UNTUK INDONESIA

Profil SBY, AHY, dan Ibas Yudhoyono, Bintang Partai Demokrat

Susilo Bambang Yudhoyono dan dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. SBY, AHY, Ibas. Bintang Partai Demokrat.
Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan, Ibas Yudhoyono dan Aliya Rajasa. (Foto: Tagar/Instagram Ibas Yudhoyono)

Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono dan dua putranya, Agus Harimurti dan Edhie Baskoro, identik dengan Partai Demokrat. SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Ibas sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat. Kemelut Partai Demokrat yang terjadi belakangan ini membuat sosok tiga figur tersebut sering muncul di pemberitaan. Apalagi kelompok anti AHY menyebut SBY telah menjadikan Demokrat sebagai partai keluarga.


Profil Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY adalah Presiden keenam Republik Indonesia. Ia menjabat Presiden RI selama 2 periode, yaitu 2004 sampai 2014. Para periode pertama, SBY berpasangan dengan Jusuf Kalla, sedangkan di periode kedua, ia berpasangan dengan Boediono.

SBY juga menjadi presiden pertama Indonesia yang terpilih melalui proses pemilihan langsung oleh rakyat.

SBY lahir di Desa Tremas, Pacitan, Jawa Timur pada 9 September 1949, anak tunggal dari pasangan R. Soekotjo dan Sitti Habibah. Panggilan masa kecilnya adalah "Sus".

Sang ayah merupakan pensiunan militer, dengan pangkat terakhir Letnan Satu, sedangkan ibunya adalah putri dari pendiri Pondok Pesantren Tremas di Pacitan.


SBYSusilo Bambang Yudhoyono bersama AHY, Annia Pohan, dan Aliya Rajasa, menziarahi makam Ani Yudhoyono. (Foto: Tagar/Instagram Agus Yudhoyono)


Masa kecil hingga remaja, ia habiskan di Kelurahan Ploso, Kabupaten Pacitan. Tamat dari SMA Negeri 1 Pacitan, SBY kemudian menjalani masa pendidikan militer, dengan menjadi taruna di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Akabri, dan menjadi lulusan terbaik sekolah militer itu pada 1973.

Mengutip laman TNI, SBY kemudian melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat, mulai dari 1976 sampai 1983.

Selain di bidang militer, SBY juga menempuh pendidikan tinggi, dan memperoleh gelar Master of Art dari Management Webster University Missouri, Amerika. Sedangkan gelar Doktor, diperolehnya pada tahun 2006 dari Universitas Keio di Jepang.

Pada 30 Juli 1976, SBY menikahi Kristiani Herawati, putri dari Letjen Sarwo Edhie Wibowo dan Siti Sunarti Sri Hadiyah.

Kemudian, mereka dikaruniai 2 putra, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, yang sama-sama terjun ke dunia politik, walaupun awalnya AHY berkarier di militer, dan Ibas mendalami ilmu ekonomi.

Di bidang militer, karier SBY terbilang bersinar, dan pernah menjabat berbagai macam posisi. Hingga akhirnya ia mulai masuk ke dunia politik, dengan menjadi Menteri Pertambangan dan Energi pada era pemerintahan Abdurrahman Wahid atau Gusdur. Tak lama kemudian, Gus Dur meminta SBY menjadi Menteri Koordinator Politik, Sosial, dan Keamanan.

Lalu pada era Presiden Megawati Soekarnoputri, SBY kembali dipercaya menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan pada 2001, tapi ia mengundurkan diri pada 11 Maret 2004.

Langkah tersebut membuatnya lebih leluasa menjalankan hak politik, yang akan mencalonkan diri sebagai presiden ketika itu.


Profil Agus Harimurti Yudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono akrab disapa AHY adalah anak sulung SBY. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 10 Agustus 1978. Pendidikan dasarnya sejak 1984 dihabiskan di Bandung dan Timor Timur selama 2 setengah tahun, dan juga Jakarta, sebelum akhirnya AHY melanjutkan di Amerika Serikat pada 1990.


Agus YudhoyonoAgus Yudhoyono, Annisa Pohan, dan Almira Tungga Dewi. (Foto: Tagar/Instagram Agus Yudhoyono)


Tahun 2005, AHY menikah dengan Annisa Larasati Pohan, dan dikaruniai seorang putri bernama Almira Tunggadewi Yudhoyono.

Pada tahun 2008, AHY diminta ikut berkontribusi oleh Kementerian Pertahanan, untuk bergabung dalam tim kecil, guna merealisasikan gagasan Presiden SBY dalam rangka pendirian Universitas Pertahanan.

Kemudian pada 23 September 2016, koalisi Cikeas secara mengejutkan mengusung pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Meski keduanya terbilang masih baru di dunia politik, namun AHY-Sylviana dianggap memiliki kapasitas menjalankan roda pemerintahan di Jakarta. AHY-Sylviana gagal dalam kompetisi ini. 

Dalam kongres Partai Demokrat tahun 2020, AHY ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.


Edhie Baskoro Yudhoyono

Edhie Baskoro Yudhoyono akrab disapa Ibas adalah anak bungsu SBY, adik AHY. Ibas anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat periode 2009 sampai 2014. Ia berhasil masuk Senayan setelah memperoleh suara sebanyak 327 ribu 097 suara untuk daerah pemilihan Jawa Timur 7. 


Ibas YudhoyonoIbas Yudhoyono dan Aliya Rajasa. (Foto: Tagar/Instagram Ibas Yudhoyono)


Kemudian Ibas kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2014 sampai 2019, dari dapil yang sama dengan perolehan 243 ribu 747 suara. Ia bertugas di Komisi 10, yang membidangi pendidikan, kebudayaan, ekonomi kreatif, pariwisata, pemuda dan olahraga.

Selain menjadi anggota DPR, Ibas juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau KADIN Indonesia, Bidang Pariwisata dan Olahraga, dari tahun 2010 sampai 2015.

Ibas lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 24 November 1980. Ia menikahi Siti Rubi Aliya Rajasa, putri Hatta Rajasa pada tahun 2011, dan dikaruniai 3 anak. 

Ibas juga terpilih sebagai anggota DPR Fraksi Partai Demokrat periode 2019-2024.

(Cory Olivia)



Berita terkait
SBY Mampu Hindarkan Diri dari Jebakan Isu Presiden 3 Periode
Susilo Bambang Yudhoyono ketika menjabat Presiden RI, ketika muncul isu penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode, SBY tidak tergoda.
Bambang Widjojanto Bela AHY Vs Yusril Ihza Mahendra Bela Moeldoko
Bambang Widjojanto dikabarkan membela Agus Yudhoyono. Yusril Ihza Mahendra dikabarkan membela Moeldoko. Pertempuran berlanjut ke pengadilan.
Ibas Yudhoyono Pimpin Ikrar Setia Anggota DPR Demokrat kepada AHY
Ibas Yudhoyono memimpin ikrar setia Fraksi Demokrat DPR kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, di tangga gedung Dewan Perwakilan Rakyat.
0
Profil SBY, AHY, dan Ibas Yudhoyono, Bintang Partai Demokrat
Susilo Bambang Yudhoyono dan dua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. SBY, AHY, Ibas. Bintang Partai Demokrat.