UNTUK INDONESIA
Rincian Bantuan BNPB Penanganan Abrasi di Padang Sumbar
BNPB menyalurkan bantuan sebesar Rp 19 miliar untuk penanganan bencana abrasi di 4 pantai di Kota Padang, Sumatera Barat.
Dampak abrasi sejumlah objek wisata unggulan di kawasan pantai Padang. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp19 miliar untuk penanganan bencana abrasi pantai di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar).

Bantuan tersebut nantinya digunakan untuk penanganan bencana abrasi di kawasan Masjid Al-Hakim sebanyak Rp 9 milyar, di Tugu Merpati Rp 7 milyar, dan di Pantai Pasir Jambak Rp 3 milyar, totalnya Rp 19 milyar.

Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB. Semoga ke depan perhatian dari pusat tetap terus ada untuk membantu kita di daerah.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan bantuan itu khusus untuk penanganan bencana abrasi di pantai Kota Padang. Irwan Prayitno menyampaikan bantuan tersebut sangat penting untuk penanganan bencana abrasi pantai di Padang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB. Semoga ke depan perhatian dari pusat tetap terus ada untuk membantu kita di daerah,” katanya, Kamis 22 Oktober 2020 di Padang.

Baca juga:

Irwan menjelaskan abrasi air laut semakin hari semakin mengikis sampai ke fasilitas umum, seperti di area Masjid Al-Hakim, Tugu Merpati, dan daerah pantai Pasir Jambak hingga sampai ke jalan raya.

"Untuk itu agar pembangunan ini segera dilaksanakan, supaya dampak abrasi tidak semakin meluas dan berharap sangat bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Utama BNPB, Harmensyah mengatakan kegiatan ini merupakan perjuangan dari komisi VIII DPR RI ini perlu disegerakan, kalau dibiarkan berbahaya, masjid dan tugu merpati serta fasilitas umum lainnya akan tergerus terkena abrasi.

"Ini berdampak cukup besar terhadap hajat hidup orang banyak, dan dapat menyelamatkan aset infrastruktur yang dibangun di kawasan pantai tersebut," ucap Harmensyah.[]

Berita terkait
3.150 Penghuni Lapas Sumbar Punya Hak Pilih di Pilkada 2020
Sebanyak 3.150 orang penghuni Lapas di Sumatera Barat akan menggunakan hak pilihnya di Pilkada 2020.
LPTQ Pastikan Semua Kafilah MTQ Nasional Orang Sumbar
LPTQ memastikan semua kafilah yang mewakili Sumatera Barat untuk MTQ Nasional adalah orang Sumbar.
PHRI Sumbar Dukung Karyawan Restoran Tes Swab
PHRI Sumatera Barat mendukung langkah gubernur yang mewajibkan semua pengelola dan karyawan restoran untuk tes swab.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.