UNTUK INDONESIA
Produksi Toyota Tacoma Pindah ke Meksiko
Toyota Motor Corporation memindahkan produksi kendaraan niaga Tacoma Pick Up dari pabrik Texas, Amerika Serikat (AS) ke pabrik di Meksiko.
Toyota Tacoma. (Foto: Toyota)

Jakarta - Toyota Motor Corporation memindahkan produksi kendaraan niaga Tacoma Pick Up dari pabrik Texas, Amerika Serikat (AS) ke pabrik di Meksiko. Dengan demikian pabrik Texas tersebut akan berhenti memproduksi Tacoma pada akhir 2021.

Dilansir dari Reuters, Senin, 20 Januari 2020, pabrik di Meksiko sudah memproduksi Tacoma sejak 2004 dengan kapasitas 266.000 unit per tahun. Kemudian pada bulan lalu, pabrik Guanajuato juga turut merakit Toyota Tacoma. Tahun lalu, raksasa otomotif Jepang itu berhasil menjual 249.000 unit Tacoma di Amerika Serikat, atau naik sekitar 1,3 persen dari tahun sebelumnya.

Pabrik Texas akan dialihkan untuk memproduksi Toyota Sequoia, yang sebelumnya diproduksi di pabrik Indiana. Namun, pabrik di Indiana akan menghentikan produksi Sequoia pada 2022 karena akan difokuskan untuk memproduksi jenis minivan.

Adapun tujuan pemindahan produksi tersebut adalah untuk meningkatkan kecepatan operasional, daya saing dan transformasi di pabrik perakitan kendaraan Amerika Utara berdasarkan platform dan arsitektur umum.

Selain itu Toyota juga berkomitmen untuk menyelesaikan investasi senilai 1,3 miliar dolar AS untuk mengembangkan dan modernisasi pabrik di Indiana. Toyota juga memastikan tidak akan ada pengurangan tenaga kerja atas rencana pemindahan ini.

Tacoma Pick-up merupakan kendaraan yang dirancang khusus oleh AS untuk menggantikan Toyota Hilux generasi kelima. Tacoma dibuat dalam bentuk pick-up regular dengan single cab, X-tra cab dan pada 2001 ditambah dengan double cab atau crew cab.

Tacoma tersedia dalam tiga model mesin, yakni 2.4 liter 2RZ-FE, 2.7 liter 3RZ-FE, dan 3.4 liter 5VZ-FE dengan pilihan penggerak roda belakang dan 4 Wheels Drives (4WD). 

Selain itu, tersedia Tacoma Prerunner yang memiliki tampilan dengan suspensi tinggi seperti dengan penggerak 2WD. Varian lainnya lagi adalah Tacoma S-Runner, sebuah pick-up 2WD bergaya sporty yang mengadopsi mesin 3.4 liter.

Saat ini, Toyota Tacoma tersedia dalam enam pilihan model yakni SR, SR5, TRD Sport, TRD Off-Road, Limited dan TRD Pro. Dibanderol dari harga 26,050 sampai dengan 43,960 dolar AS. []

Berita terkait
All New Toyota Yaris Hybrid Mengaspal Februari 2020
Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan akan meluncurkan model baru Toyota Yaris, termasuk yang bermesin hybrid, pada 10 Februari 2020.
Tahun 2003-2019, Toyota Avanza Terjual 1,8 Juta Unit
Toyota Avanza hadir di Indonesia sejak 2003 atau tepatnya 16 tahun yang lalu.
Toyota Targetkan Penjualan Naik 4 Persen pada 2020
Toyota menargetkan market penjualan pada 2020 meningkat 4 persen dari tahun 2019.
0
Harun Masiku Hilang, KPK Perpanjang Penahanan Wahyu
KPK melakukan perpanjangan penahanan eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan satu tersangka suap PAW DPR lainnya.