Profil Wishnutama, Digeser Sandiaga Uno dari Kursi Menparekraf

Wishnutama Kusubandio resmi dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo.
Mantan Menparekraf Wishnutama Kusubandio (Foto: Instagram.com/wishnutama)

Jakarta - Wishnutama Kusubandio resmi dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo. Dalam pengumuman yang disampaikan dalam konferensi pers pada Selasa, 22 Desember 2020, nama Sandiaga Salahuddin Uno disebut bakal menggantikan posisinya.

Wishnutama sebelumnya dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kabinet Indonesia Maju (2019-2024) pada 23 Oktober 2019 silam.

Sosok pria yang akrab disapa Mas Tama itu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena dia adalah pendiri dan CEO NET. TV, sutradara Opening dan Closing Asian Games 2018, juga yang lebih dulu lagi adalah dia menjabat sebagai Direktur Utama Trans TV dan Trans 7.

Profil

Wishnutama lahir dengan nama lengkap Wishnutama Kusubandio pada 4 Mei 1970 di Jayapura, Papua. Pada 2015 silam, ia menikah dengan artis Gista Putri dan sudah dikaruniai seorang putri bernama Salima Putri Tama.

Sebelumnya, Wishnutama juga telah memiliki 4 orang anak. Dari pernikahannya bersama Wina Widodo, lahir Muhammad Sabian Tama dan Sakina Adjani Tama. Pasca bercerai dengan Wina Widodo, Wishnutama menikah dengan Wina Natalia (yang kini menjadi istri dari penyanyi Anji) dan dikaruniai dua orang anak yaitu Salvaditya Tama dan Sultan Saladyne Tama. Namun sayangnya, pernikahan keduanya ini juga kandas dan kini telah digantikan oleh sosok Gista Putri.

Pendidikan

Wishnutama menghabiskan masa SMP-nya di SMP Tarakanita 5, Jakarta. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikan SMA-nya di Kooralbyn International School, Queensland, Australia dan juga di International School of Singapore.

Setelahnya, Wishnutama berkuliah di Norwich University – The Military College of Vermont, Navy ROTC, Amerika Serikat. Selain itu, ia juga pernah mengenyam pendidikan di Mount Ida College, jurusan Liberal Arts di Boston, Amerika Serikat dan juga Emerson College, jurusan Komunikasi di Boston, Amerika Serikat.

WishnutamaIlustrasi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio jelaskan ada dana hibah Rp 3,3 triliun untuk sektor pariwisata terdampak pandemi. (foto: wikipedia).

Karier

Di awal kariernya, ia menjadi seorang Assistant Director On Air Promotion, WHDH-TV, INC. A CBS Affiliate, Amerika Serikat pada 1993-1994. Kemudian, pada 1994 silam ia kembali ke Tanah Air dan bekerja dengan menjabat sebagai On Air Promo Supervisor, Departemen Programming di stasiun televisi Indosiar pada 1994-1995.

Setelah setahun menjabat, ia kemudian pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. Kariernya pun terus berkembang hingga menjadi Executive Producer News and Production Division. Tak berselang lama kemudian, jabatan Wishnutama kembali meningkat menjadi Production Manager.

Program-program yang dilahirkan selama ia di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi. Ia sendiri bekerja di Indosiar sampai tahun 2001.

Selanjutnya, ia pindah ke Trans TV dan menjadi Kepala Divisi Produksi dan Fasilitas. Dua tahun kemudian, kariernya kian menanjak menjadi Direktur Operasional. Lalu setahun berikutnya, ia diangkat menjadi Wakil Direktur Utama/Managing Director.

Pada 2006 silam, ia ditunjuk menjadi Direktur Utama TV7 yang kemudian diganti namanya menjadi Trans7. Dua tahun setelahnya, Wishnutama didapuk untuk menjadi Direktur Utama Trans TV. Program-program yang diproduksi di bawah kepemimpinan Wishnutama selama di Trans Corp antara lain Extravaganza, Dunia Lain, Termehek-Mehek, Opera Van Java, On The Spot, dan Indonesia Mencari Bakat.

Di tahun 2013, Wishnutama mendirikan stasiun televisi NET. TV dan ia pun menjabat sebagai Presiden Direktur/CEO. Berkat hal ini, ia pun pernah meraih penghargaan, baik dalam skala nasional atau pun Asia seperti Asian Television Award dan Panasonic Awards.

Wishnutama juga pernah terpilih menjadi The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan majalah SWA dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus.

Tahun 2018, ia dipercaya untuk menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) untuk Opening dan Closing Ceremony Asian Games 2018. Selain itu, ia juga pernah menjadi Komisaris Kumparan.com dan juga Komisaris Utama NET. TV. Setelahnya, dirinya pun diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk Kabinet Indonesia Maju.

Di luar kariernya dalam bidang broadcasting, Wishnutama masih sempat menyalurkan hobinya di bidang musik dengan membentuk dan menjadi pemain band dalam grup yang diberi nama Soulful Corp. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Jadi Menteri Agama, Pidato Yaqut Cholil Qoumas Dipuji Addie MS
Addie MS memberikan pujian kepada Gus Yaqut Cholil Qoumas atas pidato yang disampaikan setelah diangkat menjadi Menteri Agama.
Fahrul Razi Memble, Denny Siregar Titip Pesan ke Gus Yaqut
Denny Siregar mengungkapkan kekecewaannya kepada mantan Menteri Agama, Fahrul Razi, dan menitipkan pesan kepada penggantinya, Gus Yaqut.
FPI Digencet Gus Yaqut, Novel Bamukmin: Ingat Reuni PA 212!
Ada kalangan berpandangan kehadiran Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut sebagai Menteri Agama akan gencet FPI. Novel Bamukmin ingatkan reuni PA 212.
0
Pimpinan KPK Tak Bisa Cabut SK Hasil Tes Wawasan Kebangsaan
KPK menolak keberatan sejumlah pegawai mengenai Hasil Tes Wawasan Kebangsaan TKW untuk memitigasi risiko atau permasalahan yang mungkin timbul.