Ribuan Warga Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Yunani

Ribuan orang pada hari Minggu, 8 Agustus 2021, meninggalkan rumah mereka di Pulau Evia, Yunani, karena kebakaran hutan
Warga di Pulau Evia, Yunani, meninggalkan rumah mereka di di tengah-tengah kebakaran hutan hebat hari Minggu, 8 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Jakarta – Ribuan orang pada hari Minggu, 8 Agustus 2021, meninggalkan rumah mereka di Pulau Evia, Yunani, sementara kebakaran hutan yang sudah memasuki hari keenam semakin tidak terkendali. Sejumlah kapal feri disiagakan untuk evakuasi lebih lanjut.

Kebakaran yang telah mengancam bagian utara Athena sudah mereda, tetapi kebakaran di Evia, satu pulau besar di timur ibu kota, dengan cepat meluas ke beberapa daerah lain, melalap ribuan hektar hutan di bagian utara dan memaksa evakuasi warga puluhan desa.

“Saya marah. Saya kehilangan rumah, tidak ada yang tersisa keesokan harinya,” ujar Vasilikia, warga desa Psaropouli yang naik kapal feri penyelamat. “Ini bencana. Bencana besar sekali. Desa kami hancur, tidak ada yang tersisa. Rumah, barang-barang, semua tidak ada lagi,” katanya.

kebakaran hutan yunaniApi kebakaran hutan berkobar di Limni, Pulau Evia, Yunani, 6 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com - Sotiris Dimitropoulos/Eurokinissi via Reuters)

Kebakaran hutan terjadi di banyak bagian Yunani dalam gelombang panas seminggu terakhir ini, yang terburuk di Yunani dalam tiga puluh tahun. Suhu sangat panas yang membakar beberapa daerah dan angin panas menciptakan kondisi yang sangat mudah terbakar. Di seluruh negara itu, lahan hutan serta puluhan rumah dan bisnis hancur dilalap si jago merah.

“Fiery Destruction,” tulis halaman depan surat kabar To Vima hari Minggu, 8 Agustus 2021. Sejak Selasa, 3 Agustus 2021, lalu pasukan penjaga pantai telah mengevakuasi lebih dari 2.000 orang, termasuk banyak warga lansia, dari berbagai lokasi di pulau itu, dalam operasi penyelamatan yang dramatis lewat jalur laut, sementara langit pada malam hari menjadi merah menyala. Lainnya melarikan diri dari desa-desa mereka dengan berjalan kaki pada malam hari, melintasi jalan-jalan yang sebagian pohonnya terbakar.

Gubernur daerah di bagian tengah Yunani, Fanis Spanos, kepada kantor berita Associated Press mengatakan selama hampir satu minggu, situasi di bagian utara pulau itu “sangat sulit.” “Bagian depan sangat parah, bagian yang terbakar itu sangat parah,” ujarnya pada Skai TV. Lebih dari 2.500 orang kini tinggal di hotel dan tempat penampungan, tambahnya.

Bantuan dari Yunani dan PrancisBantuan dari Yunani dan Prancis (Foto: dw.com/id)

Yunani telah mengirim tentara untuk membantu memadamkan kebakaran. Beberapa negara, seperti Prancis, Mesir, Swiss dan Spanyol juga telah mengirim bantuan, termasuk pesawat-pesawat pemadam kebakaran.

Lebih dari 570 petugas pemadam kebakaran kini berjuang di Evia, di mana terdapat dua kebakaran besar di bagian utara dan selatan pulau itu (em/ka)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Hari Kelima Yunani Berjuang Memadamkan Kebakaran Hutan
Api menyapu sebuah kota dekat Athena, Yunani, semalam dan ratusan orang dievakuasi dengan feri dari Pulau Evia
Warga Berharap Cuaca Bantu Padamkan Kebakaran Hutan California
Kebakaran hutan tunggal terbesar dalam sejarah California mengancam akan menghanguskan ribuan rumah menjadi abu
0
Ribuan Warga Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Yunani
Ribuan orang pada hari Minggu, 8 Agustus 2021, meninggalkan rumah mereka di Pulau Evia, Yunani, karena kebakaran hutan