UNTUK INDONESIA
Resep Ikan Bakar Parape Khas Makassar yang Nikmat
Ini salah satu kuliner khas Makassar yang wajib anda coba jika berkunjung ke daerah tersebut.
Ikan Bakar Parape khas Makassar bisa dinikmati di Bantaeng (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Salah satu ragam kuliner yang terkenal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah Ikan Bakar Parape. Menu ini menyajikan ikan laut yang dibakar kemudian dibalur dengan bumbu dari berbagai rempah. Tampilannya yang hitam pekat tersamar dengan aroma wewangian bumbu parape yang menggugah selera.

Kali ini Tagar menyajikan resep Ikan Parape Khas Makassar. Pertama-tama siapkan bahan dasar yakni ikan laut. Jenis ikan laut yang biasa digunakan antara lain ikan Baronang, Lamuru, Kakap atau Kerapu. Ikan ini kemudian dibakar seperti biasa.

Saya jual tiap hari Senin sampai Sabtu, karena Minggu libur.

Lalu siapkan bumbu parape, yakni bumbu halus ditumis agar berbentuk saos. Diantaranya bawang merah, air asam, gula merah, kecap dan jahe. Setelah semua bumbu halus dicampurkan, tumis sampai mengental. Terakhir balurkan pada ikan bakar dan siap untuk disajikan.

Di Kabupaten Bantaeng, Sulsel kita juga bisa menikmati ikan bakar parape ini. Salah satu penjual lauk pauk menyajikannya. Tempatnya  di bilangan jalan Sungai Bialo, tak jauh dari Polres Bantaeng.

"Saya jual tiap hari Senin sampai Sabtu, karena Minggu libur," kata Bhala, pemilik warung lauk pauk yang menjual ikan bakar parape di Bantaeng, Kamis, 3 September 2020.

Setiap pagi ia membakar 15-20 ekor ikan bakar parape untuk menu pagi. Setiap ekornya pun dipatok harga yang sangat ramah dikantong. Hanya kisaran Rp 13 ribu sampai Rp 15 ribu rupiah saja.

Menu satu ini, kata Bhala, memang paling banyak dicari oleh pelanggannya. Selain bakar parape, Bhala juga menjual menu khas Makassar lainnya seperti ikan masak Pallu Mara. []

Berita terkait
Acara Bakar Ikan Berujung Maut di Pangkep Sulsel
Keponakan tikam paman hingga tewas di Kabupaten Pangkep Sulsel, ia ditikam saat sedang acara bakar-bakar ikan. Ini kronologinya.
Banting Setir ke Bisnis Kuliner Akibat Pandemi
Pandemi Covid-19 membuat sebagian orang menjadi lebih kreatif, termasuk membuka usaha kuliner yang dijual dengan sistem pre order
Tahu Kecap, Kuliner Malam Legendaris Khas Kudus
Tahu kecap. Namanya sederhana. Namun cita rasanya tak kalah dengan kuliner legendaris lain di Kudus.
0
BNI Syariah Luncurkan KUR Syariah Rp 700 Miliar
PT Bank BNI Syariah secara resmi ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan KUR Syariah guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional