Presiden Biden Sebut Amerika Siapkan Sanksi Untuk Belarus

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan pada Selasa, 25 Mei 2021, bahwa AS sedang menyiapkan sanksi terhadap Belarus
Presiden Joe Biden berbicara kepada para wartawan sebelum berangkat dari Gedung Putih, Washington, ke Delaware, 25 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Presiden Amerika Seritkat (AS), Joe Biden, mengatakan pada Selasa, 25 Mei 2021, bahwa AS sedang menyiapkan sanksi terhadap Belarus. Namun, Biden menolak memberi perincian.

Biden menyatakan itu kepada wartawan ketika meninggalkan Gedung Putih menuju Delaware, negara bagian asalnya, di tengah kemarahan internasional atas Belarus yang memaksa mendarat pesawat dan menangkap wartawan yang menumpang pesawat itu.

"Sedang disiapkan. Saya tidak ingin berspekulasi sampai kita menyelesaikannya," cetus Biden ketika ditanya sanksi apa yang sedang dipertimbangkan AS sebagai tanggapan.

belarus paksa ryanair mendaratPemerintah Belarus memaksa pesawat komersial Ryanair mendarat dengan mengerahkan jet tempur hanya untuk menangkap blogger oposisi negara itu (Foto: dw.com/id)

Maskapai mengalihkan penerbangan untuk menghindari wilayah udara Belarus pada Selasa, 25 Mei 2021, dan pesawat Belarus menghadapi kemungkinan larangan dari Eropa, sementara kemarahan internasional meningkat terhadap Minsk yang memaksa pesawat mendarat untuk menangkap seorang jurnalis pembangkang.

Negara-negara Barat menuduh Belarus membajak Ryanair dengan pesawat jet tempur yang sedang melintasi negara itu dalam penerbangan dari Yunani ke Lithuania. Para diplomat mengatakan Perancis, Irlandia, dan Estonia akan mengangkat insiden itu dalam pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB pada Rabu, 26 Mei 2021(ka/ft/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Uni Eropa Putuskan Hubungan Udara Dengan Belarus
Insiden Belarus paksa pesawat komersial Ryanair mendarat untuk tangkap blogger oposisi negara itu membuat UE putuskan hubungan udara dengan Belarus
Penangkapan Wartawan Oleh Belarus Merupakan Penculikan
Kantor komisaris tinggi PBB untuk HAM katakana penangkapan Belarus terhadap seorang jurnalis sama dengan penculikan oleh negara
Belarus Cegat Pesawat Komersial Untuk Tangkap Wartawan
Kemlu Jerman tuntut penjelasan Belarus atas tindakan penghadangan penerbangan sipil yang diduga untuk menahan jurnalis oposisi negara itu
0
Hari Lahir Pancasila, Kemendagri: Naikkan Bendera Merah Putih Satu Tiang
Kemendagri meminta seluruh masyarakat menaikkan Bendera Merah-Putih satu tiang dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni.