UNTUK INDONESIA
Soal Izin Liga 1, Polri: Tunggu Saja Tahun Depan
PSSI bersama PT Liga Indonsia Baru (LIB) menetapkan kompetisi 2020 digulirkan pada Februari. Namun Polri belum mnerima pengajuan izinke Polri.
i Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyatakan Polri masih menunggu pengajuan izin dari PSSI terkait pelaksanaan Liga pada Februari 2021. (Foto: Tagar/Dok Humas Polda DIY)

Yogyakarta - Federasi sepak bola Indonesia bersama PT Liga Indonsia Baru (LIB) sudah menetapkan kompetisi 2020 digulirkan pada Februari 2021. Namun Polri belum menerima pengajuan izin dari PSSI terkait penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 yang beberapa kali mengalami penundaan. 

Tidak ada izin dari kepolisian menjadi penyebab PT LIB gagal menggelar lanjutan kompetisi Liga 1 2020 pada awal Oktober 2020. Demikian pula saat PSSI menunda liga dan melanjutkan pada bulan depan atau November. Lagi-lagi, Polri tak memberi izin sehingga PSSI menetapkan kompetisi digelar tahun depan atau tepatnya Februari 2021. 

Saat PSSI dan PT LIB selaku operator liga sibuk mencari waktu yang tepat agar bisa menggelar kompetisi, Mabes Polri pun santai menanggapi rencana agenda bergulirnya kompetisi. Apalagi PSSI akhirnya memutar liga pada tahun depan. 

Kami juga akan melihat surat permohonan (izin). Mereka juga belum mengirimkan permohonan

"Kami menunggu saja. Lagi pula itu masih tahun depan (2021)," kata Kepala Divisi (Kadiv) Hubungan Masyarakat (Humas) Polri Irjen Argo Yuwono di Yogyakarta, Sabtu, 7 November 2020.

Menurut Argo yang ditemui dalam acara Focus Group Discussion (FGD) di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta, saat ini posisi Polri bersifat pasif. Artinya, Polri masih sebatas menunggu pengajuan izin dari pihak yang akan menggelar kompetisi.

"Kami lihat perkembangannya seperti apa. Kami juga akan melihat surat permohonan (izin). Mereka juga belum mengirimkan permohonan," ujar Argo.

PSSI Sudah Sejak Awal Ajukan Izin

Sementara itu perwakilan dari PSSI, Budiman Dalimunthe dalam acara Webinar 'Suara Pemain ke-12' yang digelar Jurnalis Olahraga Yogyakarta (JOY) pada hari yang sama juga menyinggung soal kompetisi yang tertunda. Menurut dia, federasi sejak awal sudah melalui tahapan-tahapan untuk memutar kembali Liga 1 yang berhenti karena pandemi Covid-19 pada 1 Oktober lalu.

"Perizinan dilakukan operator LIB dalam setiap proses. Kami yang mewakili pemberdayaan suporter PSSI mengikuti prosesnya, mulai bertemu BNPB lalu sampai ke Polri," kata Budiman.

Dari proses yang dijalani, kata dia, PSSI optimistis kompetisi bisa bergulir 1 Oktober. Bahkan pada divisi yang membidangi suporter yang dipimpinnya sudah menyiapkan sejumlah program bersama PT LIB.

Salah satunya program #dukungdarirumah yang merupakan bagian kebijakan extraordinary. Ini dilakukan karena adanya pandemi yang menjadikan pertandingan tidak bisa disaksikan penonton secara langsung di stadion.

"H-2 jelang 1 Oktober, saya dipanggil lagi membahas kemungkinan ada penundaan dan akhirnya memang ditunda. Akibatnya, semua program terpaksa ikut ditunda pula," kata dia.

Baca juga:

Resmi Ditunda, PSSI Minta Liga 1 Digelar November

Klub Malah Ragu PT LIB Bisa Gelar Liga 1 Tahun Depan

Setelah urung digelar 1 Oktober, PSSI dan PT LIB menggelar pertemuan dengan klub-klub Liga 1 dan 2 di Yogyakarta. Pada pertemuan Extraordinary Club Meeting tersebut disepakati kompetisi akan berlanjut 1 November.

"PSSI meminta ke Polri 1 November liga dilanjutkan. Namun tidak boleh karena menurut Polri kondisi tak memungkinkan. Ada Pilkada sehingga diizinkan akhir Januari 2021 atau awal Februari 2021," ujar Budiman. []

Berita terkait
Minta Liga Dihentikan, Suporter Tuntut Ketegasan PSSI
Belum ada kepastian kompetisi sepak bola di Tanah Air akan berlanjut membuat suporter bersikap. Mereka memnta ada kejelasan dari PSSI dan PT LIB.
3 Tantangan Besar PSSI di Bawah Komando Iwan Bule
Komisaris Jenderal Polisi (purn) Mochamad Iriawan menanggung beban berat saat didaulat sebagai Ketua Umum PSSI. Ada 3 tantangan besar PSSI.
Ketum PSSI: Presiden Joko Widodo Peduli Sepak Bola
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberi apresiasi kepedulian Presiden Joko Wido dengan sepak bola. Iriawan juga memohon Polri beri izin liga.
0
Soal Izin Liga 1, Polri: Tunggu Saja Tahun Depan
PSSI bersama PT Liga Indonsia Baru (LIB) menetapkan kompetisi 2020 digulirkan pada Februari. Namun Polri belum mnerima pengajuan izinke Polri.