UNTUK INDONESIA

PSSI Pastikan Rencana Liga Tetap Bergulir Februari 2021

Tidak ada perubahan pada rencana digulirkannya kembali kompetisi. PSSI memastikan Liga 1 dan Liga 2 tetap digelar pada Februari 2021.
Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto (ke-2 dari kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Stadion Maguwoharjo, Sleman. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Solo - Tidak ada perubahan pada rencana digulirkannya kembali kompetisi. PSSI memastikan Liga 1 dan Liga 2 tetap bergulir pada Februari 2021. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto.

Kompetisi masih menjadi teka-teki karena PSSI atau PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga belum mendapatkan izin keramaian. Meski PT LIB sudah menetapkan liga digulirkan Februari tahun depan, namun itu semua tak berarti bila izin belum keluar. 

Ini seperti saat PSSI menetapkan kompetisi digulirkan kembali pada Oktober 2020 dan kemudian November 2020 usai diliburkan karena pandemi Covid-19. Namun izin tidak dikeluarkan sehingga liga akhirnya batal dilaksanakan. 

Kami meyakini vaksin bisa beredar pertengahan Desember sampai akhir Januari. Dengan demikian, kompetisi bisa diputar Februari

Waketum PSSI Iwan Budianto menyatakan penetapan kompetisi masih tak berubah. Hanya, PSSI berpedoman pada vaksin Covid-19 yang akan diedarkan kepada seluruh masyarakat.

"Kami meyakini vaksin bisa beredar pertengahan Desember sampai akhir Januari. Dengan demikian, kompetisi bisa diputar Februari," kata Iwan saat berada di Solo, Jumat, 27 November 2020.

"Kami berharap hal itu bisa dilaksanakan. Kalau tidak, ya lihat situasi," ujar dia.

Rencana pelaksanaan kompetisi sesungguhnya kian nyata setelah Bhayangkara FC segera melakukan persiapan. Klub tersebut sudah memindahkan markas di Solo dan berganti nama menjadi Bhayangkara Solo FC. 

Persiapan Bhayangkara FC seakan menjadi tanda bakal dilaksanakannya Liga 1. Padahal, klub-klub lain belum melakukan persiapan.

Namun CEO Bhayangkara Solo FC, Irjen Pol Istiono menuturkan pihaknya tetap mengikuti jadwal dari PSSI. Meski segera melakukan persiapan, klub tetap berjalan sesuai koridor. 

Baca juga:

Curhat Striker PSS Sleman Setelah Liga 1 Dihentikan

Soal Izin Liga 1, Polri: Tunggu Saja Tahun Depan

"Namun, pasti atau tidak [kompetisi dilaksanakan pada Februari], kita harus siapkan tim sampai matang," kata Istiono menegaskan.

Dirinya juga berharap pandemi semakin berkurang dan vaksin Covid-19 sudah ditemukan. Menurut Istiono vaksinasi menjadikan semua pihak percaya diri untuk menjalankan roda kompetisi, serta program pematangan tim yang berjalan. []

Berita terkait
Tak Ada Kepastian, Klub Minta PSSI Hapus Liga Tahun 2020
PSSI sebaiknya tak perlu memaksakan diri menggelar kompetisi di tengah kondisi ketidakpastian. Desakan itu justru dari klub peserta Liga 1.
Minta Liga Dihentikan, Suporter Tuntut Ketegasan PSSI
Belum ada kepastian kompetisi sepak bola di Tanah Air akan berlanjut membuat suporter bersikap. Mereka memnta ada kejelasan dari PSSI dan PT LIB.
3 Tantangan Besar PSSI di Bawah Komando Iwan Bule
Komisaris Jenderal Polisi (purn) Mochamad Iriawan menanggung beban berat saat didaulat sebagai Ketua Umum PSSI. Ada 3 tantangan besar PSSI.
0
PSSI Pastikan Rencana Liga Tetap Bergulir Februari 2021
Tidak ada perubahan pada rencana digulirkannya kembali kompetisi. PSSI memastikan Liga 1 dan Liga 2 tetap digelar pada Februari 2021.