UNTUK INDONESIA
Review Samsung Galaxy Buds Plus
Samsung merilis earphone wireless generasi terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy Buds Plus pada pertengahan Februari 2020.
Samsung Galaxy Buds Plus. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Jakarta - Samsung merilis earphone wireless generasi terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy Buds Plus pada pertengahan Februari 2020. Perangkat True Wireless Stereo (TWS) terbaru ini merupakan penerus dari Samsung Galaxy Buds generasi pertama yang diklaim hadir dengan sejumlah peningkatan.

Tagar pada pekan ini berkesempatan untuk mencoba earphone nirkabel Samsung Galaxy Buds Plus selama beberapa hari. Lantas, seperti apa kualitas dari Samsung Galaxy Buds Plus ini? Berikut review singkatnya.

Dari segi desain, Samsung Galaxy Buds Plus ini masih mirip dengan generasi pertamanya, di mana terdapat touchpad di sisi samping kedua earphone ini. Kemudian bentuknya yang tidak terlalu besar juga membuat eaphone ini nyaman saat digunakan dalam waktu lama, tidak membuat telinga sakit dan tekstur eartips berbahan karetnya cukup lembut dan nyaman.

Selain itu, Samsung Galaxy Buds Plus ini juga memiliki bobot yang ringan. Dalam paket pembelian, Samsung menyediakan 4 ukuran eartips untuk menyesuaikan ukuran lubang telinga, sehingga saat digunakan untuk aktivitas yang memerlukan banyak gerak, earphone ini tidak mudah lepas.

Samsung Galaxy Buds PlusSamsung Galaxy Buds Plus. (Tagar/Dicky Kurniawan)

Saat digunakan, Samsung Galaxy Buds Plus ini terbilang kedap suara dari luar, sehingga kualitas suara yang dihasilkan cukup baik. Sayangnya, tidak ada fitur noise cancellation di earphone ini, tapi Samsung menghadirkan fitur Ambient Sound. Fitur ini berfungsi untuk bisa mendengarkan suaran dari lingkungan sekitar saat menggunakan earphone.

Tingkatan Ambient Sound tersebut juga dapat diatur melalui pengaturan menu Ambient Sound di aplikasi Galaxy Wearable pada ponsel. Tingkatan tersebut dimulai dari level low, medium, dan high. Pada level low, suara yang dari luar yang terdengar sangat kecil, begitupun sebaliknya, pada level high suara yang terdengar dari lingkungan sekitar cukup besar.

Namun kami menyarankan untuk menggunakan fitur Ambient Sound pada level low atau medium, sebab jika menggunakan di level high, suara yang terdengar dari luar cukup keras dan dapat mengganggu kualitas suara dari earphone tersebut.

Bicara soal kualitas suara, Samsung Galaxy Buds Plus ini mampu menghasilkan audio yang detail dan seimbang saat digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton video. Equalizer suaranya pun dapat diatur melalui pengaturan di aplikasi Galaxy Wearable. Ada beberapa pilihan equalizer, yakni normal, bast boost, soft, dynamic, clear, dan treable boost.

Samsung Galaxy Buds PlusSamsung Galaxy Buds Plus. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Tidak lupa fitur penting dalam earphone nirkabel ini, yakni touchpad. Fitur ini dapat membantu untuk mempermudah pengguna dalam mengganti lagu, memutar dan menjeda lagu, hingga menjawab panggilan telepon. Caranya cukup menyentuh pada sisi samping earphone.

Ketika dipakai untuk mendengar musik, pengguna bisa memutar dan menjeda lagu cukup dengan mengetuk satu kali. Kemudian untuk mengganti lagu selanjutnya cukup mengetuk dua kali dan apabila touchpad diketuk dan ditekan beberapa saat, ada keluar opsi mengatur volume, perintah suara, hingga mengatur ambient sound. Pengguna juga dapat mengkustomisasi ketukan pada touchpad ini melalui pengaturan di aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone.

Earphone ini bisa digunakan saat bermain game, hanya saja suara yang dihasilkan memiliki jeda atau delay. Misalnya saat kami gunakan dalam bermain game PUBG Mobile, suara tembakan yang keluar ada jeda kurang lebih 1 detik saat tombol tembak ditekan. 

Memang kebanyakan earphone nirkabel saat ini memang memiliki jeda atau delay suara saat digunakan untuk bermain game, mungkin ini bisa jadi pertimbangan Samsung untuk dioptimalkan pada TWS generasi selanjutnya.

Samsung Galaxy Buds PlusSamsung Galaxy Buds Plus. (Tagar/Dicky Kurniawan)

Daya Tahan Baterai Mumpuni

Bagaimana dengan ketahanan baterainya? Dalam peluncurannya, Samsung mengklaim bahwa Samsung Galaxy Buds Plus ini dapat digunakan selama 10 jam. Tagar menggunakan earphone ini sekitar 2 jam setiap harinya untuk menonton film dan mendengarkan musik, hasilnya baterai Samsung Galaxy Buds Plus ini dapat bertahan sekitar 6 hari dari kondisi baterai earphone dan casing yang penuh.

Seperti earphone nirkabel lain sejenisnya, casing yang digunakan untuk menyimpan Samsung Galaxy Buds Plus ini memiliki baterai terintegrasi. Artinya, saat earphone disimpan di dalamnya, casing akan melakukan pengisian baterai secara otomatis. Selain itu, casing Galaxy Buds Plus ini juga sudah mendukung pengisian wireless.

Samsung Galaxy Buds Plus ini dibanderol dengan harga Rp 2,3 juta, apakah worth it? Jika Anda mengingikan earphone dengan kualitas suara yang bagus, Samsung Galaxy Buds Plus ini worth it, hanya saja yang perlu menjadi catatan, tidak ada fitur noise cancellation.

Kemudian, Samsung Galaxy Buds Plus ini layak dibeli jika Anda ingin mencari TWS yang memiliki daya tahan baterai yang tahan lama.[]

Samsung Galaxy Buds PlusSamsung Galaxy Buds Plus. (Tagar/Dicky Kurniawan)

Berita terkait
Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A21s
Pembocor gawai Sudhanshu Ambhore menulis sebuah cuitan di akun Twitter miliknya yang mengungkap spesifikasi Samsung Galaxy A21s.
Samsung Galaxy Note 20 Ditenagai Chipset Exynos 992
Samsung kemungkinan akan menyematkan chipset Exynos 992 untuk varian ponsel Samsung Galaxy Note 20.
Samsung Galaxy S21 Hadirkan Kamera di Bawah Layar
Samsung dikabarkan akan memperkenalkan fitur kamera selfie di bawah layar dalam seri Samsung Galaxy S21.
0
Pria Meninggal Jatuh dari Lift Hotel di Yogyakarta
Seorang karyawan hotel di Kota Yogyakarta meninggal diduga terjatuh dari lift.