Profil Ari Kuncoro, Rektor UI yang Merangkap Komisaris BUMN

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia angkatan 1981 ini, ternyata Ari satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI), Ari Kuncoro. (Foto: Tagar/Dok BRI)

Jakarta - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mendadak menjadi perbincangan warganet di media sosial beberapa hari terakhir ini. Sindiran bernada satire pun merisak timeline di Twitter perihal dirinya yang kini merangkap jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Sebelumnya, dirinya pernah menjadi Komisaris Utama/Independen PT PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di tahun 2017 hingga 2020. Siapa sebenarnya Ari Kuncoro?

Ari Kuncoro resmi menjabat posisi rektor UI untuk periode 2019-2024 sejak 25 September 2019. Sejak t35 tahun yang lalu, Ari sudah bekerja sebagai asisten peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI. Kemudian pada 1994 Ari menjadi Research Associate LPEM FEB UI.

Pada bidang penelitian, rektor UI ini fokus pada studi ekonomi perkotaan, ekonomi pembangunan, ekonometrika, dan organisasi industri. Pria kelahiran 1962 ini menempuh gelar sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 di university of Minnesota dan S3 di Brown university.

Sebelum menjabat rektor, Ari Kuncoro merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Dia juga pernah menjadi Sekretaris Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi. Ari juga merupakan professor tamu di sejumlah kampus di Australia dan Amerika Serikat.

Di samping kegiatan akademik, Ari adalah member dari East Asian Economist Association. Ia menjabat pula di salah satu bank plat merah sebagai wakil komisaris utama/independen sejak 2020.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia angkatan 1981 ini, ternyata Ari satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dia juga dikenal sebagai suami dari Kepala Lembaga Penjamin Simpanan Lana Soelistyaningsih.

Sebagai informasi, Rektor UI Ari Kuncoro ini diberikan pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68/2013 menjadi PP Nomor 75/2021 tentang Statuta Universitas Indonesia (UI). []

Baca Juga: Jokowi Izinkan Rektor Merangkap Jadi Komisaris BUMN

Berita terkait
Asfinawati: Akan Dampingi BEM UI yang Dipanggil Rektorat
Pihak YLBHI berencana akan mendampingi BEM UI yang dipanggil rektorat terkait poster yang melabeli Presiden Jokowi the king of lip service.
Infografis: 8 Universitas Asal Indonesia Terbaik di Dunia
QS World University Rankings merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Ada delapan universitas asal Indonesia yang termasuk di dalamnya.
RS Universitas Indonesia Siap Layani Pasien TB
Untuk mendukung program nasional kesehatan dalam penanganan TB diharapkan semua rumah sakit di Indonesia punya Pokja khusus tangani pasien TB
0
Profil Ari Kuncoro, Rektor UI yang Merangkap Komisaris BUMN
Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia angkatan 1981 ini, ternyata Ari satu angkatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.