UNTUK INDONESIA

Ruang Isolasi Dua Rumah Sakit Rujukan di Kulon Progo Penuh

Pasien pagebluk di Kulon Progo, Yogyakarta, melonjak. Dampaknya ruang isolasi di dua rumah sakit rujukan di Bumi Binangun penuh.
RSUD Wates Kulon Progo (Foto: Twitter)

Kulon Progo - Pasien corona di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, melonjak. Dampaknya dua ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di dua rumah sakit rujukan untuk pasien di Bumi Binangun penuh. Dua rumah sakit rujukan tersebut yakni RSUD Wates dan RSUD Nyi Ageng Serang.

RSUD Wates menyedikan 20 kamar isolasi. Sedangkan RSUD Nyi Ageng Serang ada empat. Dari total 24 kamar tersebut, semuanya sudah terisi pasien. "Semua ruang isolasi di rumah sakit penuh,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pemkab Kulon Progo dalam Penanganan Covid-19, Baning Rahayujati, Minggu, 22 Movember 2020.

Baca Juga:

Lonjakan kasus corona di Kulon Progo terjadi setelah ada klaster perkantoran yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kemudian menyebar di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Selain itu, kasus positif Covid-19 di Sukoreno, Sentolo yang menular di sejumlah warganya.

Peningkatan kasus di kabupaten paling barat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini terjadi mulai Selasa, 17 November 2020 dengan penambahan 36 kasus baru. Kemudian berturut pada Rabu (10 kasus), Kamis (tujuh kasus), Jumat (16 kasus) serta Sabtu (27 kasus).

Semua ruang isolasi di rumah sakit penuh.

Baning mengatakan, dalam sepekan terakhir ini Kulon Progo memang mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. "Peningkatannya sangat tajam, dan rumah sakit akan menambah ruang baru (isolasi) untuk transit sementara pasien,” katanya. 

Baca Juga:

Menurut dia, untuk ruang isolasi di Rumah Singgah Teratai (RST) yang ada di kompleks RSUD Wates dengan kapasitas 20 kamar hanya tersisa delapan kamar saja. "Sisa delapan kamar di RST akan kami khususnya untuk pasien yang tidak mungkin melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” katanya.  

Dinas Kesehatan Kulon Progo telah mengkomunikasikan persoalan ini dengan direktur utama. Ada rencana penambahan ruang isolasi guna mengantisipasi pasien baru. "Smeoga tidak ada penambahan pasien lagi," ungkapnya. []

Berita terkait
Vaksin Virus Corona Menurut Erick Thohir dan Epidemiolog UI
Vaksin virus corona sedang diujicobakan dalam fase uji klinis di Indonesia. Berikut keterangan Menteri BUMN Erick Thohir dan Epidemiolog UU
Pasien Sembuh Corona di Indonesia Bertambah 3.940 Orang
Pasien sembuh harian dari Covid-19 per 20 November 2020 kembali bertambah sebanyak 3.940 orang.
7.000 Nakes Dilatih, Indonesia Siap Vaksin Massal Corona
Sebanyak 7.000 tenaga kesehatan (nakes) telah mendapat pelatihan sebagai vaksinator. Indonesia siap vaksin massal corona.
0
Ruang Isolasi Dua Rumah Sakit Rujukan di Kulon Progo Penuh
Pasien pagebluk di Kulon Progo, Yogyakarta, melonjak. Dampaknya ruang isolasi di dua rumah sakit rujukan di Bumi Binangun penuh.