Puasa Tapi Tidak Salat, Bagaimana Hukumnya?

Muslim menjalankan puasa, tapi tidak salat wajib. Bagaimana hukumnya?
Jadwal salat, Selasa, 19 April 2022. (Foto: Tagar/Pixabay)

Yogyakarta - Pada saat bulan Ramadan, kaum muslim menunaikan ibadah puasa dengan harapan menjalankan kewajiban serta mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, apakah orang yang melaksanakan puasa, tetapi tidak salat lima waktu apakah puasanya sah? lalu apa hukumnya?

Pertanyaan ini sering terdengar dan terungkap dalam sejumlah forum, termasuk pertanyaan di media sosial Facebook. "Menjalani puasa Ramadan, tapi tidak salat, apakah puasanya tetap dapat pahala," tulis akun Facebook @dausjogja. Banyak yang menjawab pertanyaan itu, dengan jawaban yang beragam ala netizen tentunya.

Sedangkan menurut pemilik pondok pesantren Nurul Ummahat Kotagede, Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, KH Abdul Muhaimin, salat merupakan proses religius yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim dan tidak bisa dinegosiasi apa pun. Salat adalah kewajiban bagi muslim, terkecuali orang tersebut tidak sadar atau hilang akal.

"Puasa adalah bagian dari rukun Islam yang keempat. Katakanlah salat itu proses religius. Kalau umat muslim puasa namun tidak menjalankan salatnya, ya tidak sempurna ibadahnya," kata KH Abdul Muhaimin.

Yang sakit saja tidak boleh meninggalkan salat, apa lagi yang sehat.

Lalu apa hukum bagi orang yang berpuasa namun tak salat, menurut KH Abdul Muhaimin, hal itu sah saja. Karena definisi puasa sendiri adalah menahan makan dan minum lebih kurang selama 12 jam lamanya yang dimulai sebelum terbitnya fajar hingga Magrib.

"Boleh saja. Asal tidak makan dan minum puasanya tetap sah. Tapi, tapi nih, kalau secara rukun Islam kurang sempurna. Karena salat itu tidak bisa dinegosiasi kecuali dia tidak sadar (hilang akal). Yang sakit saja tidak boleh meninggalkan salat, apa lagi yang sehat," ucapnya.

Pun bagi umat muslim maupun muslimah yang puasa tetapi tidak mendirikan salat sunnah Tarawih, tidak bakal mempengaruhi terhadap nilai puasanya. Pasalnya salat Tarawih hukumnya sunnah. Sayangnya, jika seseorang itu meninggalkannya tidak akan mendapat tambahan pahala berlipat ganda yang diperoleh khusus di bulan Ramadan saja.

"Yang sunnah saja pahalanya sudah besar apa lagi yang wajib. Segala bentuk kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadan, Allah akan melipatgandakan pahalanya," ucapnya. []

Baca Juga:

Baca Juga:

Berita terkait
Menu Buka Puasa Sunah yang Dianjurkan Rasulullah
Buka puasa merupakan waktu yang paling dinanti bagi seorang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Baik itu puasa wajib maupun puasa sunah.
Sejarah Puasa Sunah Senin Kamis
Selain menjalankan ibadah wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah. Salah satunya puasa sunah Senin dan Kamis.
Sepuluh Puasa Sunah dalam Islam
Puasa sunah merupakan salah satu bagian ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan cinta atau kasih sayang dari Allah SWT.