UNTUK INDONESIA
RSUP Wahidin Makassar Bantah Ada Pasien Virus Corona
Dirut RSUP Wahidin Soedirohusodo Makassar Khalid Saleh membantah jika ada warga yang terinfeksi virus corona, tetapi hanya mengidap Ispa.
Dirut RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kota Makassar, Dr.dr.Khalid Saleh (tengah). (Foto: Tagar/Lodi Aprianto)

Makassar - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo, akhirnya angkat bicara terkait beredarnya pesan berantai di sosial media menyebutkan jika adanya salah seorang pasien yang diagnosa mengidap virus corona di Kota Makassar, Sulsel. Dia menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar atau Hoaks.

Direktur Utama RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Khalid Saleh mengatakan bahwa kabar adanya pasien dengan diagnosa mengidap virus corona yang dirawat di RSUP Dr Wahidin adalah tidak benar. Melainkan, pasien tersebut hanya mengidap sakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau biasa disebut dengan ISPA.

"Jadi sebagaimana kabar yang berseliweran di media sosial terkait pasien dengan diagnosa virus Corona (cov) 2019, dan saya menegaskan hal tersebut tidak benar," ujarnya dalam sambutannya di acara Ramah Tamah dan Silaturahmi UPT Kementerian Kesehatan di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, Minggu 26 Januari 2020.

Khalid Saleh membeberkan, jika sebelumnya memang ada salah seorang warga mendatangi Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar untuk memeriksakan diri karena khawatir terjangkit virus Corona. 

Jadi sebagaimana kabar yang berseliweran di media sosial terkait pasien dengan diagnosa virus Corona (cov) 2019, dan saya menegaskan hal tersebut tidak benar

Akan tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan dan dapat disimpulkan bahwa pasien tersebut hanya hanya salah satu penyakit ISPA saja.

"Memang kemarin sore ada pasien yang datang memeriksakan diri ke IGD karena khawatir, sepekan sebelumnya sempat melakukan perjalanan ke China, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan pasien tersebut hanya salah satu penyakit ISPA saja," jelad Khalid.

Ia berharap kepada masyarakat, agar tidak resah dengan adanya berita-berita yang belum tentu kebenarannya. Ia pun menegaskan jika RSUP Dr. Wahidin telah melakukan berbagai langkah penanganan terhadap penyakit Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau Virus Corona yang belakangan ini marak diperbincangkan.

"Kalau terkait penanganan penyakit infeksi termasuk Virus Corona ini, kami memiliki Gedung Infection Center yang terstandarisasi untuk penanganan kasus-kasus penyakit infeksi," pungkasnya.

Sementara diketahui, Virus Corona merupakan virus jenis baru yang menyebabkan penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina dan Novel Coronavirus merupakan satu rumpun dengan virus penyebab SARS dan MERS. 

Virus Corona ini juga dikabarkan telah menyebar keberbagai negara di Benua Asia, khususnya di Malaysia. []

Berita terkait
Keceriaan Anak Tionghoa, Perayaan Imlek di Makassar
Perayaan Imlek tentu menjadi kebahagiaan khususnya bagi anak-anak Tionghoa. Karena di hari raya Imlek mereka akan mendapatkan angpao dari keluarga
Surya Paloh Turut Rayakan Imlek di Makassar
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh turut merayakan Imlek 2571 bersama sejumlah warga keturunan Tionghoa di kota Makassar
Melihat Kesibukan Warga Makassar Rayakan Imlek
Warga Makassar turut memeriahkan perayaan Imlek. Persiapan Imlek pun sudah dilakukan jauh hari.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.