Profil : Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra

Yingluck Shinawatra merupakan mantan Perdana Menteri Thailand yang ke-28 yang lahir pada 21 Juni 1967. berikut profil Yingluck.
Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. (Foto: Tagar/Sakchai Lalit)

Jakarta – Perempuan cantik bernama Yingluck Shinawatra merupakan mantan Perdana Menteri Thailand yang ke-28. Yingluck lahir pada 21 Juni 1967, ia merupakan seorang pebisnis dan anggota partai Pheu Thai.

Yingluck menempuh pendidikan sarjana di Universitas Chiang Mai Thailand dan ia meraih gelar Master dari Universitas Kentucky Amerika dengan jurusan Administrasi Publik. 

Usai menempuh pendidikannya, ia menjadi eksekutif di perusahaan yang didirikan kakaknyaThaksi Shinawatra dan akhirnya ia diangkat sebagai presiden pengembang properti di Shin Corporation, dan menjadi Direktur pengelola di Advance Info Service.

Sedangkan kakaknya Thaksin Shinawatra yang menjadi Perdana Menteri Thailand yang akhirnya digulingkan dalam sebuah kudeta militer pada tahun 2006. 

Pada Mei 2011 Partai Pheu Thai yang tetap menjalin hubungan dengan Thaksin Mencalonkan Yingluck sebagai kandidat Perdana Menteri dalam pemilu 2011. 

Partai tersebut menggencarkan kampanye dengan slogan Thaksin berpikir Pheu, Thai melakukannya. Dalam kampanyenya Yingluck menyerukan keinginannya melaksanakan rekonsiliasi nasional pemberantasan kemiskinan dan pengurangan pajak penghasilan perusahaan.

Meskipun pada akhirnya program-programnya dicemooh oleh partai Demokrat. Namun, Partai Pheu Thai berhasil menang telak dengan perolehan suara 47 persen, meraih 265 dari 500 kursi di parlemen Thailand. 

Karena memiliki latar belakang bisnis yang lebih luas dibandingkan politik, awalnya Yingluck sempat diragukan oleh banyak pihak. Walaupun dirinya merupakan politikus muda, ia mengakui sudah banyak mengetahui soal politik dari ayah dan kakaknya yang juga politisi.

Namun, ia hanya menjabat sebagai Perdana Menteri Thailand hanya sampai tahun 2014 saat terjadi krisis politik pada Mei 2011, dan dicopot jabatannya sebagai Perdana Menteri atas dakwaan penyalahgunaan kekuasaan. 

Diduga Yingluck memindahkan Kepala Dewan Keamanan Nasional Tawil Plan Sri ke Jabatan lain pada tahu 2011 agar kerabatnya bisa menduduki jabatan tersebut. 

Yingluck Shinawatra merupakan Perdana Menteri perempuan pertama yang memerintah Thailand dan juga merupakan salah satu Perdana Menteri termuda di Thailand selama 60 tahun terakhir. 

(Selfiana)

Berita terkait
Review Film Ghost Lab Olahraga Jantung Ala Thailand
Film Ghost Lab bisa menjadi pilihan apabila sedang mencari tontonan untuk olahraga jantung ala Thailand yang diperankan Tor Thanapob dan Ice Paris.
Vaksinasi Covid-19 Dengan Undian Hadiah Sapi di Thailand
Sebuah distrik di utara Thailand luncurkan undian berhadiah bagi warga yang telah divaksin Covid-19 dengan hadiah seekor sapi setiap minggu
Thailand Pakai Anjing Untuk Melacak Virus Covid-19
Tiga dari enam anjing labrador retriever terlatih telah memulai debutnya sebagai mesin pelacak virus corona Thailand
0
Profil : Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra
Yingluck Shinawatra merupakan mantan Perdana Menteri Thailand yang ke-28 yang lahir pada 21 Juni 1967. berikut profil Yingluck.