Hari Kelima Yunani Berjuang Memadamkan Kebakaran Hutan

Api menyapu sebuah kota dekat Athena, Yunani, semalam dan ratusan orang dievakuasi dengan feri dari Pulau Evia
Api kebakaran hutan berkobar di Limni, Pulau Evia, Yunani, 6 Agustus 2021 (Foto: voaindonesia.com - Sotiris Dimitropoulos/Eurokinissi via Reuters)

Jakarta – Api menyapu sebuah kota dekat Athena, Yunani, semalam dan ratusan orang dievakuasi dengan feri dari Pulau Evia, sementara kebakaran hutan berkobar di Yunani untuk hari kelima, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Di Evia, timur ibu kota, kebakaran yang berawal pada Selasa, 3 Agustus 2021, dengan cepat menyebar ke beberapa bagian, menghanguskan ribuan hektar hutan perawan di bagian utara pulau itu dan memaksa evakuasi puluhan desa.

Lebih dari 400 kebakaran hutan terjadi dalam 24 jam terakhir, dan yang terbesar masih berkobar di Evia, pulau terbesar kedua di Yunani, dan daerah-daerah di wilayah Peloponnese, termasuk Olympia Kuno, tempat Olimpiade pertama.

Yunani dilalap apiYunani dilalap api (Foto: dw.com/id)

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis menyebutnya sebagai “musim panas yang mengerikan.” Dia menambahkan bahwa prioritas pemerintah “adalah, pertama dan terutama, untuk melindungi kehidupan manusia.”

Negara tetangga Turki juga sedang memerangi apa yang dikatakan oleh Presiden Tayyip Erdogan sebagai kebakaran hutan terburuk dalam sejarahnya, dan lima kebakaran masih terjadi di sana hingga Sabtu, 7 Agustus 2021.

Delapan orang tewas dalam kebakaran yang melanda wilayah pesisir barat daya Turki, membakar area puluhan ribu hektar, dan memaksa ribuan penduduk dan turis meninggalkan rumah dan hotel (lt/ft)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Kebakaran Besar Melanda Yunani dan Sekitarnya
Akibat dampak perubahan iklim global kebakaran besar melanda Yunani dan negara-negara di sekitarnya
0
Hari Kelima Yunani Berjuang Memadamkan Kebakaran Hutan
Api menyapu sebuah kota dekat Athena, Yunani, semalam dan ratusan orang dievakuasi dengan feri dari Pulau Evia