Rekomendasi 7 Negara untuk Destinasi Liburan Pertama Kali

Cocok dikunjungi untuk yang bermimpi traveling ke luar negeri dan sedang merencanakan liburan.
Ilustrasi traveling. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Traveling ke luar negeri adalah sebuah kesempatan untuk mengenal tempat dan budaya baru. Setiap negara di dunia pastinya memiliki keanekaragaman tempat wisata yang memiliki keunggulan dan keseruan masing-masing. Untuk kamu yang bermimpi jalan-jalan ke luar negeri dan sedang merencanakan liburan, ada 7 negara yang direkomendasikan untuk dikunjungi pertama kali.


1. Singapura

Negara yang beradal di ujung Semenanjung Malaya ini luasnya memang tak lebih besar dari DKI Jakarta, tapi menjadi negara-kota kosmopolitan yang paling maju dan teratur di Asia Tenggara. Meski kecil, Singapura punya sejumlah tempat-tempat seru untuk dikunjungi, contohnya, Merlion Park yang ikonik, Universal Studios, serta Sentosa Islands.

Buat kamu yang bujetnya mepet pun, traveling ke Singapura masih sangat terjangkau untuk kantongmu. Apalagi, didukung oleh direct flight dari Indonesia yang kadang tiket promonya murah tak ketulungan, membuat Singapura layak kamu gagahi pertama kali saat memutuskan untuk traveling ke luar negeri.


2. Malaysia

Negara ini memang kadang suka bersitegang dengan Indonesia, misalnya gara-gara mengklaim reog yang jelas-jelas asli Ponorogo, atau niat untuk mengganti TKI dengan robot tukang pel. Tapi, Malaysia adalah salah satu negara tetangga yang menarik untuk kamu kunjungi pertama kali. Negeri jiran ini punya tempat-tempat wisata dan marka tanah yang oke punya untuk foto-foto, kayak menara kembar Petronas, Wisata Bukit Bintang, dan Menara Kuala Lumpur.

Lagipula, kamu juga tak perlu fasih berbahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan warga lokal yang bahasanya masih serumpun dengan Indonesia. Cukup rajin-rajin menyaksikan tayangan Upin-Ipin di televisi, niscaya kamu pun mampu berkomunikasi dengan mereka. 

3. Thailand

Kenapa memilih Negeri Gajah Putih ini? Soalnya, Thailand adalah salah satu destinasi favorit buat kalangan backpacker yang mengedepankan traveling dengan dana terbatas. Tempat wisata alam maupun budayanya jelas gak kalah indah dari Indonesia, menjadikan Thailand secuil surga Asia Tenggara.

Siapa yang gak kenal Krabi yang serupa Raja Ampat, Phuket, dan Pattaya? Grand Palace serta pagoda-pagodanya juga luar biasa eksotis, pasti bikin kamu jatuh cinta, deh. Lagipula, katanya untuk berlibur di Bangkok selama 3 hari 2 malam, kamu cukup menghabiskan 2 juta aja. Memang sih, bahasa dan tulisan di sini cukup sulit dimengerti, tapi kamu punya keunggulan lain: tampangmu mirip warga lokal.

4. Vietnam

Kawasan Asia Tenggara jadi tujuan traveling bule-bule karena nilai mata uang negara-negara di Asia Tenggara lebih rendah dari negara-negara Eropa dan Amerika. Jadi, bagi mereka, harga-harga di sini tuh murah banget. Makanya, mereka yang tak begitu kaya di negara asalnya pun bisa traveling lama di Asia Tenggara.

Nah, kamu juga bisa ikut “sedikit” merasakan keunggulan seperti itu dengan mengunjungi Vietnam. Per 4 maret 2015, nilai 1 rupiah sama dengan 1,64 dong Vietnam. Jadi, liburanmu akan terasa murah meriah. Lagipula, Vietnam juga punya sejumlah destinasi wisata yang eksotis kok, seperti Ha Long Bay dan Pulau Phu Quoc.

5. Australia

Negara yang menempati benua terkecil di dunia ini adalah salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi saat pertama kali ke luar negeri. Sebagai negara maju, Australia didukung sarana dan prasarana yang mumpuni, serta tempat-tempat wisata yang menarik dan tentunya berbeda dari yang kamu temukan di Indonesia.

Yang menarik, kamu bisa jalan-jalan sembari bekerja dengan visa khusus yang disebut dengan Work and Holiday Visa atau WHV yang pernah Hipwee singgung sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa membiayai sendiri perjalananmu dengan hasil keringatmu dari bekerja kasual selama di Aussie, bahkan membawa pulang uang ke Indonesia.

6. Jepang

Sudah sejak lama produk-produk budaya dari Negeri Sakura ini menjamah Indonesia. Siapa yang tak kenal Doraemon, Kamen Rider, komik-komik manga yang menemani kita tumbuh dewasa, sampai budaya cosplay? Bahkan, kita punya sejarah kelam di zaman perang.

Budaya masyarakat Jepang memang memikat anak-anak muda di Indonesia, makanya, tak ada salahnya menjadikan Jepang sebagai negara yang kamu singgahi pertama kali saat traveling ke luar negeri. Kapan lagi kamu bisa menjamahi bunga sakura, salju, dan bercengkerama dengan masyarakatnya yang punya budaya yang terpuji?


7. Arab Saudi

Jika ibadah adalah tujuan utamamu traveling, kenapa tak menjadikan Arab Saudi sebagai destinasi luar negeri pertamamu? Genapkan imanmu dengan beribadah umroh ke Tanah Suci di Mekkah, di mana kamu bisa mengelilingi Ka’bah dan mencium langsung Hajar Aswad. Usai menunaikan ibadah umroh di Masjidil Haram, kunjungi juga tempat-tempat wisata yang menarik di sana, antara lain Jabal al-Lawz yang berada di ketinggian 2.580 mdpl, serta Jabal Magnet yang menjadi daya tarik karena fenomena pertentangan gravitasinya.


Berita terkait
14 Tips untuk Melakukan Solo Travel
Rasa takut pasti ada, tapi itu harus dibuang jauh-jauh atau Anda tak akan pernah memulainya.
Malaysia Mulai Buka Tempat Wisata dengan Prokes Ketat
Bisnis di tujuan wisata Malaysia bersiap menyambut kembalinya wisatawan minggu ini karena negara itu mengambil langkah awal menuju pemulihan
Pariwisata di Berlin Bangkit Lagi di Penghujung Musim Panas
Hotel, restoran, dan tempat budaya sebagian besar tetap tutup di Berlin, tapi mulai ada tanda-tanda pemulihan, sejak lockdown diperlonggar
0
Ibu Hamil Harus Pahami Ini Jika Ingin Melahirkan di Rumah
Apakah melakukan home birth di tengah pandemi Covid-19 merupakan pilihan yang lebih baik?