Untuk Indonesia
Profil Qomar, Ditangkap Polisi Karena Memalsukan Ijazah
Pelawak sekaligus politikus bernama lengkap Nurul Qomar ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan ijazah S2 dan S3.
Pelawak sekaligus politikus Nurul Qomar (Foto:Instagram/haji.nurulqomar)

Jakarta - Pelawak sekaligus politikus bernama lengkap Nurul Qomar ditetapkan sebagai tersangka kasus pemalsuan ijazah S2 dan S3, sebagai syarat mencalonkan diri menjadi Rektor Universitas Muhadi Setiabudhi (Umus), Brebes, Jawa Tengah. Qomar dinilai melanggar Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

"Tersangka dilaporkan oleh Muhadi Setiabudhi terkait dugaan pemalsuan ijazah S2 dan S3 saat mencalonkan diri sebagai rektor," ungkap Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Triagung Suryomicho pada Selasa, 25 Juni 2019.

Qomar merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara pasangan KH. Achmad Yusri dan Hj. Siti Choridah. Ayahnya berasal dari Desa Ciekek, Pandeglang, Banten. Sedangkan sang ibu berasal dari Desa Sindang, Indramayu, Jawa Barat.

Sebelum terdaftar di bangku DPRD, Qomar lebih dulu dikenal sebagai pelawak yang kerap tampil dengan Derry, Eman, dan Ginanjar yang tergabung dalam grup lawak Empat Sekawan. Sebelumnya, pernah bergabung dalam grup Tomtam Grup.

Selama menjadi komedian, Qomar membintangi sejumlah film bergenre komedi yakni, Lika-liku Laki-laki, Asmara Banyak Canda, dan Penghuni Surga. Selain menjadi bintang komedian, sempat juga pernah membintangi sejumlah film di antaranya: Para Pencari Tuhan (2007), Samson dan Dahlia (2015), dan Sajadah Ka'bah (2011).

Sukses membintangi sejumlah acara dan film pria berdarah Sunda itu kemudian mencoba peruntungan di dunia politik. Pria kelahiran Jakarta, 11 Maret 1960 itu menjadi anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014 dari Partai Demokrat untuk daerah pilihan Jawa Barat VIII.

Tidak berhenti sampai disitu, suami dari Hj Siti Mariyam itu juga mencalonkan diri sebagai Bupati Cirebon pada tahun 2013 yang diusung partai Demokrat, namun gagal. Qomar berpasangan dengan Drs. H. Subhan dengan mengusung jargon Marhaban. []

Berita terkait
0
Liga Champions: Prediksi Laga Napoli vs Liverpool
Babak penyisihan grup E Liga Champions Eropa 2019-2020 mulai bergulir, al. Napoli akan menjamu juara bertahan Liverpool