UNTUK INDONESIA
RSUD Tidar Magelang Hanya Ada 1 Ruang Isolasi Corona
RSUD Tidar Magelang menyediakan 10 ruang isolasi untuk penyakit menular. Dari jumlah itu, hanya satu ruang untuk isolasi penyakit virus corona.
Petugas medis RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah memperlihatkan kesiapan masker untuk mendukung penanganan pasien virus corona. Dari 10 ruang isolasi di rumah sakit itu, hanya 1 ruang yang dikhususkan untuk pasien corona. (Foto: Tagar/Solikhah Ambar Pratiwi)

Magelang - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar di Kota Magelang menyatakan kesiapannya untuk menangani kasus pasien terinveksi virus corona atau covid-19. Sejumlah ruang isolasi, peralatan pendukung dan sumber daya manusia terlatih sudah tersedia.  

Ruang isolasi keseluruhan 10 ruang, tapi yang kami khususkan untuk covid-19 satu ruang.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Tidar Nofi Ahyani mengatakan telah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien corona dalam pengawasan sejak awal tahun ini. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Kementerian Kesehatan. "Untuk fasilitas khusus covid-19 sudah siap sejak kami terima surat dari Kementerian Kesehatan pada pertengahan bulan Januari 2020 lalu," kata dia, Selasa, 3 Maret 2020.

Nofi menjelaskan di rumah sakit tempatnya bekerja telah ada ruang isolasi sesuai standar yang diwajibkan oleh kementerian. "Ruang isolasi keseluruhan 10 ruang, tapi yang kami khususkan untuk covid-19 satu ruang," ujarnya. 

RSUD Tidar merupakan satu dari 100 rumah sakit rujukan di Indonesia dan 10 rumah sakit rujukan di Jawa Tengah yang ditunjuk sebagai rujukan covid-19. Penunjukan ini berdasarkan surat keputusan dari Kementerian Kesehatan tahun 2007 tentang penunjukan RS rujukan untuk kasus H5N1 atau flu burung.

"Jadi sejak saat itu kami selalu siap jadi rujukan untuk penyakit infeksi emerging, salah satunya covid-19," ucap dia. 

Sejauh ini, kata Nofi, pihak rumah sakit telah melakukan berbagai persiapan. Seperti adanya tim khusus untuk penyakit infeksi emerging, kemudian standard operational procedure dan alur penanganan, semuanya sudah siap. "Selain itu, kami sudah lakukan sosialisasi dan latihan bagi seluruh sumber daya manusia yang ada. Untuk sarana dan prasaran juga sudah siap," sebut dia.

Kepala Bidang Keperawatan Nasrodin menambahkan terdapat alur penanganan bagi pasien suspect maupun positif corona yang akan dirawat di RSUD Tidar. "Persiapan mulai dari pasien masuk,  diawali di UGD disendirikan, diisolasi. Kemudian untuk menghindari pasien kontak dengan pasien lain atau petugas maka kebutuhan laboratorium atau rontgen yang menuju pasien. Jadi petugasnya yang menuju ke pasien, tidak pasien kami bawa ke unit radiologi atau laboratorium," katanya.

Nasrodin melanjutkan, jika hasil diagnosa pasien harus dirawat, maka tidak melewati koridor pasien biasa. "Tapi langsung dibawa menggunakan ambulans ke ruang isolasi. Supaya menghindari kontak," ujar dia.

Sementara itu, di Kabupaten Magelang, Bupati Magelang Zaenal Arifin juga menginstruksikan rumah sakit daerah setempat untuk menyediakan ruang isolasi bagi pasien virus corona.

"Ruang isolasi telah siap di RSUD meskipun belum ada kasus warga terpapar virus covid-19 ini. Tetapi sekali lagi mudah-mudahan tidak ada. Sekalipun ada kami akan segera melakukan tindakan sebagaimana mestinya," ujar Zaenal.

Ia pun menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap menjaga kondisi tubuh dengan baik. "Untuk menangkal virus maka butuh kekebalan tubuh atau imunitas. Jadi kepada warga masyarakat, saya dan dinas kesehatan akan memastikan kondisi saudara kita yang ada di Kabupaten Magelang ini dalam keadaan sehat," tuturnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Ruang Isolasi RSU Soetomo Bisa 10 Pasien Corona
RSU Dr Soetomo menjadi rumah sakit rujukan utama di Jawa Timur, khususnya Surabaya karena sudah memiliki ruang isolasi untuk mengani virus.
Ruang Isolasi Siap Tampung Suspek Corona di Binjai
Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara telah menyiapkan ruangan isolasi bagi masyarakat yang terinfeksi virus corona.
4 Ruang Isolasi Corona di RSUD Sidempuan Tak Layak
Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidempuan menilai ruang isolasi untuk penanganan pasien suspek corona di RSUD setempat tidak layak dipakai.
0
Sidang Pertama Gugatan MAKI ke Yasonna Usai Lebaran
Boyamin Saiman MAKI menuturkan gugatan pada Menkumham Yasonna Laoly ke Pengadilan Negeri Surakarta terkait napi asimilasi dimulai habis lebaran.