Rambu Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor Telah Siap
Wacana Malioboro bebas kendaraan bermotor semakin diperjelas. Dishub DIY menyiapkan rambu-rambu menjelang uji cobanya.
Suasana lalu lintas di Jalan Malioboro. (Foto: Antara/Luqman Hakim)

Jakarta - Wacana Jalan Malioboro bebas dari kendaraan bermotor semakin diperjelas. Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menyiapkan rambu-rambu pemandu lalu lintas menjelang uji coba penerapan semipedestrian. 

"Sudah kami siapkan. Rambu-rambu yang untuk lebaran juga kami pakai," kata Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo ketika dihubungi di Yogyakarta, Rabu, dilansir dari Antara.

Kami coba dulu kurangnya bagaimana, diambil plus minusnya. Kalau banyak plusnya akan dilanjutkan, kalau banyak minusnya, misalnya apa, baru dievaluasi.

Sigit menerangkan untuk uji coba Jalan Malioboro bebas dari kendaraan bermotor itu, arah lalu lintasnya tidak ada perubahan. Arah lalu lintas dari Jalan Mataram masih bisa menuju arah Jalan Pasar Kembang, sedangkan Jalan Bhayangkara tetap diarahkan ke utara.

"Jalan Mataram tetap dua arah. Dari Jalan Mataram bisa parkir ke sirip-sirip (Jalan Malioboro) atau bisa parkir ke Abu Bakar Ali. Jadi saya tidak mengubah apapun," kata dia.

Namun, lanjut Sigit, kepastian konsep uji coba semipedestrian Malioboro akan ditentukan setelah rapat bersama kepolisian, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, serta sejumlah instansi lainnya pada Kamis, 13 Juni 2019 di Kantor Sekda DIY. Menurut usulan sementara, uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Malioboro pada 18-19 Juni, mulai pukul 06:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB.

Pihaknya berharap uji coba itu dapat memberi masukan tentang kendala yang dihadapi, baik dari segi lalu lintas maupun pelaku usaha pariwisata.

"Kami coba dulu kurangnya bagaimana, diambil plus minusnya. Kalau banyak plusnya akan dilanjutkan, kalau banyak minusnya, misalnya apa, baru dievaluasi. Di dalam mengevaluasi mereka (pedagang Malioboro) akan kami ajak duduk bersama," kata Sigit. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Sudah Meninggal, Akun Medsos Ilo Masih Aktif
Keluarga Ilo atau Ilham yang tewas ditikam di Kabupaten Bulukumba geger, karena akun media sosialnya masih aktif padahal dia sudah meninggal.