UNTUK INDONESIA
Profil Anji, Penyanyi yang Bikin Heboh Perkara Covid
Nama Anji heboh setelah mengunggah video wawancaranya dengan Hadi Pranoto yang disebut profesor dan pakar mikrobiologi.
Musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

Jakarta - Musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji menjadi perbincangan publik maya setelah mengunggah video wawancaranya dengan Hadi Pranoto yang disebut sebagai profesor dan pakar mikrobiologi.

Dalam video berdurasi sekitar 35 menit itu, Anji dan Hadi berbincang terkait penemuan obat herbal antibodi yang diklaim mampu menyembuhkan infeksi virus Corona atau Covid-19 hanya dalam waktu maksimal 3 hari. Hadi juga mengaku telah mendistribusikan obat herbal temuannya ke sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bali, Jawa, hingga Sumatera.

Wawancara tersebut sontak menuai beragam komentar netizen. Bahkan, nama Anji sempat masuk dalam jajaran trending di Twitter pada Minggu, 2 Agustus 2020. Akibat dari kontroversi itu, video tersebut di take down oleh pihak Youtube. 

Dari apa yang dia katakan, Antibodi Covid-19 ini sudah terbukti menyembuhkan banyak orang.

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali di cari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video yang diunggah pada Jumat, 31 Juli 2020.

"Dari apa yang dia katakan, Antibodi Covid-19 ini sudah terbukti menyembuhkan banyak orang. Menurut berita yang saya baca, Wisma Atlet pun mendapat pasokan obat ini dan pasien terbukti sembuh," lanjut Anji.

Bahkan Anji beserta Hadi Pranoto dilaporkan ke polisi oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid karena diduga melanggar Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang penyebar berita hoaks atau kabar bohong dan  Pasal 28 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Profil Erdian Aji Prihartanto

Anji lahir di Jakarta, 5 Oktober 1979. Ia merupakan penyanyi yang cukup dikenal masyarakat Indonesia. Ia sebelumnya sempat bergabung dan menjadi vokalis band Drive.

Anji pernah mebuat heboh ketika menjalin hubungan asmara dengan Sheila Marcia hingga menghasilkan buah hati yang kemudian diberi nama Leticia Charlotte Agraciana Joseph.

Namun, Anji justru menikah dengan Wina Natalia pada 12 Juli 2012. Dari perkawinannya ini mereka dikaruniai 2 orang anak, yaitu Saga Omar Nagata dan Sigra Umar Narada. Selain itu, Anji juga memiliki anak bawaan Wina bernama Salva dan Sultan.

Dalam menapaki kariernya, Anji juga sudah menekuni dunia musik sejak duduk di bangku kuliah di Universitas Indonesia. Mulanya ia menjadi bassist di band Yuck Fou. 

Bahkan, Anji sudah banyak bergabung dengan sejumlah group band untuk menjadi vokalis, seperti Sayap, Vintage, Rockomotiv. Anji juga pernah dipercaya sebagai personal manager band jebolan Dreamband 2 bernama Ares. 

Tak hanya itu, dalam perjalanan kariernya, Anji juga pernah mendirikan band beraliran pop funk bernama Menthol. Namun band tersebut tidak begitu mampu bersaing.

Perlu diketahui, ternyata Anji juga sempat mengikuti audisi pertama Indonesian Idol 2004. Kembali lagi, ia harus menerima kegagalan dalam usahanya tersebut.

Jalan keberuntungan menghampirinya pada 2005, ketika ia mendapat tawaran menjadi vokalis Drive menggantikan Avant. Drive yang mulanya masih menjadi band biasa-biasa saja dan sebelumnya bernama Flow pada akhirnya bisa naik secara perlahan.

Tak berselang lama, Anji bersama Drive menawarkan karya musiknya ke sejumlah label. Sembari menunggu, mereka mengisi waktu dengan manggung di setiap acara musik. 

Drive mencoba untuk mengikuti audisi Ke'ku:n Cafe Kemang dan berhasil menang dan menjadi pengisi acara rutin di kafe tersebut. Hal ini yang kemudian mencuri perhatian E-Motion Entertainment. Penyanyi Piyu Padi dipercaya memproduseri musik mereka.

Setahun bergabung dengan E-Motion Entertainment, Drive merilis album Esok Lebih Baik. Single yang diandalkan yaitu Tak Terbalas dan Bersama Bintang yang melejit di pasaran. Suara Anji yang khas menjadi daya tawar Drive.

Pada 2008, mereka kembali mengeluarkan album Kita untuk Selamanya dengan lagu andalan Melepasmu dan Wanita Terindah. Dua tahun kemudian, Anji dan kawan-kawan kembali meluncurkan album Bintang yang Bersinar (2010).

Anji memutuskan hengkang dari Drive dan bersolo karier pada 2010. Ia berkolaborasi dengan Titi Kamal dalam lagu Resah Tanpamu. Lagu tersebut kemudian masuk ke dalam album Titi Kamal bertajuk Lebih Baik Sendiri.

Pada 2011, Anji merilis album solo perdananya bertajuk Luar Biasa yang berisi 9 lagu. Lagu andalan yang dibawa adalah Ternyata Cinta (yang pernah dipopulerkan oleh Padi), (Hatiku) Berhenti di Kamu, dan Kekasih Terhebat.

Selang 2 tahun, Anji kembali menggebrak belantika musik Indonesia lewat lagu Dia yang dijadikan original soundtrack sinetron Dia di SCTV.

Bersama Drive

  1. Esok Lebih Baik (2007)
  2. Kita untuk Selamanya (2008)
  3. Ode (album kompilasi 2008)
  4. Bintang yang Bersinar (2010)
  5. Seakan di Surga (singel 2011)

Karier solo

  1. Luar Biasa (album 2011)
  2. Anji (album 2014)
  3. Dia (singel 2016). []

Baca juga: 

Berita terkait
IDI Desak Anji Tak Kejar Trafik YouTube Soal Covid-19
Waketum IDI Slamet Budiarto mendesak musisi Anji tidak mengejar jumlah trafik penontonketika membahas Covid-19 dalam konten videonya di YouTube.
Profil Nikita Willy, Pastikan Menikah Tahun ini
Nikita Willy dan Indra Priawan resmi akan menikah pada Oktober 2020 mendatang. Seperti apa sepak tejang Nikita di dunia hiburan?
Siapa Hadi Pranoto, Diwawancara Anji Ngaku Profesor
Hadi Pranoto kepada musisi Anji mengaku sebagai pakar mikrobiologi yang telah menemukan obat penyembuh Covid-19. Siapa sebenarnya dia?
0
Alasan Paus Fransiskus Dukung LGBT
Paus Fransiskus telah memberikan dukungan paling eksplisitnya kepada serikat sipil sesama jenis .