UNTUK INDONESIA
Rawan Kecelakaan di Kudus, Hati-hati saat Lewati Jalan Ini
Jalan Kudus - Pati Km 10 ditetapkan sebagai black spot oleh Satlantas Polres Kudus. Di jalan tersebut kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.
Kecelakaan beruntun melibatkan tiga kendaraan di Jalan Kudus - Pati beberapa waktu lalu. Satuan Lalu Lintas Polres Kudus menetapkan jalan tersebut sebagai black spot atau kawasan rawan kecelakaan. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kudus melakukan pemetaan titik rawan kecelakaan di wilayah hukumnya. Jalan Kudus - Pati Km 10, masuk wilayah Desa Terban, Kecamatan Jekulo merupakan black spot atau kawasan rawan kecelakaan di Kota Kretek. 

Kawasan rawan kecelakaan di jalan tersebut membentang sepanjang 500 meter, mulai dari Jembatan Terban hingga ke PT Pura Agro Mandiri.

Dari data tahun 2019 diketahui dalam setahun ada sembilan kali kasus kecelakaan yang terjadi di sana.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas Satlantas Polres Kudus Inspektur Polisi Dua Firman Abit Prasetya membenarkan Jalan Kudus - Pati Km 10 ditetapkan sebagai black spot. Penetapan ini didasari banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi di kawasan tersebut.

"Dari data tahun 2019 diketahui dalam setahun ada sembilan kali kasus kecelakaan yang terjadi di sana," ujarnya saat dikonfirmasi Tagar, Kamis, 15 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Firman menyebut tingginya kasus kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut, karena jalan di kawasan tersebut memiliki kontur yang sedikit menikung, naik dan kurang pencahayaan.

Terlebih di kawasan tersebut banyak berjajar perusahaan-perusahaan besar. Sehingga aktivitas lalu lintas di jalan tersebut cukup padat, utamanya pada jam-jam berangkat atau pulang kerja.

Baca juga: 

Untuk itu, Firman mengimbau masyarakat pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintas di kawasan rawan kecelakaan. Seperti menyalakan lampu utama motor, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, mengurangi kecepatan, tidak berkendara dalam keadaan mengantuk dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara.

Terkait kurangnya pencahayaan di kawasan tersebut, Firman mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus.

"Sudah kami koordinasikan dengan Dishub. Hanya saja, rencana perbaikan masuk di anggaran 2021," tutur dia. []

Berita terkait
Tabrak Truk Parkir di Kudus, Pemotor Asal Jepara Meninggal
Seorang pemotor asal Jepara meninggal dunia di tempat usai menabrak truk parkir di Jalan Kudus - Pati, Jekulo, Kudus.
Kecelakaan di Tikungan Piji Kudus, Pemotor Meninggal
Kawasaki KLX versus mobil pikap di tikungan Piji, Kudus, menyebabkan pemotor meninggal di tempat.
Kronologi Kecelakaan Karambol di Jalur Pantura Kudus
Kecelakaan beruntun melibatkan tiga kendaraan, yakni dua truk dan satu mobil terjadi di Jalan Pantura Kudus, Jawa Tengah, Minggu, 30 Agustus 2020.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.