14 Tips untuk Melakukan Solo Travel

Rasa takut pasti ada, tapi itu harus dibuang jauh-jauh atau Anda tak akan pernah memulainya.
Ilustrasi solo travel. (Foto: Tagar/Usplash)

Berpergian sendirian untuk berwisata ke suatu tempat atau solo traveler tentu sangat menantang, apalagi jika ini menjadi pengalaman pertama Anda. Rasa takut pasti ada, tapi itu harus dibuang jauh-jauh atau Anda tak akan pernah memulainya.

Solo traveler adalah cara yang sangat berbeda untuk mengalami tempat, orang, dan budaya baru, dan Anda dapat belajar banyak tentang diri Anda dalam prosesnya. Memang sulit dan terkadang kesepian, tetapi secara keseluruhan, ini adalah cara yang luar biasa untuk berefleksi dan meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu dengan cara Anda, bagaimana dan kapan Anda mau melakukannya? 

Jika Anda merencanakan petualangan sendirian, ini beberapa tips untuk menjadikannya perjalanan terbaik yang pernah ada, dilansir dari Popsugar.


1. Rencanakan perjalanan Anda sebelumnya

Berikan salinan rencana perjalanan kepada seseorang di rumah sehingga orang tersebut tahu di mana Anda akan berada pada waktu tertentu. Jadwalkan set check-in dengan teman atau anggota keluarga.


2. Pilih tempat tinggal Anda dengan hati-hati

Terutama jika Anda tinggal di hostel, berselancar di sofa, atau menyewa Airbnb, Anda harus memilih tempat berdasarkan ulasan bagus dan situs web transparan.

3. Kemas lebih ringan

Karena Anda tidak memiliki bantuan ekstra untuk membantu Anda membawa tas dari satu tempat ke tempat lain, kemas lebih ringan barang bawaan Anda untuk agar mobilitas Anda saat perjalanan lebih leluasa.


4. Ikuti tur jalan kaki di kota tempat Anda berada.

ketika Anda pertama kali tiba, cobalah untuk mengikuti tur jalan kaki di kota sehingga Anda mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang lingkungan Anda, yang akan membuat berkeliling jauh lebih mudah untuk sisa perjalananmu.


5. Bawalah charger portabel

Hindari menemukan diri Anda di tempat atau situasi yang tidak dikenal tanpa ada cara untuk keluar darinya. Pastikan Anda memulai hari dengan telepon yang terisi penuh dan menyimpan cadangan pengisi daya portabel setiap saat.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Baru Rembang di Masa Pandemi

6. Bertemu orang baru.

Saat Anda bersama orang lain, mudah untuk berinteraksi hanya dengan pasangan atau grup Anda. Saat bepergian sendirian, bersikaplah terbuka untuk bertemu orang baru sehingga Anda memiliki teman di sepanjang perjalanan.


7. Hadirkan hiburan

Setidaknya beberapa waktu, Anda akan makan sendirian, menggunakan transportasi sendirian, dan berkeliling ke tempat-tempat baru sendirian. Pastikan Anda memiliki buku yang bagus, beberapa novel dimuat di Kindle Anda, dan musik perjalanan favorit Anda diunduh ke ponsel Anda. Gunakan aplikasi atau buku bahasa untuk mengambil frasa dalam bahasa utama lokasi Anda, atau gunakan buku panduan untuk merencanakan petualangan Anda berikutnya.


8. Waspadai lingkungan Anda

Wisatawan lajang lebih mudah ditargetkan, jadi bepergianlah dengan cerdas. Simpan uang Anda di tempat yang aman, dan selalu waspadai sekeliling Anda - terutama di malam hari. Cari tahu juga tentang lingkungan yang akan Anda tinggali dan kunjungi.

Baca Juga : https://www.tagar.id/7-wisata-alam-terbentuk-dari-letusan-gunung-berapi

9. Ambil inisiatif untuk memperkenalkan diri

Jika Anda ingin bertemu orang baru, ambillah inisiatif untuk memperkenalkan diri kepada orang yang Anda temui, dan bersiaplah untuk mengambil sikap "ikuti arus" jika Anda terhubung dengan mereka untuk acara apa pun selama perjalanan Anda. Tantang diri sendiri untuk mencoba aktivitas, makanan, minuman, dan merasakan pengalaman yang belum pernah Anda alami sebelumnya.


10. Jangan memamerkan fakta bahwa Anda sendirian

Berhati-hatilah saat memberi tahu orang asing bahwa Anda bepergian sendirian, ini demi keamanan.


11. Terimalah bahwa terkadang itu akan luar biasa, dan terkadang itu akan sulit

Meskipun bepergian sendiri pasti ada keuntungannya (Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau!), Bersiaplah untuk beberapa ketidaknyamanan di sepanjang perjalanan yang mungkin tidak biasa Anda lakukan hanya dengan bepergian dengan orang lain. Terkadang Anda mungkin merasa kesepian, tetapi jika Anda melakukannya, itulah alasan yang tepat untuk keluar dan bertemu dengan sesama pelancong atau penduduk setempat.


12. Simpan alamat tempat Anda menginap setiap saat

Jika Anda tersesat atau berakhir di suatu tempat yang tidak Anda inginkan, mintalah salinan dari tempat Anda menginap agar - terutama jika Anda tidak bisa berbicara bahasanya. Anda dapat menunjukkan kepada supir taksi, yang akan dapat membawa Anda ke tempat yang Anda tuju. 

Baca Juga : Svarga Bumi Magelang, Wisata Spot Foto Tengah Sawah

13. Jadilah petualang

Anda harus mengambil keputusan, jadi jangan takut untuk keluar dari jalur yang biasa dan mencoba sesuatu yang mungkin tidak akan Anda lakukan jika Anda bepergian dengan orang lain.


14. Beri diri Anda waktu untuk merenung

Jarang sekali kita memiliki waktu sepenuhnya untuk diri kita sendiri untuk berpikir dan mengambil segala sesuatu. Wisata sendiri adalah kesempatan sempurna untuk pergi dengan kecepatan Anda sendiri, menikmati momen, dan mengalami segala sesuatu dengan cara yang unik. []

Berita terkait
Tiga Tempat Wisata Keren di Cimahi Jawa Barat
wilayah Jawa Barat terkenal dengan sejuta panorama alamnya yang menakjubkan. Salah satunya di Cimahi.
5 Tempat Wisata Hits di Surabaya, Ada Resto di Kapal Pesiar
Selain mall dan monumen militer, Surabaya menyimpan banyak destinasi wisata yang tak kalah hits lho.
6 Rekomendasi Tempat Wisata di Likupang, Sulawesi Utara
Berikut enam rekomendasi surga wisata yang terletak di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, dengan harga terjangkau.
0
4 Mitos Tentang Buah Durian dan Jawabannya
Tidak semua informasi tentang durian itu benar. Sebagian di antaranya hanya mitos yang tak perlu dipercaya.