Profil Jonatan Christie, Penutup Kemenangan RI di Thomas Cup

Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo merupakan atlet bulu tangkis Indonesia dengan nomor tunggal putra.
Jonatan Christie (Foto: Tagar/Instagram @jonatanchristieofficial)

Jakarta - Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo merupakan atlet bulu tangkis Indonesia dengan nomor tunggal putra. Kiprahnya di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis tidak bisa dipandang sebelah mata, kariernya begitu melejit tinggi di kancah nasional dan internasional.

Memiliki postur tubuh yang ideal dengan wajah yang tampan tentunya mampu membuat beberapa kaum hawa terpikat. Pria berkelahiran 15 September 1997 ini merupakan putra dari pasangan Marianti Djaja dan Andreas Adi.

Kiprah di olahraga bulu tangkis tidak terlepas dari peran sang ayah yang sangat mendukungnya secara penuh. Sang ayah yang merupakan atlet bola dan basket, ingin Jojo menjadi seorang atlet bulu tangkis ternama Indonesia. Oleh sebab itu, Jojo sudah dikenalkan bulu tangkis sejak usianya menginjak 6 tahun.

Pada tahun 2008, tepatnya saat ia berumur 11 tahun, Jojo berhasil meraih gelar juara pertamanya di kejuaraan DKI Jakarta. Kariernya bergemilang ketika ia berhasil menyabet dua medali emas dan satu perak dalam ajang Olimpiade Pelajar SD se-Asia Tenggara. 

Atas prestasi yang ditorehkannya tersebut, Jojo mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden Republik Indonesia ke-5, yakni Susilo Bambang Yudhoyono

Jojo juga pernah menjuarai Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang pada tahun 2020. Dengan segudang prestasi di usia muda tidak membuat Jojo terlena. Tercatat pada tahun 2013, ia berhasil menorehkan kemenangan internasional pertamanya pada usia 15 tahun.

Kemenangan tersebut berhasil ia raih dengan mengalahkan seniornya Alamsyah Yunus dengan skor 21-17, 21-10 dalam Indonesia International Challenge. Lalu pada tahun selanjutnya, ia juga berhasil mencapai partai final dalam ajang yang sama. 

Namun perjuangannya harus terhenti lantaran dikalahkan dari pemain veteran Korea Selatan Lee Hyun-il dengan pertandingan 5 set.

Pada tahun 2015, Jojo masuk ke dalam skuad Indonesia dalam ajang Piala Sudirman yang berlangsung di Dongguan, Cina. Berlanjut di tahun 2016, ia kembali turun pada piala Thomas Cup 2016, namun perjuangannya harus tumbang oleh Denmark di partai puncak.

Sebelumnya pada tahun 2015, Jojo telah mengikuti berbagai kompetisi di level senior seperti Grand Prix, Grand Prix Gold, Super Series dan Super Series Premiere. Dia juga termasuk andalan Indonesia pada Sudirman Cup 2015, Sea Games 2015.

Namun di tahun selanjutnya, tepatnya 2016, ia berhasil mengejutkan dunia bulu tangkis dengan mengalahkan pemain terbaik sepanjang masa, Lin Dan. Torehan tersebut ia raih dalam ajang Indonesia Open Super Series Premiere 2016 dengan skor 21-12, 21-12.

Dengan sikap yang pantang menyerah, Jojo berhasil melebarkan sayap prestasi bulu tangkisnya dengan memenangkan kejuaraan Sea Games 2017 setelah mengalahkan Khosit Phetpradab dengan skor 21-19, 21-10.

Catatan tersebut kembali ia sempurnakan dengan menyabet medali emas dalam ajang Asian Games 2018 dengan sektor tunggal putra.

Jonatan Christie kembali mengejutkan jagat dunia pada turnamen Korea Open Super Series 2017. Jojo dan rekannya Anthony Sinisuka Ginting berhasil menciptakan All Indonesian Final meskipun pada akhirnya dia menyerah atas lawannya dengan pertarungan rubber set. 

Jonatan ChristieJonatan Christie (Foto: Tagar/Instagram @jonatanchristieofficial)

Selain itu, Jojo juga berhasil membawa pulang medali emas dengan meraih kemenangan dalam kejuaraan Australia Terbuka dan Selandia Baru Terbuka Super 300 pada tahun 2019.

Kini yang terbaru, ia berhasil menjuarai Thomas Cup 2020 dengan menaklukan lawannya Li Shi Feng asal Cina dengan torehan skor 21-14, 18-21, dan 21-14. Berkat kariernya yang gemilang dan apik, ia berhasil mencatatkan namanya dalam papan ranking BWF yang menempati urutan ke-7 dunia tunggal putra.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Jonatan Christie Setelah Kalah Badminton Asia 2019
Jonatan Christie, pemain bulu tangkis Indonesia tersingkir oleh lawannya pada kejuaraan Badminton Asia 2019.
Momen Gemilang Jonatan Christie
Ini momen-momen gemilang, tahun-tahun yang bermakna bagi pebulu tangkis Jonatan Christie akrab disapa Jojo.
Siapa Pacar Jonatan Christie?
Pebulutangkis Indonesia Jonatan Christie menjadi pujaan kaum hawa sejak aksinya memukau publik Asien Games 2018.
0
Profil Jonatan Christie, Penutup Kemenangan RI di Thomas Cup
Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo merupakan atlet bulu tangkis Indonesia dengan nomor tunggal putra.