Pemerintah Kota Makassar

Ribuan Orang Desak Pelarangan Senjata di Lokasi Syuting Film

Ribuan orang mendesak Hollywood di Amerika Serikat (AS) untuk melarang penggunaan senjata api di lokasi syuting film
Seorang perempuan pegang poster serukan penggalakan keamanan di lokasi syuting film dalam sebuah acara mengenang sinematografer Halyna Hutchins, tewas tertembak aktor Alec Baldwin saat syuting film "Rust" pada 23 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Kevin Mohatt)

Jakarta – Ribuan orang mendesak Hollywood di Amerika Serikat (AS) untuk melarang penggunaan senjata api di lokasi syuting film pada Minggu, 24 Oktober 2021, tiga hari setelah aktor Alec Baldwin menembak mati sinematografer Halyna Hutchins dalam tragedi yang mengejutkan di lokasi syuting. Sinematografer adalah orang yang ahli atau menguasai teknik pengambilan adegan dalam pembuatan film.

Sebuah upacara untuk mengenang Hutchins, 42, diadakan pada Minggu, 24 Oktober 2021. Ia tertembak di bagian dada saat Baldwin menembak sebuah senjata properti dalam syuting film "Rust". Hutchins meninggal dunia tak lama setelah insiden yang terjadi pada Kamis, 21 Oktober 2021, di New Mexico, AS.

Halyna HutchinsFoto yang dirilis oleh sutradara Jack Caswell ini menunjukkan sinematografer Halyna Hutchins di lokasi syuting \'Archenemy\' di Los Angeles, pada 17 Desember 2019 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Sutradara Joel Souza, 48 tahun, yang berada di belakang Hutchins, terluka dan dirawat inap, kemudian diperbolehkan pulang.

Polisi masih menyelidiki insiden itu, yang memicu spekulasi intens di media sosial mengenai bagaimana kecelakaan semacam itu bisa terjadi, meskipun sudah ada protokol keamanan senjata yang ketat di lokasi syuting.

Sebuah petisi di situs change.org telah mengumpulkan lebih dari 15.000 tanda tangan hingga Minggu, 24 Oktober 2021. Petisi itu menyerukan larangan senjata api berpeluru tajam di lokasi syuting dan kondisi kerja yang lebih baik.

"Tak ada alasan sesuatu seperti ini terjadi pada abad ke-21," tulisan petisi yang digagas oleh Bandar Albuliwi, seorang penulis skenario dan sutradara.

Dave Cortese, yang merupakan anggota Partai Demokrat di Senat California, mengeluarkan pernyataan pada Sabtu, 23 Oktober 2021, yang berbunyi bahwa "terdapat keperluan mendesak untuk menanggapi penyalahgunaan dan pelanggaran keamanan di lokasi produksi teater, termasuk kondisi berisiko tinggi yang tak perlu seperti penggunaan senjata api berpeluru tajam."

Ia mengatakan akan mendorong Rancangan Undang-undang yang melarang penggunaan amunisi tajam di lokasi syuting di California.

Sehari setelah insiden itu, drama polisi Los Angeles "The Rookie" langsung melarang semua amunisi tajam dari lokasinya, seperti diberitakan oleh The Hollywood Reporter.

Dilaporkan Baldwin bekerja sama dalam penyelidikan polisi (vm/jm)/AFP/voaindonesia.com. []

Aktor Hollywood Alec Baldwin Tak Sengaja Tembak Mati Sinematografer

Aktor Ini Diancam Cerai Istri Jika Maju Pilkada

Harapan Selebriti Aktor Rob Lowe Untuk Tahun 2021

Eksploitasi Seksual Anak Lewat Film, Netflix Diboikot

Berita terkait
Mengenang Sean Connery di Tempat Syuting Film James Bond
Mengenang langkah Sean Connery, Tagar ajak kembali ke lokasi syuting James Bond sekaligus lokasi wisata dunia.
0
Ribuan Orang Desak Pelarangan Senjata di Lokasi Syuting Film
Ribuan orang mendesak Hollywood di Amerika Serikat (AS) untuk melarang penggunaan senjata api di lokasi syuting film