UNTUK INDONESIA
All New Toyota Yaris Hybrid Mengaspal Februari 2020
Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan akan meluncurkan model baru Toyota Yaris, termasuk yang bermesin hybrid, pada 10 Februari 2020.
Toyota Yaris Model 2020. (Foto: Antara/HO/Toyota Global)

Jakarta - Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan akan meluncurkan model baru Toyota Yaris, termasuk yang bermesin hybrid, pada 10 Februari 2020 untuk pasar domestik Jepang.

Melalui keterangan tertulis, yang dikutip dari Antara, Kamis, 26 Desember 2019, Toyota menyatakan bahwa Yaris terbaru sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk mobil kompak sehingga mobil itu lebih ringan tapi tetap kokoh dan aman.

New Toyota Yaris akan dilengkapi varian bermesin hybrid yang dikawinkan dengan mesin tiga silinder 1.500cc. Yaris hybrid diklaim irit bahan bakar dengan hasil pengujian mencapai 36 kilometer/liter.

New Toyota YarisToyota Yaris Model 2020. (Foto: Antara/HO/Toyota Global)

Toyota Yaris terbaru juga menjadi mobil kompak Toyota pertama yang memakai sistem penggerak empat roda E-Four.

Adapun mobil bermesin bensin menggunakan mesin 1.500cc in-line dengan pilihan transmisi manual enam percepatan atau Direct Shift-CVT dengan pengaturan penggerak dua roda (2WD) atau penggerak empat roda (4WD).

New Toyota YarisToyota Yaris Model 2020. (Foto: Antara/HO/Toyota Global)

Demi menawarkan pilihan yang lebih beragam, Toyota juga menyiapkan Yaris dengan mesin mungil, 1.000cc, dengan transmisi CTV.

Di Jepang, Yaris akan dipasarkan dengan harga mulai Rp 178,5 juta hingga yang termahal mencapai Rp 319,2 juta. 

Toyota YarisBentuk belakang Toyota Yaris terbaru. (Foto: Top Gear Phillipines)

Eksterior

Yaris terbaru mengusung perawakan yang lebih sporty ketimbang generasi sebelumnya yang cenderung membulat seperti mobil perkotaan pada umumnya. Desain generasi terbaru hatchback terkecil Toyota ini memiliki lekukan yang lebih lancip dan menyiku.

Pada bagian depan, Toyota Yaris terbaru menggunakan tiga bilah lampu LED multi-reflektor yang terdiri dari lampu utama, lampu jauh dan DRL. Teknologi lampu tersebut mirip dengan di produk Toyota lain seperti All New Rush dan New Avanza yang dijual di Indonesia.

Pada bagian grille, Toyota Yaris terbaru menggunakan aksen kelir berwarna hitam doff tanpa lampu kabut di bagian bawah.

Pada bagian samping, terlihat jelas konsep mobil ini yang mengesankan konsep sporty seperti tidak adanya lapisan krom pada door handle, penggunaan warna hitam metalik pada bagian atas dan kaca spion. Pada bagian kaki-kaki, Yaris terbaru ini menggunakan velg berukuran 16 inci.

Sementara itu, pada bagian belakang mobil ini terlihat membulat dengan lampu rem yang sudah menggunakan teknologi LED.

Toyota YarisInterior Toyota Yaris terbaru. (Foto: Toyota Global)

Interior

Di sisi interior, Yaris terbaru menggunakan desain dashboard yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Terdapat banyak guratan yang menunjang akomodasi, seperti banyaknya tempat penyimpanan terbuka di sisi panel pintu, konsol tengah, dan dashboard.

Pada bagian entertainment, Yaris terbaru menggunakan headunit monitor dengan desain mengambang (floating). Ada sejumlah fitur yang disematkan dalam headunit ini, seperti sambungan Bluetooth, navigasi, radio, koneksi USB, dan mampu menggunakan aplikasi Apple Car Play dan Android Auto.

Selain itu, Yaris terbaru menggunakan warna hitam pada seluruh panel internal Yaris, seperti jok, plafon, dan pilar.

Toyota YarisToyota Yaris terbaru yang akan diperkenalkan dalam ajang Tokyo Motor Show. (Foto: Toyota Global)

Mesin dan Fitur Terbaru

Di Jepang, Toyota Yaris terbaru akan keluar dengan beberapa tipe mesin, yaitu 1000cc, 1500cc konvensional, dan 1500cc hybrid. Mesin-mesin tersebut dihubungkan dengan tiga jenis transmisi, yaitu CVT, 6 percepatan otomatis, dan CVT Hybrid.

Toyota menyematkan sejumlah fitur dalam Yaris generasi terbaru ini, yaitu,

-Toyota Safety Sense, yaitu sejumlah radar yang dapat membantu pengemudi terhindar dari kecelakaan, baik menabrak pejalan kaki, keluar jalur dengan sembarangan, dan teknologi rem otomatis.

- Penggunaan platform sasis baru yang disebut Toyota New Global Architecture (TNGA) yang lebih rigid dan asyik untuk dikendarai. Platform ini sudah digunakan di beberapa produk terbaru Toyota seperti CH-R, All New Camry, dan All New Corolla.

- Advance Parking Support System yang memudahkan pengendara untuk parkir. Sistem ini membuat mobil dapat parkir secara otomatis. []

Berita terkait
All New Toyota Yaris Meluncur Sajikan Banyak Fitur Baru
Yaris terbaru akan diperkenalkan kepada publik dalam ajang Tokyo Motor Show yang digelar pada 24 Oktober-4 November 2019.
Toyota Targetkan Penjualan Naik 4 Persen pada 2020
Toyota menargetkan market penjualan pada 2020 meningkat 4 persen dari tahun 2019.
Tahun 2003-2019, Toyota Avanza Terjual 1,8 Juta Unit
Toyota Avanza hadir di Indonesia sejak 2003 atau tepatnya 16 tahun yang lalu.
0
Verifikasi MBR, Alasan Risma Belum Salurkan Bansos
Saat ini sudah 65.925 KK yang sudah diverifikasi oleh Pemkot Surabaya untuk nantinya mendapatkan Bansos dari Kemensos.