Pulihkan Ekonomi, Jokowi: Dorong UMKM Tingkatkan Konsumsi

Presiden Jokowi meminta para menteri untuk terus mendoron UMKM, dan besar untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga.
Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Tagar/Dok Setkab)

Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kepada jajaran menterinya untuk terus mendorong usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), dan besar untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga. Ini bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi pasca terdampak pandemi Covid-19.

"Yang paling dibutuhkan saat ini adalah meningkatkan konsumsi rumah tangga dengan mendorong usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah, usaha besar didorong untuk mulai bergerak," kata Jokowi dalam rapat terbatas (Ratas) evaluasi penganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Senin, 23 November 2020.

Strategi mengatur keseimbangan rem dan gas ini saya melihat hasilnya mulai kelihatan.

Kemudian, kata Presiden Jokowi, realisasi anggaran di beberapa program sudah terlihat berjalan dengan baik. Sebab, upaya ini juga menjadi salah satu yang mampu mendorong daya beli masyarakat.

"Misalnya untuk subsidi gaji sudah mencapai 82 persen, Banpres produktif untuk pemberian modal kerja pada usaha mikro sudah mencapai 79 persen, saya kira ini terus didorong agar bisa membantu meningkatkan daya beli masyarakat," ucapnya.

Di sisi lain, Jokowi juga mengingatkan para menterinya agar memberikan perhatian khusus terhadap penciptaan lapangan kerja. Ini juga bertujuan agar ekonomi Indonesia bisa segera pulih kembali pasca dampak pandemi Covid-19.

"Yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi, saya minta agar yang berkaitan dengan lapangan kerja itu menjadi perhatian, berikan perhatian khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja," ujar Jokowi.

Untuk itu, kata Jokowi, diharapkan ekonomi Indonesia ke depannya bisa membaik kembali. Ini setelah ekonomi Tanah Air masuk ke jurang resesi lantaran minus dua kuartal berturut-turut.

"Tren di kuartal kedua, dari minus 5,32 membaik di kuartal ketiga minus 3,49. Ini harus terus kita perbaiki agar di kuartal keempat lebih baik dari kuartal ketiga," tuturnya.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan kembali agar strategi 'rem dan gas' yang telah diterapkan bisa terus dijaga oleh Satgas Covid-19 dan kepala daerah. Menurut dia, upaya tersebut sudah mulai memperlihatkan hasil yang baik dalam aspek kesehatan dan ekonomi.

"Strategi mengatur keseimbangan rem dan gas ini saya melihat hasilnya mulai kelihatan, terutama dalam pengendalian baik Covid-19 maupun ekonomi. Saya ingin ingatkan kembali kepada komite Satgas dan seluruh gubernur agar betul-betul bisa mengatur urusan yang berkaitan dengan Covid-19 dan urusan yang berkaitan dengan ekonomi," kata Jokowi.

Berita terkait
Jokowi: RCEP Harapan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi
Presiden Jokowi berharap penandatanganan RCEP bisa membantu pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi.
Jokowi Optimis Transformasi Digital UMKM Akan Geliatkan Ekonomi
Jokowi berkeyakinan percepatan transformasi digital UMKM mampu mendorong bangkitnya roda perekonomian kawasan.
Jokowi Optimis ASEAN Jadi Kekuatan Besar Ekonomi Digital
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan rasa optimisnya ASEAN bisa jadi kekuatan besar ekonomi digital.
0
Pemprov DKI Bangun Tugu Sepeda, Anggota DPRD: Mending Bangun Tugu Ojek Online
Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, sebaiknya Pemprov DKI Jakarta membuat tugu ojek online ketimbang tugu sepeda.