UNTUK INDONESIA
Rekomendasi Buah yang Wajib Dimakan Ketika Musim Hujan
Rekomendasi buah-buahan yang cocok untuk dinikmati ketika musim hujan.
Buah-buahan yang cocok dinikmati ketika musim hujan. (Tagar/Pixabay)

Jakarta – Saat musim hujan tiba sering kali virus penyakit sangat mudah untuk singgah di tubuh kita, hal ini dikarenakan cuaca dingin dan juga imun kita yang melemah ketika musim hujan, apalagi di tengah pandemi seperti ini, disarankan memakan makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran.

Berikut kami sajikan jenis-jenis buah yang sangat nikmat untuk di makan ketika musim hujan :

Pepaya

Pepaya sangat baik dikonsumsi secara rutin. Buah berwarna oranye ini mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuhmu dan melawan virus. Baiknya lagi, pepaya juga kaya serat untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah ini mudah didapatkan, karena berbuahnya tidak mengenal musim, harganya pun murah meriah.

Apel

Sama seperti pisang, buah bulat ini gak cuma ada satu jenis. Ada fuji, granny smith, manalagi, Washington, royal gala, dan golden delicious.

Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas. Selain itu, juga dapat memperkuat sistem imunitas tubuh supaya tidak mudah sakit. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari flu dan radang tenggorokan selama musim hujan.

Delima

Delima mengandung kalium dan vitamin C. Semuanya berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Baiknya lagi, kandungan vitamin C-nya cukup tinggi, sehingga mampu melawan berbagai virus yang bertebaran saat musim hujan.

Pir

Buah pir juga sangat baik dikonsumsi saat musim hujan. Pasalnya, setiap 100 gram buah pir mengandung 4,3 miligram vitamin C, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain vitamin C, terdapat pula antioksidan untuk membantu melawan berbagai penyakit.

Pisang

Jenisnya banyak, ada cavendish, raja, kepok, susu, dan lain-lain. Semuanya mengandung vitamin A, B6, dan C untuk menjaga daya tahan tubuh. Dengan adanya vitamin C, produksi sel darah putih menjadi lebih lancar. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh jadi semakin baik.

Kiwi

Buah khas New Zealand ini ternyata sangat baik dikonsumsi secara rutin, terutama saat musim hujan. Kadar vitamin C-nya lebih tinggi dibandingkan jeruk, sehingga bisa menjaga pertahanan sistem imun tubuh. Sama halnya dengan pepaya, kiwi dikenal kaya serat yang bisa mencegah sembelit.

Leci

Kalau rutin mengonsumsi buah asam ini, tubuh akan memiliki kemampuan melawan infeksi. Tak hanya itu, buah ini bisa mencegah radikal bebas yang berbahaya ketika musim hujan.

Persik

Mengonsumsi buah persik bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya bisa memperbaiki sistem daya tahan tubuh yang sedang buruk. Spesialnya lagi, buah ini sangat rendah kalori, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Semangka

Buah segar ini bisa dinikmati tanpa mengenal musim. Kandungan mineral dan vitaminnya sangat tinggi. Terdapat pula likopen yang bisa mencegah terjangkitnya penyakit dan infeksi dalam tubuh. Selain itu, zat glutathione dalam semangka bisa memperkuat sistem imun, lho.

Jeruk

Buah oranye ini menjadi salah satu sumber utama vitamin C. Daya tahan dan sistem imun pada tubuh menjadi lebih kuat kalau kita mengonsumsinya. Namun, jangan mengonsumsi secara berlebihan, karena serat yang berlebih bisa menyebabkan diare dan mual. Makanlah buah ini dalam jumlah yang cukup. []

Baca juga: 

Berita terkait
Begini Tips Memilih Keluak yang Baik untuk Membuat Rawon
Tips-tips memilih keluak yang baik dan benar untuk membuat rawon khas Jawa Timur.
Bubur Hingga Jus, Olahan Daun Pepaya Tangkal Demam Berdarah
Daun pepaya sudah dari turun temurun digunakan nenek moyang mengobati beragam penyakit, termasuk demam berdarah.
Daun Pepaya, Cara Ampuh Cegah dan Hilangkan Demam Berdarah
Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, membantu melawan penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD).
0
Rekomendasi Buah yang Wajib Dimakan Ketika Musim Hujan
Rekomendasi buah-buahan yang cocok untuk dinikmati ketika musim hujan.