UNTUK INDONESIA
Reaksi Sri Mulyani Disebut SBY di Kasus Jiwasraya
Menkeu Sri Mulyani disebut dalam sikap Presiden ke-6 Indonesia SBY terhadap dugaan korupsi di Jiwasraya. Apa reaksinya?
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan paparan dalam rapat kerja dengan Komite IV DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani disebut dalam sikap Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di media sosial. Menanggapi hal itu Sri memilih bungkam.

Ditemui usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 28 Januari 2020, Sri tak memberikan respons ketika ditanya.

Sri hanya diam kemudian melempar senyum sambil berjalan menghindari wartawan. Meski diberondong pertanyaan hingga duduk di kendaraannya, dia tetap enggan memberikan tanggapan.

SBYKetua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato pada Refleksi Pergantian Tahun Partai Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019). (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Sebelumnya SBY memberikan tanggapan terkait pandangannya soal perkembangan kasus dugaan korupsi di Jiwasraya. SBY mengutarakannya lewat akun Facebook miliknya secara panjang lebar.

Dia mengaku mendalami alasan sejumlah sosok yang menginginkan Panitia Khusus (Pansus) untuk menyelidiki masalah Jiwasraya. Namun, dia mendapati dugaan keganjilan. SBY menyebut ada dugaan menjatuhkan sejumlah menteri lewat parleman dalam isu rasuah di perusahan asuransi berpelat merah tersebut.

Adapun nama menteri yang disebut SBY adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Ada yang 'dibidik dan harus jatuh' dalam kasus Jiwasraya ini. Menteri BUMN yang lama, Rini Sumarno harus kena. Menteri yang sekarang Erick Thohir harus diganti. Menteri Keuangan Sri Mulyani harus bertanggung jawab. Presiden Jokowi juga harus dikaitkan," tulis SBY dalam akun resmi Facebooknya pada Senin 27 Januari 2020. []

Berita terkait
Kasus Jiwasraya, SBY: Kenapa Saya Dipersalahkan?
Susilo Bambang Yudhoyono mengaku merasa tak terusik ketika Presiden Jokowi menyatakan permasalahan Jiwasraya sudah terjadi sejak 10 tahun lalu.
Sengkarut Jiwasraya, Taspen Malah Untung Rp 388 M
Berbeda dengan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang berpotensi merugikan negara hingga Rp 13,7 triliun 2019, PT Taspen berhasil untung.
DPR Pertanyakan Aktor Intelektual Kasus Jiwasraya
Ketua Komisi III DPR Herman Heri mempertanyakan siapa aktor intelektual dibalik kasus korupsi Asuransi Jiwasraya.
0
Pria 78 Tahun Tewas Disambar Kereta Api di Siantar
Pria tua ewas usai disambar kereta api tidak jauh dari palang pintu perlintasan di Jalan Patuan Anggi, Kota Pematangsiantar.