UNTUK INDONESIA
Rapidin dan Akhyar Sumbang Hewan Kurban untuk PDIP
Dua kader PDIP Sumut, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution ikut melakukan kurban di hari Raya Idul Adha.
Pelaksana Ketua DPD PDIP Provinsi Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat.(Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Seluruh kepala daerah maupun anggota DPR RI, provinsi maupun kabupaten dan kota dari PDIP akan melakukan kurban di hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020. Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution bahkan ikut menyumbangkan hewan kurban.

Nantinya, hewan kurban yang disembelih akan dibagikan kepada seluruh umat Islam, sebagai tanda ketundukan manusia kepada tuhannya.

Pelaksana Ketua DPD PDIP Provinsi Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat mengatakan itu kepada awak media melalui pesan WhatsApp, Senin, 20 Juli 2020.

"Rasa suka cita pada hari yang sering juga disebut hari raya kurban, ini juga dirasakan oleh keluarga besar PDIP di Sumatera Utara. Karena itu, DPD PDIP Sumut melalui tiga pilarnya, yaitu struktur partai, eksekutif dan legislatif bergotong royong berkurban, seperti lembu maupun kambing. Nantinya, menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban dilakukan, dan selanjutnya dibagikan kepada kader-kader partai dan masyarakat di daerah masing-masing," kata Djarot.

Anggota DPR RI ini menyebut bahwa PDIP adalah institusi politik, tentunya harus memiliki rasa tanggung jawab dan rasa religiusitas yang tinggi untuk turut serta bersuka-cita pada hari raya kurban.

"Saya telah mengimbau kepada tiga pilar partai untuk bergotong royong berkurban, ini juga bagian dari rasa keprihatinan kami kepada masyarakat di tengah-tengah pandemi Covid-19," ucapnya.

Hari raya kurban nanti merupakan momentum untuk mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan dan toleransi antar umat beragama

Menurut Djarot, dia mendapatkan laporan bahwa seluruh anggota Fraksi PDIP dan DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumut telah bergotong royong menyumbangkan sebagian rezekinya untuk berkurban. Bahkan tidak hanya yang beragama Islam saja, yang beragama lain pun ikut untuk pembelian hewan kurban tersebut.

"Tadi juga Pak Rapidin Simbolon (Bupati Samosir) dan Pak Akhyar (Pelaksana Wali Kota Medan) mengaku juga siap untuk berkurban beberapa ekor. Kami berharap bisa mencapai puluhan ekor lembu dan sapi bisa kami kurban di hari raya Idul Adha 1441 H ini," tuturnya.

Djarot yang juga Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPP PDIP ini menyatakan bahwa keikutsertaan kader yang bukan beragama Islam bergotong royong menyumbang pembelian hewan kurban menjadi bukti bahwa nilai-nilai toleransi dan kebhinekaan sudah tertanam dengan kokoh di hati seluruh kader.

“Hari raya kurban nanti merupakan momentum untuk mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan dan toleransi antar umat beragama dan antar sesama manusia, alhamdulillah kader-kader PDIP sangat menyadari itu, sehingga tanpa ragu dan dengan penuh keyakinan seluruh kader, terutama yang bertugas di struktur partai, legislatif maupun eksekutif terlibat bergotong royong menyumbang untuk berkurban," tandasnya.[]

Berita terkait
Jual Beli Hewan Kurban Lebih Baik Melalui Online
Di masa pandemi Covid-19 proses jual beli hewan kurban dilakukan secara daring untuk cegah kerumunan dan menekan potensi penularan Covid-19
Panduan Penyembelihan Hewan Kurban di Bantul
Pemkab Bantul mengeluarkan surat edaran tentang pemotongan hewan kurban. Salah satunya hewan yang dipotong ada surat rekomendasi dari dinas.
Soal Pilkada, PDIP Minta Semua Kader Patuhi Megawati
PDIP mengumumkan 45 pasangan calon kepala daerah yang bertarung di Pilkada 2020. Semua kader diminta taat putusan Ketua Umum Megawati
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.