UNTUK INDONESIA
Album Foto Kegiatan Soeharto Disimpan Arsip Nasional
Album foto kegiatan Soeharto selama menjabat sebagai Kepala Negara, diserahkan ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
Arsip yang diserahkan meliputi berbagai kegiatan Soeharto bersama istrinya yang lekat dengan panggilan Ibu Tien. (Foto: Tagar/Popy Rakhmawaty)

Jakarta - Album foto kegiatan Presiden Indonesia kedua Haji Muhammad (H.M) Soeharto selama menjabat sebagai Kepala Negara, diserahkan anak pertama Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mbak Tutut ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Keluarga cendana yang datang untuk memberikan berbagai peninggalan Soeharto ke ANRI, di antaranya Mbak Tutut dan Bambang Trihatmodjo. Arsip yang diserahkan meliputi berbagai kegiatan Soeharto bersama sang istri biasa dipanggil Ibu Tien.

Penyerahan arsip diberikan simbolis kepada Plt. Kepala ANRI, Sumrahyadi di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI, Jakarta selatan. 

Khazanah arsip yang diserahkan terdiri dari 19 roll microfilm yang berisi pidato Presiden Soeharto berikut dengan daftarnya, 10 roll microfilm pidato Ibu Tien Soeharto beserta daftar dan naskah pidatonya, 10 roll microfilm kumpulan risalah sidang kabinet periode tahun 1967-1998 dan proklamasi integrasi Balibo tahun 1976.

Penyerahan Arsip SoehartoArsip yang diserahkan meliputi berbagai kegiatan Soeharto bersama istrinya yang lekat dengan panggilan Ibu Tien. (Foto: Tagar/Popy Rakhmawaty)

"Satu album foto yang terdiri dari 91 lembar foto yang merekam kegiatan Presiden Soeharto berikut compact discnya," kata Sumrahyadi saat memberikan sambutannya di hadapan para tamu undangan di kantor ANRI, Jakarta selatan, Kamis, 18 Juli 2019.

Sumrahyadi menyebut, selain menyerahkan arsip ke ANRI, pihak keluarga juga meminjamkan satu alat baca microfilm yaitu microreader kepada ANRI. 

Khazanah arsip yang diserahkan pihak keluarga Presiden Soeharto dapat menjadi bagian dari arsip kepresidenan.

Berbagai arsip kepresidenan ini, nantinya dapat menjadi sarana pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mengetahui serta mempelajari sosok dan kebijakan para Presiden Indonesia dari masa ke masa.

Dalam acara tersebut, foto-foto Soeharto ikut dipamerkan. Seperti foto kegiatan bersama Ibu Tien didalam berbagai kesempatan kunjungan. 

Beberapa foto menjadi fokus para tamu undangan, seperti foto saat Soeharto memanen bawang di Tawangmangu, karanganyar, Jawa tengah, dan foto rangkaian kunjungan presiden ke-2 yang didampingi Tien di Lembaga Pusat Penelitian Pertanian di Bogor saat berada diperkebunan kopi. []

Berita terkait
0
Polres Labuhanbatu Tangkap Dua Maling Motor Kambuhan
Satuan Reskrim Polres Labuhanbatu menangkap dua residivis pelaku pencurian kendaraan bermotor.