Profil Singkat Perusahaan BUMN yang Ditutup Erick Thohir

7 perusahaan BUMN ditutup karena lama tidak beroperasi. Namun, proses penutupannya butuhwaktu sekitar 9-12 bulan dengan proses lintas kementerian.
Menteri BUMN Erick Thohir saat menyampaikan materinya dalam acara "Global and Digitalization: Strategi BUMN Pasca-pandemi" (Foto: Tagar/Ranu)

Jakarta - Seperti yang sudah kita ketahui, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pernah menutup tujuh perusahaan BUMN karena lama tidak beroperasi. Namun, proses penutupannya tidak mudah, hingga membutuhkan waktu sekitar 9-12 bulan dengan proses lintas kementerian.

Agar tidak berlama-lama lagi dan tidak membuat Anda tambah penasaran. Berikut profil singkat ketujuh perusahaan BUMN yang ditutup tersebut.


1. PT Merpati Nusantara Airlines

Perusahaan ini adalah induk dari Merpati Nusantara Airlines dan salah satu maskapai nasional yang sahamnya dominan dipegang oleh pemerintah Indonesia. PT Merpati Nusantara Airlines didirikan pada tahun 1962 dan memiliki pusat di Jakarta.


2. PT Kertas Leces

Perusahaan ini berada di Probolinggo, Jawa Timur. PT Kertas Leces adalah pabrik tertua yang ada di Indonesia setelah Padalarang. Pabrik ini sudah berada sejak zaman Hindia-Belanda dengan nama N.V Papierfabriek Letjes pada tahun 1939. Mulai beroperasi sejak 1940 dengan menghasilkan kertas 10 ton per hari.


3. PT Industri Gelas

PT IGLAS atau Industri Gelas adalah perusahaan pembuat gelas, khusunya botol. Berdiri pada tahun 1956 dan pertama kali beroperasi pada tahun 1959.


4. PT Istaka Karya

Selanjutnya perusahaan BUMN ini bergerak pada bidang konstruksi. Awalnya perusahaan ini bernama PT ICCI (Indonesian Consortium of Construction Industries).


5. PT Kertas Kraft Aceh

Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1983 di Lhokseumawe, Aceh Utara. Dengan tujuan rangka swasembada kertas kantong semen. PT Kertas Kraft Aceh ini terpaksa berhenti karena kesulitan mendapatkan bahan baku dan gas pada tahun 1983.


6. PT Industri Sandang Nusantara

Perusahaan tekstil ini milik pemerintah Indonesia dan memiliki kantor pusat di Bekasi, Jawa Barat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999.


7. PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional

PT PANN merupakan perusahaan BUMN yang tergerak di bidang pembiayaan kapan. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1974. Selain itu, perusahaan ini bergerak dalam bidang telekomunikasi dan navigasi maritim.

Nah, itu dia 7 perusahaan BUMN yang dibubarkan oleh Erick Thohir. Bagaimana pendapat Anda?

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga


Berita terkait
4 Perusahaan BUMN yang Bergerak di Sektor Industri Manufaktur
Industri manufaktur menjadi penopang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Karena itulah industri ini juga menyerap banyak tenaga kerja.
4 Perusahaan BUMN yang Bergerak di Sektor Jasa Infrastruktur
Infrastruktur seringkali dikaitkan struktur fasilitas dasar untuk kepentingan umum.
PT Pos Indonesia, Perusahaan BUMN Tertua di Indonesia
Sebelum menjadi perusahaan BUMN, pos Indonesia awalnya memiliki status Jawatan Post, Telegraph dan Telephone.
0
Kaleidoskop 2021: Tenggelamnya KRI Nanggala hingga Kilang Minyak Terbakar
Berdasarkan rentetan peristiwa yang terjadi, pada topik kali ini akan meringkas semua kejadian berdasarkan Years in Search 2021 Google.