UNTUK INDONESIA

Profil Bupati Boltim Sehan, Pengkritik Teten Masduki

Profil Sehan Salim yang merupakan Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.
Bupati Boltim Sehan Salim. (Tagar/Satubmr.com)

Jakarta - Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar, kini tengah menjadi sorotan publik, lantaran Sehan marah karena menyebut Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) menjadi ajang bisnis perusahaan finansial dengan membebankan bunga tinggi.

Sehan mengungkapkan, Banpres sebesar Rp 2,4 juta per orang ini menjadi ajang bisnis perusahaan finansial dengan membebankan bunga tinggi.

Modusnya yakni perusahaan finansial yang menurutnya bernama Esta Dana Ventura, merekomendasikan ratusan nama warga Bolaang Mongondow Timur, untuk bisa menerima BLT UMKM dari Presiden.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membantah Pernyataan Sehan, ia menilai hal itu sangat keliru karena tak sesuai dengan kenyataan. Kata Teten, Sehan Salim tak mengetahui prosedur penyaluran Banpres tersebut sehingga mengambil kesimpulan yang salah.

Lalu sebenarnya siapa sosok Sehan Salim ini?

Bernama lengkap Sehan Salim Landjar, S.H. lahir di Togid, 17 Desember 1963, ia adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur ke-2 dan ke-4. Ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Sulawesi Utara periode 2016 – 2021. Pada tahun 2004 hingga 2009, ia sempat menjadi anggota DPRD Kabupaten Gorontalo.

Sehan menikah dengan wanita asal Gorontalo, Nursiwin Dunggio yang menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara dari Partai Amanat Nasional. Keduanya dikarunia 4 anak. Putra pertamanya, Fuad Landjar adalah Ketua DPRD Bolaang Mongondow Timur.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Kumparan.com, Sehan Salim, tidak berhasil menyelesaikan pendidikan di bangku SMA pada 1979. Tercatat Sehan tiga kali ganti sekolah yakni di SMAN 2 Manado, SMAN 1 Manado lalu SMA PGRI.

Kemudian pada 2003, Sehan mengambil paket C. Setelah mengambil paket C, di tahun yang sama Sehan mengambil kuliah di UNG Gorontalo dan berhasil diwisuda pada 2014 silam. Bermodalkan ijazah SMA paket C dan lulusan UNG, Sehan mencalonkan dirinya sebagai Bupati.

Pada Pilkada periode 2010-2015, Sehan berhasil menang dan ia mencalonkan dirinya lagi periode berikutnya. Dalam periode pertama, Sehan berpasangan dengan Medy Lensun. Sedangkan periode 2016-2021, Sehan berpasangan dengan Rusdi Gumalangit.

Lalu dalam Pilkada Serentak 2020, Sehan Salim mencoba peruntungan di Pilgub Sulut. Ia maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulut mendampingi Christiany Eugenia Paruntu. Mereka diusung oleh PAN dan Golkar.

Namun peruntungannya di Pilgub Sulut tidak membuahkan hasil. Sebab mereka kalah dari pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw. Hasil rekapitulasi KPU, CEP-Sehan hanya meraih 34,2 persen sedangkan Olly-Steven meraih 56,8 persen.

Diketahui Sehan juga mendorong putrinya yakni Amalia Landjar maju di Pilbup Bolaang Mongondow Timur. Ia dipasangkan dengan Uyun Kunaefi Pangalima.

Namun peruntungan Amalia Landjar di Pilbup Bolaang Mongondow Timur tidak berhasil. Sebab mereka kalah dari pasangan Sam Sachrul Mamonto-Oskar Manoppo. []

Baca juga:

Berita terkait
Teten Masduki, Tak Bisa Jaga Niat Baik Presiden Malah Lolos dari Reshuffle
Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM yang tak bisa jaga niat baik bantuan Presiden Jokowi untuk pelaku usaha kecil, malah lolos dari reshuffle.
Teten Masduki Kinerja Buruk Tidak Direshuffle, Ini Alasannya
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki dinilai berkinerja buruk, walaupun demikian ia selamat dari reshuffle. Ini alasannya.
Menteri Teten Masduki Disebut Buka Peluang Korupsi
Politikus Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menyebut PermenkopUKM No. 6/2020 tentang Banpres Produktif Usaha Mikro berpotensi menimbulkan korupsi.
0
Profil Bupati Boltim Sehan, Pengkritik Teten Masduki
Profil Sehan Salim yang merupakan Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.