UNTUK INDONESIA
Pulihkan Ekonomi dari Pandemi, PEN Sudah Kucurkan Rp 344,43 T
Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga pekan kedua Oktober 2020 sudah menyalurkan dana senilai Rp 344,43 triliun.
Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu, 29 Agustus 2020 (Foto: Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin mengatakan memasuki pekan kedua Oktober 2020, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) telah menyalurkan dana pemulihan ekonomi senilai Rp 344,43 triliun. Realisasi itu sudah mencapai hampir 50 persen dari pagu anggaran Rp 695,2 triliun yang diwujudkan dalam 6 program utama.

Menurut Budi,  saat ini dari enam  program KPCPEN, dalam fokus pemulihan ekonomi masih ada program pembiayaan korporasi yang belum mencatatkan realisasinya dari pagu Rp 53,60 triliun atau masih nol persen. Namun, mulai Oktober ini sudah tersalurakn,  dan akan dilakukan secara bertahap hingga akhir 2020 mendatang.

"Sejak diluncurkan memang kita akui, proses pencairannya agak alot. Kita sudah bekerjasama dengan Kadin  dan Kementerian Keuangan, jadi pencairan pertama sudah dilakukan sekitar dua minggu yang lalu kepada salah satu perusahaan, ordernya masih puluhan miliar," kata Budi, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020.

Ia menambahkan, untuk pencairan selanjutnya, sudah ada triliunan rupiah yang disiapkan. Saat ini Satgas PEN sedang melakukan sosialisasi bersama para bankir-bankir dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan bank swasta yang menyalurkan dan dibantu Kadin.

"Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih cepat lagi, dan saya akan laporkan (publikasikan) lebih spesifik lagi," ucap Budi.

Untuk program subsidi gaji, menurut Budi, sudah dicairkan tahap pertama pada September dan Oktober. Pada tahap kedua,  penyalurannya dilakukan pada November dan Desember.

"Masih ada (subsidi gaji) yang akan disalurkan hingga akhir Oktober. Tapi itu tetap wave pertama (tahap) atau gelombang pertama dari program subsidi gaji atau subsidi upah, yang akan diteruskan nanti mulai awal November," tutur Budi. []

Berita terkait
Penyaluran Program Subsidi Gaji Sudah Mencapai 98 Persen
Penyaluran subsidi gaji/upah yang termasuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah mencapai 98,09 persen atau 12.166.471 pekerja.
KLHK Bantu Pulihkan Ekonomi Lewat Program Penanaman Mangrove
KLHK Bantu Pulihkan Ekonomi Lewat program penanaman Mangrove. Program seluas 15.000 hektare ini melibatkan Kelompok Tani Hutan di 34 provinsi.
Pemerintah Ajak Pelaku Usaha Manfaatkan Program PEN
Kementerian Pariwisata mengajak pelaku usaha untuk memaksimalkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) guna mendorong produktivitas bisnis
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.