UNTUK INDONESIA
Relawan KPN Salurkan Bantuan Korban Longsor di Bogor
KPN bersama IKA ITS Surabaya dan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) memberi bantuan korban longsor di Bogor.
Foto: KPN

Bogor – Organ relawan Jokowi dari Komite Penggerak Nawacita (KPN) bersama Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Surabaya dan Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) menyalurkan bantuan kepada para korban terdampak bencana di Jabodetabek dan Lebak Banten. Memasuki hari ke 18 pasca terjadinya bencana, sejumlah wilayah telah disasar tim relawan KPN Peduli Bencana dalam penyaluran bantuan tersebut. 

Kali ini, Sabtu, 18 Januari 2020, KPN Peduli Bencana kembali melakukan penyaluran di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya yang merupakan salah satu titik bencana terparah. Sejumlah kampung di Desa Cileuksa diketahui masih terisolir akibat beberapa akses jalan masih tertimbun longsoran tanah.

KPNFoto: KPN

Adapun tujuan pertama yang disambangi tim relawan untuk menyalurkan bantuan adalah Kampung Cipugur yang masih berada di wilayah Desa Cileuksa. Di lokasi ini terdapat posko pengungsian warga terdampak bencana tanah longsor dari Kampung Ranca Nangka.

Posko pengungsian tersebut diinformasikan menampung 700 jiwa dari 194 KK yang terdata. Jumlah pengungsi ini berasal dari Kampung Ranca Nangka yang menjadi wilayah terdampak bencana parah akibat diterjang tanah longsor pada awal pergantian tahun.

Rumah-rumah di Kampung Ranca Nangka yang terletak di kaki Gunung Halimun itu rata dengan tanah, hanya dua rumah yang masih terlihat, itu pun rusak parah. Bencana tanah longsor itu menghancurkan sepenuhnya kampung tersebut, dan kini ditinggal pergi penghuninya.

KPNFoto: KPN

Perwakilan KPN Shane M Hasibuan dari Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) mengatakan, penyaluran bantuan masih dilakukan pihaknya karena ada beberapa titik yang belum mereka sambangi. Berdasarkan informasi simpul KAPT Bogor Raya warga terdampak bencana membutuhkan sejumlah bantuan untuk bertahan hidup akibat akses jalan yang masih sulit dilalui.

“Berdasarkan laporan dari simpul kami, ada beberapa lokasi terdampak bencana yang warganya masih membutuhkan bantuan, termasuk di wilayah Desa Cileuksa ini. Hari ini selain KPN, hadir juga kawan-kawan dari IKA ITS yang turut menyumbangkan bantuan bersama kami,” tutur Shane di lokasi penyaluran bantuan.

“Tak lupa juga ucapan terima kasih untuk kawan-kawan dari PWRI Bogor yang ikut mendampingi kami dalam menyalurkan bantuan hingga sampai lokasi tujuan,” katanya.

Shane menambahkan, selain di Desa Cileuksa, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan ke lokasi terdampak bencana yang ada di wilayah Desa Pasir Madang dan dan Desa Sukajaya. Tak hanya itu lokasi bencana di Tenjo dan Jasinga serta Lebak Banten akan mereka sambangi pula untuk menyalurkan bantuan.

Pada kesempatan yang sama, M januar Firmansyah menyampaikan penyaluran bantuan dari KPN Peduli Bencana telah dilakukan sejak 1 Januari 2020. Sejumlah titik lokasi bencana di wilayah Jabodetabek dan Lebak Banten juga telah mereka sambangi untuk menyalurkan bantuan tersebut.

“Sejak beredarnya informasi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek dan Lebak Banten pada 1 Januari lalu, kami dari KPN langsung merespon kejadian tersebut dengan sesegera mungkin mengirimkan bantuan ke lokasi bencana yang masih bisa kita jangkau saat itu. Sejak saat itu sejumlah donatur maupun instansi mempercayakan kami untuk bersinergi dalam menggalang dan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak bencana,” ujar Januar.

Menurut Januar, selain penyaluran bantuan pihaknya juga mendirikan beberapa posko bantuan di sejumlah titik lokasi terdampak bencana yang tersebar di wilayah Jakarta dan Bogor untuk mempermudah penyaluran bantuan.

“Tak hanya penggalangan dan penyaluran, KPN juga membuka posko bantuan bencana di Kabupaten Bogor, Guji Baru Duri Kepa dan di Rawajati, Kalibata Pancoran Jakarta Selatan,” ucap Januar yang juga Koordinator AMIN KAPT.

KPNFoto: KPN

Januar mengatakan apa yang dilakukan pihaknya ini tak lepas dari rasa peduli sesama anak bangsa. Ia pun mengucapkan rasa terima kasih atas donasi dan kerja sama pihak-pihak yang selama ini punya andil besar dalam terlaksananya kegiatan KPN Peduli Bencana.

“Apa yang KPN lakukan ini bentuk kepedulian kami sebagai anak bangsa dan organ relawan terhadap penderitaan saudara sebangsa yang tengah mengalami cobaan musibah. Kami berharap apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita agar tetap tegar dalam menjalani cobaan ini,” kata Januar.

“Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang punya andil besar dalam terlaksananya KPN Peduli Bencana. Semoga kebaikan selalu bersama kita semua,” kata Januar. []


Berita terkait
IKA ITS dan KPN Bantu Korban Banjir dan Longsor di Bogor dan Banten
IKA ITS Surabaya dan relawan Komite Penggerak Nawacita (KPN) salurkan bantuan untuk korban banjir dan tanah longsor di Bogor dan Banten.
Seknas Jokowi dan KPN Bantu Korban Banjir di 27 Titik
Seknas Jokowi dan Komite Penggerak Nawacita (KPN) menyalurkan bantuan kepada korban banjir di daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
PTPN XI Bantu Korban Banjir dan Longsor di Bogor dan Banten
PTPN XI memberi bantuan untuk warga yang terkena dampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Lebak, Banten.
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.