Putus Total
Akibat hujan deras mengguyur wilayah NTT menyebabkan ruas jalan Noa-Golowelu Manggarai Barat tertutup tanah longsor
Sejumlah Titik di Jalur Ruteng-Reo Banyak yang Longsor
Sejumlah titik di ruas Jalan Ruteng reo Kabupaten Manggarai longsor. Menyebabkan kendaraan tidak melintas karena longsor menutupi badan jalan.
Pencarian Warga Tertimbun Longsor di Mekatta Sulbar Dihentikan
Operasi pencarian tiga korban gempa di Sulawesi barat dihentikan, walaupun ketiga korban belum ditemukan. Ini alasannya
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.