UNTUK INDONESIA
Punya Bakat Bernyanyi, Wiranto Pernah Rilis Satu Album
Tidak banyak yang tahu kalau Menko Polhukam Wiranto ternyata memilki bakat bernyanyi yang terbilang di atas rata-rata.
Menko Polhukam Wiranto, bernyanyi di Car Free Day Bundaran HI, Jakarta. (Foto: ANTARA/Syaiful Hakim/am)

Jakarta - Tidak banyak yang tahu kalau Menko Polhukam Wiranto ternyata memilki bakat bernyanyi yang terbilang di atas rata-rata. Bahkan, ia tercatat pernah menelurkan sebuah album penuh berisi 12 buah lagu yang diberi judul Untukmu Indonesiaku.

Berbeda dengan pensiunan jenderal lain seperti Susilo Bambang Yudhoyono yang kerap menggubah lagu sendiri, Wiranto dalam albumnya justru membawakan ulang tembang-tembang karya seniman besar tanah air yang sebelumnya telah lebih dulu pernah populer.

Baca juga: Erwin Prasetya dari Dewa 19 hingga Scoring Musik Film

Sebut saja lagu Melati Dari Jayagiri milik kelompok musik Bimbo. Atau tembang Juwita Malam gubahan maestro Ismail Marzuki, yang berulang kali dibawakan ulang bahkan oleh supergrup asli Indonesia, Slank.

Lagu-lagu tersebut begitu merdu dinyanyikan Wiranto dalam album rilisan tahun 2001 itu. Sepuluh lagu lain adalah Kau Selalu Di Hatiku, Tinggi Gunung Seribu Janji, Kemuning dan Indonesia Sungguh Indah Permai.

Serta Payung Fantasi, Mungkinkah, Flamboyan, Symphoni Yang Indah, Melati Di Tapal Batas dan Sonata Yang Indah.

Seperti nama judul album tersebut, dalam cover kaset disebutkan bahwa hasil penjualan album keluaran JK Record itu bakal disalurkan sebagai bantuan untuk pengungsi di kawasan Indonesia yang kala itu dilanda berbagai konflik, seperti Aceh, Maluku dan Timor Timur (kini Timor Leste).

Album Kaset WirantoCover album kaset Wiranto yang diberi judul Untukmu Indonesiaku. (Foto: Kasetlalu.com)

Penelusuran Tagar ke sejumlah sumber, Album tersebut laku terjual sebanyak 7 ribu keping pada malam peluncuran. Saat itu, Wiranto juga berhasil melelang CD emasnya hingga mencapai angka Rp 1,5 miliar.

Keseluruhan hasil uang yang dikumpulkan, disebut Wiranto saat itu akan segera disumbangkan usai dipotong biaya poduksi. []

Berita terkait
Album Foto Kegiatan Soeharto Disimpan Arsip Nasional
Album foto kegiatan Soeharto selama menjabat sebagai Kepala Negara, diserahkan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
Beli Album Vikri Rasta, Bayar Seikhlasnya
Konsep penjualan #AlbumSederhana memang sengaja dibuat dengan dua kemasan.
Slank dan 12 Kepala Daerah di Sumbar Gelar Konser Jokowi di Padang
Slank dan 12 kepala daerah di Sumbar akan ikut berorasi memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin
0
Program Sejuta Rumah di Sidempuan Sarat Kejanggalan
Yayasan Kompak melaporkan dugaan penyimpangan program sejuta rumah di Kota Padangsidempuan.