Indonesia
PS Tira di Puncak Liga 1, Bali United Tersendat
PS Tira Persikabo menduduki puncak klasemen Liga 1. Namun posisi mereka masih bisa digeser Bali United dan Madura United.
PS Tira Persikabo merebut posisi puncak klasemen Liga 1 usai mengalahkan Persija Jakarta 5-2, Selasa 16 Juli 2019. Namun posisi PS Tira tak aman karena Bali United dan Madura United berpeluang menggeser mereka. Pemain PS Tira Ciro Henrique merayakan gol ke gawang Persija. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta - PS Tira Persikabo sukses menguasai tahta klasemen Shopee Liga 1 2019. Kemenangan 5-3 atas Persija Jakarta menjadikan PS Tira menggeser Bali United yang mengalami kekalahan pertama di kompetisi. 

Persaingan memperebutkan posisi puncak klasemen kian ketat. Bali United tak lagi nyaman menduduki posisi puncak setelah kehilangan poin dalam laga melawan Barito Putera. 

Kekalahan 0-1 Bali United membuka peluang Madura United untuk mengambil alih posisi puncak. Namun harapan Madura United tak kesampaian. Melakoni laga tandang ke Papua, mereka gagal membendung kebangkitan Persipura Jayapura yang ditangani pelatih anyar tapi lama, Jacksen F. Tiago. Persipura menang 1-0 sekaligus meraih tiga poin pertama yang menjadikan mereka keluar dari zona degradasi. 

Kompetisi masih panjang, Di putaran pertama Liga 1, kami masih harus menyelesaikan delapan pertandingan lagi. Sedangkan di putaran kedua, ada 17 pertandingan yang akan dijalani

Hanya, Bali United akhirnya gagal mempertahankan tahta klasemen setelah PS Tira menaklukkan Persija di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Selasa 16 Juli 2019. Kemenangan itu menjadikan PS Tira mengantongi poin 19. Mereka unggul tiga poin dari Bali United. 

Namun PS Tira sesungguhnya tak nyaman berada di posisi puncak. Bagaimana tidak, mereka sudah menyelesaikan sembilan pertandingan. Sebaliknya, Bali United dan Madura United baru tujuh kali bertanding. Dengan menyisakan dua pertandingan dan jarak poin yang sangat dekat menjadikan PS Tira bisa sewaktu-waktu kembali tergusur. 

Tak Berarti Apa-apa

Pelatih PS Tira Rahmad Darmawan menilai posisi puncak yang dikuasai timnya masih tak berarti apa-apa. Pasalnya, Liga 1 masih sangat panjang. Bahkan mereka belum menyelesaikan putaran pertama kompetisi. Ini menjadikan belum diketahui tim juara maupun tim yang terdegradasi. 

"Kompetisi masih panjang, Di putaran pertama Liga 1, kami masih harus menyelesaikan delapan pertandingan lagi. Sedangkan di putaran kedua, ada 17 pertandingan yang akan dijalani. Jadi, posisi kami belum berarti apa-apa. Salah besar bila pemain sudah merasa puas," kata Rahmad seperti dikutip Antara

Mantan pelatih tim nasional ini berharap tim tetap fokus pada kompetisi dan mengabaikan posisi tim di klasemen. Menurut dia penting bagi pemain menjaga konsistensi agar bisa meraih hasil positif di laga-laga berikutnya. 

"Tim kami kerap dianggap bukan apa-apa dan memang kami harus terus belajar. Jadi pemain tidak perlu memikirkan posisi di atas saat ini. Saya ingin pemain fokus di pertandingan saja," kata RD, sapaannya.

Pencapaian Ciro Henrique dkk musim ini memang mengesankan. Bila musim lalu nyaris terdegradasi dan lolos bertahan di kasta tertinggi di saat-saat terakhir, kini mereka bisa bersaing di papan atas liga. Padahal, PS Tira sempat diragukan setelah ditinggalkan mesin gol sekaligus top scorer liga, Aleksandar Rakic. 

Namun penunjukan pelatih senior, Rahmad Darmawan, sukses mengangkat tim. Biar bagaimana pun, Rahmad merupakan pelatih yang sudah sangat berpengalaman. Polesannya pun sudah membuktikan hasil di PS Tira yang kini bermarkas di Bogor ini. 

Tidak hanya di papan atas, persaingan di papan bawah juga tidak kalah ketat karena tim-tim yang berada di zona merah berusaha keluar dari ancaman degradasi. Meski kompetisi masih panjang, namun mereka berharap bisa secepatnya keluar dari zona degradasi. 

Persija yang meraih hasil mengecewakan pada dua laga terakhir harus turun peringkat. Bahkan Macan Kemayoran berada di zona degradasi setelah digeser Barito Putra dan Persipura

Hasil imbang 1-1 melawan Persib Bandung dan kemudian kalah dari PS Tira menjadikan Persija menduduki peringkat 16 dengan poin enam. Mereka berjuang bersama Persela Lamongan dan tim promosi Semen Padang untuk keluar dari zona degradasi. []

Berita terkait Shopee Liga 1 2019:

Berita terkait
0
Daftar 100 Universitas Terbaik Indonesia 2019
Kemenristekdikti telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019. Lihat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia