UNTUK INDONESIA
Rekam Jejak Akting Tara Basro Hingga Film Gundala
Tagar merangkumkan rekam jejak lima judul film yang turut melambungkan nama Tara Basro termasuk Gundala.
Tara Basro di acara Gala Premier Gundala. (Foto: Instagram/Tarabasro

Jakarta - Nama aktris Tara Basro kian menjadi sorotan seusai dipercaya memerankan tokoh Wulan alias Merpati dalam epos superhero besutan sutradara Joko Anwar, Gundala.

Alumni Gadis Sampul 2005 ini sejatinya telah memulai karier beraktingnya sejak 2011. Rekam jejak perfilmannya dimulai saat berperan sebagai Putri di film Catatan (Harian) Si Boy.

Hingga tahun 2019, pemilik nama lengkap Andi Mutiara Pertiwi Basro itu setidaknya telah bermain dalam 15 judul film dan 4 judul sinema televisi dan meraih dua penghargaan film nasional bergengsi.

Berikut Tagar rangkumkan lima judul film yang turut melambungkan nama Tara Basro.

Catatan (Harian) Si BoyPoster Catatan (Harian) Si Boy. (Foto: 700 Pictures) 

1. Catatan (Harian) Si Boy

Catatan (Harian) Si Boy adalah film drama Indonesia garapan sutradara Putrama Tuta. Film yang dirilis pada 1 Juli 2011 ini turut melambungkan nama Tara Basro lantaran sebagai debut kariernya di dunia perfilman, ia telah berkesempatan bekerja bersama aktor dan aktris senior seperti Ario Bayu, Carissa Putri, Poppy Sovia, Didi Petet, Roy Martin dan Onky Alexander.

Meski perannya sebagai Putri belum terlalu mendapat porsi yang signifikan, film berdurasi 98 menit ini berhasil melejitkan nama Tara. Bahkan, ia berhasil masuk nominasi sebagai Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Terfavorit di ajang Indonesian Movie Awards 2012.

Make MoneyPoster Make Money (Foto: Bamboom) 

2. Make Money

Setelah sempat bermain di beberapa judul film seperti Rumah dan Musim Hujan (Hoax) dan Hi5teria pada tahun 2012, nama Tara kian dikenal publik saat bermain di film Make Money pada tahun 2013. Perempuan kelahiran jakarta, 11 Juni 1990 itu mendapat porsi pemeran pendamping dan beradu akting dengan komedian yang saat itu sedang naik daun, Pandji Pragiwaksono.



3. A Copy Of My Mind

Berperan sebagai Sari dan beradu akting dengan aktor tampan Chicco Jerikho, film A Copy Of My Mind benar-benar menjadi titik balik karier dunia seni peran Tara Basro.

Bukan hanya sukses didapuk sebagai pemeran utama wanita, ia juga berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari dua ajang berbeda, yakni Pemeran Utama Wanita Terbaik di Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2015 dan Usmar Ismail Awards 2016.

Film bahan diikutsertakan pula di ajang Venice Film Festival 2015 dan Toronto International Film Festival 2015.

Film Pengabdi SetanFilm Pengabdi Setan. (Gambar: Ist) 4. Pengabdi Setan

Bermain lagi sebagai bintang utama, nama Tara Basro kian terkenal di dalam negeri. Pasalnya, Pengabdi Setan didapuk sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa dengan raihan jumlah penonton mencapai 2,8 juta lebih hanya dalam waktu 18 hari penayangan.

Tak hanya di Indonesia, nama Tara Basro juga kian harum di dunia internasional, lantaran selain mengikuti berbagai ajang festival film kelas dunia, film karya sutradara Joko Anwar itu juga ditayangkan di berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Polandia dan negara-negara di Amerika Latin.

GundalaPoster Film Gundala. (Foto: Bumi Langit Studio) 5. Gundala

Untuk kesekian kalinya, Tara Basro dipercaya lagi oleh sutradara Joko Anwar bermain sebagai bintang utama. Berperan sebagai Wulan di film Gundala, model cantik ini kembali sukses membuat penonton memalingkan muka ke arahnya.

Gundala sendiri adalah epos pembuka rangkaian film di Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe yang meliputi film-film tokoh pahlawan super yang diadaptasi dari komik-komik superhero asli Indonesia seperti Sri Asih, Godam & Tira, Si Buta Dari Gua Hantu, Patriot Taruna, Gundala Putra Petir, Patriot dan Mandala: Golok Setan.

Tara Basro diprediksi masih akan bermain lagi di film-film lanjutan Jagat Sinema Bumilangit. Pasalnya, jika melongok versi komik, karakter Wulan merupakan sosok superhero Merpati yang memiliki kemampuan terbang dan mencari arah. Kelak dalam perjalanannya, Merpati akan menikah dengan Gundala. []

Berita terkait
Curhat Muzakki Ramdhan, Sancaka Kecil di Film Gundala
Muzakki Ramdhan, pemeran Sancaka Kecil di Film Gundala curhat mengenai proses syuting epos superhero karya sutradara Joko Anwar itu.
Tayang Hari Ini, Ada Post Credit Scene di Film Gundala
Seperti MCU, Film Gundala sebagai pembuka Jagat Sinema Bumilangit menampilkan post credit scene di penghujung cerita.
Perbedaan Target Penonton Film Gundala vs Joker
Selain perbedaan karakter baik dan jahat pada keduanya, Film Gundala dan Joker juga memiliki perbedaan pangsa pasar anak-anak dan dewasa.
0
Petugas Temukan Sabu Campur Garam di Rutan Makassar
BNNP Sul-Sel dan Polri menemukan sejumlah sachet sabu campur garam dalam Inspeksi Mendadak (Sidak) di Rutan Klas I Makassar Jumat kemarin.