UNTUK INDONESIA

Raffi Nongkrong Tanpa Masker Usai Divaksin, Ini Tanggapan Kemenkes

Raffi Ahmad mendapat teguran dari istana negara terkait fotonya yang viral beredar di masyarakat dimana dia tak memakai masker usai disuntik vaksin
Raffi Ahmad saat mengikuti vaksinasi Covid-19 gelombang pertama di Istana Kepresidenan, Rabu, 13 Januari 2021. (Foto: Tagar/Sekretariat Presiden)

Jakarta - Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menanggapi ulah Raffi Ahmad yang tidak mentaati protokol kesehatan usai melakukan vaksinasi Covid-19, pada Rabu, 13 Januari 2021.

Nadia mengatakan, setiap warga yang telah menerima suntikan dosis vaksin Covid-19 tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal ini lantaran tubuh juga perlu waktu untuk membuat antibodi.

Kalau teguran sudah dari istana langsung ya, sudah paling tinggi.

"Seharusnya walau dia sudah divaksin tetap menjalankan protokol kesehatan ya, tidak boleh kendor atau lalai melakukan 3M. Apalagi setelah dilakukan vaksinasi diperlukan waktu untuk tubuh membuat antibodi ya," kata Siti Nadia Tarmizi, Kamis, 14 Januari 2021.

Nadia menjelaskan, sampai saat ini Kemenkes belum menyampaikan teguran langsung kepada Raffi Ahmad. Namun, kata Nadia, pihak Istana Kepresidenan sudah memberikan teguran kepada Raffi terkait penggunaan protokol kesehatan.

"Kalau teguran sudah dari istana langsung ya, sudah paling tinggi," jelas Nadia.

Menurut Nadia, dengan beredarnya foto di media sosial, Raffi sudah menerima banyak teguran dari masyarakat akibat sikapnya yang tidak mematuhi protokol kesehatan usai menerima suntikan vaksin perdana di Istana Kepresidenan.

"Aku rasa teguran sosial yang juga dari para netizen yang paham akan lebih mengingatkan siapapun untuk tetap patuh protokol kesehatan, ini kan perjuangan bersama ya," ujar Nadia.

Sebelumnya, beredarnya foto Raffi Ahmad yang tak patuhi protokol kesehatan itu diunggah oleh Anya Geraldine di akun Instagramnya, Rabu, 13 Januari 2021, malam hari.

Dalam foto itu, Raffi, Nagita Slavina, Anya, Sean Gelael, dan Gading Marten sedang berpose berdempetan tanpa menggunakan masker.

Selain itu, di bawah foto tersebut Anya menuliskan, "Bener-bener @raffinagita1717 abis dikasih vaksin langsung nongkrong enggak ada protokol kesehatan. Buang-buang jatah vaksin aja, beb."

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Raffi agar kembali menerapkan protokol kesehatan dan terus mengingatkan tokoh masyarakat yang mengikuti vaksinasi untuk tetap mengkampanyekan 3M. [] (Amalia Amriati Fajri)

Berita terkait
Raffi Ahmad dan BCL Akan Disuntik Vaksin Usai Jokowi
Artis Raffi Ahmad dan Bunga Citra Lestari dikabarkan akan menerima vaksin Covid-19 perdana setelah Presiden Joko Widodo pada 13-15 Januari 2021.
Viral Raffi Ahmad Jualan Bakso, Rans Bikin Sayembara
Raffi Ahmad sedang berjualan bakso di Bandung berhasil menarik perhatian warganet. Kemudian Rans membuat sayembara.
Warganet Bandingkan Denise Chariesta dengan Raffi Ahmad
Selebgram Denise Chariesta yang menghina orang makan di pinggir jalan dibandingkan denga Raffi Ahmad oleh warganet
0
Raffi Nongkrong Tanpa Masker Usai Divaksin, Ini Tanggapan Kemenkes
Raffi Ahmad mendapat teguran dari istana negara terkait fotonya yang viral beredar di masyarakat dimana dia tak memakai masker usai disuntik vaksin