Puan: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina

Ketua DPR RI meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki lantaran terjadi kebakaran.
Ketua Dewan Perwakilan Republik Rakyat Indonesia (DPR RI). (Foto: Tagar/DPR)

Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Republik Rakyat Indonesia (DPR RI) meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki. Hal ini dilakukan puan lantaran prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap.

“Kami atas nama pimpinan DPR RI merasa prihatin dengan kebakaran di kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Seperti kita ketahui, ini bukan kejadian pertama kebakaran kilang Pertamina di 2021,” kata Puan dalam keterangan pers Selasa, 16 November 2021. 

Menurutnya, insiden kebakaran yang sering terjadi di kilang milik Pertamina ini dinilai perlu penanganan khusus. Ia menegaskan, Pertamina juga harus mengevaluasi manajemen risiko serta melaksanakan investigasi menyeluruh guna memastikan kembali sistem keamanan dan keselamatan pekerja sekaligus masyarakat di sekitar kilang.


Pertamina sudah memastikan pasokan BBM dan LPG tetap aman masyarakat tidak perlu panik karena pemerintah pun pasti akan mengantisipasi segala dampak yang terjadi akibat kebakaran.


“Seringnya kebakaran di kilang minyak Pertamina memerlukan evaluasi mendalam. Harus ada audit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik Pertamina sehingga bisa ditemukan apa persoalannya agar bisa segera diatasi. Kami berharap ada investigasi menyeluruh dan evaluasi total sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari,” ujar Puan.

Sejumlah pihak mengungkapkan indikasi terbakarnya kilang minyak sering terjadi akibat PT Pertamina abai soal pengamanan kilang. Mengetahui hal tersebut, tidak cukup meminta penjelasan, Puan ingin kasus tersebut diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Pertamina harus bisa memberi penjelasan kepada masyarakat mengapa sering sekali terjadi kebakaran di kilang minyak miliknya. Sebab hal ini telah menimbulkan kegelisahan publik dan berbagai spekulasi. Lalu, Usut tuntas penyebab kebakaran ini. Jika memang ditemukan ada oknum-oknum yang sengaja melakukan pembakaran, harus diproses sesuai ketentuan hukum yang berlalu,” kata Puan.

Puan juga meminta Pertamina berkomitmen memperbaiki sistem keamanan kilang minyak secara berkala agar tidak memperburuk kinerja perusahaan pelat merah itu. 

Selanjutnya, ia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan BBM. Puan meminta warga tak perlu panic buying karena kebakaran kilang minyak di Cilacap.

“Pertamina sudah memastikan pasokan BBM dan LPG tetap aman. Masyarakat tidak perlu panik karena pemerintah pun pasti akan mengantisipasi segala dampak yang terjadi akibat kebakaran,” ujarnya. []

Berita terkait
Puan Maharani: Calon Panglima TNI Dites DPR 4-5 November
Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pihaknya segera merespon Surpres tentang calon Panglima TNI akan melakukan uji kelayakan pada 3-5 November.
Puan Maharani Minta untuk Evaluasi Prokes PON XX Papua
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta dilakukan evaluasi protokol kesehatan pada penyelenggaraan PON XX Papua demi keselamatan bersama.
Puan Maharani Dukung Transformasi Digital bagi UMKM
ketua DPR RI Puan Maharani mendukung akselerasi transformasi digital bagi pelaku UMKM yang diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi.
0
Puan: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina
Ketua DPR RI meminta PT Pertamina (Persero) untuk segera audit sistem pengamanan di setiap kilang minyak yang dimiliki lantaran terjadi kebakaran.